FIELD REPORT “Festival Anak Jenius” dari AJI (Anak Jenius Indonesia)

Ditulis oleh Virkill di sini

Wuiih… meskipun cuman dateng bentar, ane sempet Hunting Foto bareng beberapa Temen Cubers Jogja. Bertepatan Hari Kemerdekaan, AJI (Anak Jenius Indonesia) menyelenggarakan Festival Anak Jenius di Pelataran Saphir Square Mall Yogyakarta. (Salah langkah mereka… Lha wong dedengkot Cuber markasnya disitu semua  )

Jika ini dibiarkan, akan menjadi potret masa depan bangsa kita dimana pada saat Peringatan hari kemerdekaan, Kebodohan masih merajalela.

Sayangnya, ane dateng telat sehingga ga bisa melihat keseluruhan Acara. Kebetulan harus nyupirin nyokap pulang dari tugas kantor di luar kota. Sementara pas hari itu ada lomba rubik di Amplas sehingga Squad Cuber ga bisa maksimal. Tapi berdasarkan informasi dari rekan rekan yang sudah menyatroni tempat itu, ada demo Naik sepeda, main musik, dll. Untung ane masih kebagian acara ‘mewarnai dengan mata tertutup’.

AJI memberikan penutup mata ‘default’ yang dikenakan anak didiknya. Terbuat dari kain dengan sedikit lubang untuk pangkal hidung. Ini tentu saja seolah menambah rapat celah dibawah mata, tapi juga membuka celah kedepan sehingga memungkinkan anak membaca tegak lurus dengan mata (tidak perlu mendongak) tapi cukup menoleh 45 derajat ke kanan atau ke kiri untuk melihat kedepan. Ilustrasinya seperti ini:

Di acara ini, meskipun kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan anak anak itu, saya tidak mendapatkan rasa ‘miris’ yang dialami rekan rekan JRCC pada acara GMC di Margo City. Sepertinya mereka senang senang saja show off. Baik orang tua maupun anak. Saya mendatangi beberapa orang tua dan melakukan pembicaraan yang singkat namun cukup memberikan IDE apa yang sebenarnya terjadi.

VK: “Wah… ini putrinya ya pak?” Sambil menunjuk anak yangs edang mewarnai sambil menggunakan penutup mata.
OT: “Benar mas…!” Kedua orang tua ini menoleh dan menghadap saya. Antusias dan bangga.
VK: “Wah, mau saya kenalkan rekan saya pak? Dia mau bayar 13 juta kalau anaknya beneran bisa. Nanti di test.”

Saat ini mereka langsung salting dan mulai menghindar. Saya kejar terus dan meyakinkan bahwa saya tidak main main. Akhirnya mereka berkata.

OT: “Jangan mas, anaknya masih belajar kok…”

Ini memberi petunjuk bahwa sebenarnya orang tua itu tidak yakin anaknya jujur.

Saya berbicara dengan beberapa orang tua lainnya dan rata rata tanggapannya sama. Mereka menghindar.

Ada satu adegan yang membuat saya trenyuh. Dimana seolah Sang Ibu SANGAT percaya kemampuan anaknya sehingga menutup mata sang anak sampai hampir menutupi hingung. Sang anak panik tapi tak bisa protes. Tampak di gambar berikut:

Spoiler for Trenyuh

4 Tanggapan

  1. Ya ampun, merendahkan anak2 banget…anak jenius kaya gini ? yg bener aja deh.Anak jenius kl IQ nya superior…. jenius / gifted nggak ada yg buatan manusia.Berarti Einstein, Thomas Alfa Edison, Temple Grandin kaya mereka ? yg bener aja deh. Orangtua tolong deh, bangun… bukan jenius anak yg kita kejar. Yg harusnya diperhatikan itu stimulasi anak secara konsisten,kontinyu dan support system anak agar dia bisa tumbuh menjadi pribadi yg bahagia,bertanggungjawab,mencintai proses kehidupan,cinta pada Tuhan dan sesama. Bener2 pembodohan publik. Saya sendiri adalah individu OCD-ADD/ADHD dan ortu dari anak ADD/ADHD – PDD NOS – INDIGO.

  2. saya sempat terperangah dan terkagum-kagum sebenarnya dgn metode ini, bahkan saya sempat tny harga dan berencana untuk menabung supaya anak saya bisa ikut disini… tp pikir2 lg deh kayaknya,makasih buat infonya ya…seharusnya YLKI punya lebih banyak orang seperti anda sehingga konsumen Indonesia akan merasa lebih terlindungi…

  3. kapan bikin seminar lagi di curup ustadz gaul??? hub.aku di 081328315654

  4. Prnh sy mncb sndr & ingin mmbktkan bhw AOT adalah pembohongan publik dgn brjln mmkai penutup mata yg dbrikn oleh lembg AOT yg dpakai oleh anak sy, trnyt sy gagl, smntr anak sy dgn santainy brjln di jlnan mmkai blindfold. Sy mencb unt mentolerir brbgai krtik ttg AOT/blindfold. Hslnya sy tdk mnmkn “pembohongan publik” itu. Jd knp kita hrs mencr pembnrn smpai ke Rusia sgl mcm skdr unt mmbktikn ttg “kbohongn” blindfold. So, silakan coba deh AOT yg tdk mahal. Bnyk koq! Stlh itu br sampeyan bicara! Klo ada yg menyalahi hukum lapor aja ke SH-SH itu biar di P-21 olek Pak Polsek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: