Transkrip Pembicaraan Andre Chandra (cuber) dengan dr. meigiri (Franchiser GMC)

ini pembicaraan saya dengan dokter GMC lewat sms dan telepon

Okey,, langsung aja…

Setelah mendapat no HP Dr.GMC langsung saya sms Dia eh.. maksud saya Beliau [disini saya tidak melebih-lebihkan saya hanya menulis ulang apa yang kami bicarakan]

Me : Andre Chandra
Dr : Dr.Meigiri

Me : Malam dok.. hmmm.. klu boleh tau tujuan GMC itu apa sih..??? harap di balas
Dr : Sesuai Kepanjangannya Genius Mind Consultansy. Tujuannya menjadikan anak Indonesia lebih Cerdas dan menjadi lebih baik.

Me : nah.. rumor yang beredar sekarang ini bahwa GMC melakukan penipuan, bisa Blinread gtu deh.. apa bener??
Dr i Jakarta juga beredar bnyak rumor, tapi yang namanya rumor kan masih kemungkinan benar atau tidak benar. Untuk mengetahui kebenaran pun saya membaca banyak literature.
Stlh saya pelajari saya pun makin mantap dengan Metode GMC ini.

Me : Bukan itu aja dok, masalahnya ada ya namanya otak tengah..?? setau saya otak kiri, kanan, otak besar dan otak kecil,, lah trus maksudnya aktivasi otak tengah itu gmana??
Dr : Ada mas, otak tengah dalam bahasa anatomi kedokteran namanya “mesencephalon” [setau saya yang ada mah mesen nasi goreng, mesen jus jeruk, mesen mi pangsit hahaha kidding, mari kita lanjutkan]. klu memang otak tengah ndak ada. Saya dan dokter Sudarwin.SpB mungkin tidak menerima

Me : menerima apa dok..?? ok.. ntar saya cari info lagi tentang keberadaan otak tengah, temen saya juga dokter.. trus bisa anda jelaskan secara detail bagaimana anak GMC bisa mengenali benda, warna,dsb padahal matanya ditutup, trus klu bisa indra mana mana yang menerima.. masa iya hidung bisa mengenali warna..??
Dr : ya menerima GMC mas.. knp bisa menentukan warna dengan mata tertutup, krna warna tersebut di terima oleh brainwave yang di pancarkan sehingga otak dapat langsung menafsirkannya.. bila punya temen dokter bagus.. bisa sharing juga.

Me : brain wave yang dipancarkan?? Masa memancarkan aja dok gk ada golombang balik ke otak dok?? Gk masuk akal dok..!! oke lah.. anggap aja bener lalu seberapa panjang gelombangnya?? 1 meter,2,3 ???
Dr : Saya berusaha menjelaskan mas, tapi sepertinya mas tidak menerima penjelasan, dan punya pendapat sendiri, ya.. memang tiap orang punya persepsi yang beda2 tp perbedaannya kami disertai literature/sumber terpercaya. Tidak berdasarkan rumor/katanya/orang Dll

Me : oh bukan gtu dok.. makanya itu saya minta penjelasan yang detail supaya saya ngerti.. dan saya rasa Blindreading itu bualan saja dok. Saya pernah liat videonya, klu anda bisa membuktikan atau setidaknya contoh konkrit saya baru percaya..

5 menit nunggu n gk di bales trus aku gk sabar ..!!
Me : Dok..!! dah tidur ya??

Dr : Klu lewat sms susah membuktikanya. Kapan ada waktu mas ke jkrta bisa langsung liat. Atau mas punya anak bisa bisa dimasukkan agar bisa membuktikan. Ilmiahnya seperti yang saya jelaskan.
Semoga bermanfaat. [SWT, gw baru 20 thun blum ada anak.. sialan tuh dokter =.=”]

Me : HAHHAHHAHHAHAHHAA.. saya klu punya anak gk akan memasukkan ke GMC klu blum ada bukti. Pada kenyataannya anak GMC gagal total waktu BLINDREADING.. malang ada GMC gk?? Alamatnnya mana?? Tau tentang bronnikov?
Dr : klu kelas saya di jakrta mas, mas bisa ikut kls disana dan bila tidak berhasil saya yang bayari {free} [wah asik tuh suruh aja anaknya pura2 gk berhasil, biar di bayarin]. Mungkin itu bisa saya buktikan kpd mas. Saya pernah baca juga tentang bronikov, tapi saya tidak akan bahas. gk muat.

Me : saya tunggu ulasannya di FB aja.. Satu lagi dok.. pertanyaan saya blum dijawab? Jika bener ada brainwave seberapa panjang 1,2 atau 3 meter?? Trus knapa hanya umur max 12 thun aja yang boleh ikut? dan orang tua tidak boleh ikut menemani klas untuk melihat proses pelatihan otak tengah nya??
Dr : Bentar ada pasien..!!

Me : ok..

Setelah cukup lama smsan lalu saya menonton acara di TV dan kurang lebih 15 menit kemudian HP saya bunyi dan terjadilah percakapan 18 menit: 01 detik..

Kriiing..kriingg [HP saya bunyi incoming callnya memang gtu dan dari 18 menit nelpon saya hanya dikasih 5 menit untuk bicara dan saya hanya menulis point2 penting yang Beliau bicarakan dan sisanya beliau cerita tentang temennya Dr. sudarwin yang katanya ke jepang untuk meneliti mid brain lbh lanjut]
Me : Haloo.. knapa dok??
Dr : Sorry.. tadi lagi ada pasien.. sekarang saya udah di mobil mw pulang
Oh iya.. sampai mana tadi..?????? kmu dari mana??

Me : hhmmmm… [mikir..] dari malang dok,
Dr : maksud saya dari golongan apa??

Me : ooooooooh.. klu saya dari komunitas rubik’s cube dok..!!
Dr : rubik’s apa??

Me : rubik’s cube dok??
Dr : apa itu??

Me : [alamak pake gk ngerti pula dia] itu loh dok kubus kotak yang warna-warni??

Dr : ooohhh iya iya.. tau tau.. hmm jadi gini GMC itu tujuannya supaya kita bisa meningkatkan konsentrasi ,daya tangkap anak.. dan sebenernya bukan Blindreadnya yang ditonjolkan.. itu hanya bonus.

Me : tapi kok bnyak dok anak2 yang ngaku ikut GMC tapi pas beraktivitas dengan BLDread itu gagal total. Saya pernah liat videonya dari temen dok.. [sambil menceritakan video dari om ABEL BRATA [saya harap temen2 udah nonton]]
Dr : nah itu dia masalahnya bldreading itu bukan yang di tonjolkan. Itu hanya bonus aja..
Dan di Indonesia itu ada 12 duplikat GMC yang ASLI yang tersebar luas di kota2 besar dengan nama yang berbeda. nah kantor pusat kami ada di jakrta pusat

Me : hmmmm…
Dr : dan di Indonesia ada GMC yang tidak bersertifikat alias palsu dengan nama GENIUS MID CONSULTANCY.. bukan GENIUS MIND CONSULTANCY yang asli ada “N” nya

Me : hhmmmm…
Dr : kami juga berterima kasih sama temen2 rubik yang udah sms dan tanya2 ke saya tentang masalah ini.. bisa saya pelajari lagi. Saya senang apabila ada orang yang kritis seperti anda [gila tuh dokter bilang gw kritis]
Dan saya paling suka baca buku misalnya anda punya buku atau referensi bisa kasi tau ke saya sapa pengarangnya dan akan saya beli untuk di jadikan literature dan akan saya bahas bersama2 temen2 saya.. saya paling suka baca buku

Me : hhmmmm… [dalam hati gw klu gw suka main rubik dok] oh iya.. knapa hanya anak umur max 12 thun yang boleh ikut dok.. trus knapa Cuma 3 hari orang tua gk boleh
Dr : pelatihan kami memang Cuma 2 hari kok.. klu bulan puasa jamnya dikurangi dan jadi 3 hari… maslahnya anak 12 thun itu konsen ya lbh tinggi jika di bandingkan anak umur 14,15 [perasaan saya.. umur 12 atau 14 gk beda2 amat] untuk masuk ke kondisi alpha [ada 3 kondisi otak seingat saya, alpha [kondisi dmana kita relax, berdoa, membaca dsb], betha [kondisi dimana kita berpikir keras cth : menghitung rumus2 rumit, mengahapal, dsb], theta [kondisi dmana kita nyaris tertidur tapi masih bisa mendengar orang bicara sedikit], Delta [Tidur nyenyak tanpa mimpi] itu klu saya gk salah.. saya agak lupa dan maaf klu saya salah] trus pernah kejadian pada waktu ibunya masuk kedalem kelas itu anak gk mw lepas dari ibunya trus pernah terjadi juga bapak2 merekam pake handycam aktivitas di kelas. Maka dari itu kita buat keputusan agar ortu tidak boleh masuk ke kelas..

Me : hhmmmm… dok, bisa di jelaskan kok bisa anak GMC membedakan kartu, warna dengan mata tertutup?? Padahal mata sebagai fungsi merima cahaya itu di tutup lalu indra mana yang menerima bahwa kartu itu warna biru misalnya??
Dr : nah itu yang namanya brainwave trus selain itu ada yang namanya SKIN VISION..

Me : SKIN apa?? {waktu itu ada film bagus jadi gk terdengar jelas}
Dr : SKIN VISION..

Me : ohhhhh… ya ya.. memangnya itu gmana dok..?
Dr : ya jadi kita bisa membedakan warna dengan mata tertutup?
Jadi kita duduk di bangku misalnya.. trus kartu itu ditaruh di atas PAHA dan tangan Kita menerima sinyal bahwa kartu itu warna biru, klu kita orang biasa, kita tidak bisa membedakan kartu warna biru atau merah dsb pastinya orang biasa akan merasa semua kartu itu sama saja sama2 datar.. tapi anak GMC bisa karena lebih sensitif. dengan mata tertutup mereka bisa membedakan warna karena tiap warna punya karakter sendiri kyk gumpalan2 gtu.. {OMG,WTH,WTF,WTS berarti anak GMC sudah hapal tiap karakter jutaan Warna.. gila..!!}, contoh lagi misal dia megang kartu REMI dengan bunga keriting [ka nada keriting , hati, wajik ama sekop/ waru] nah pas kartu nya di raba dia tau bahwa ada 3 “gronjolan” [maksudnya ada tiga gumpalan yang mengisyaratkan itu keriting..]

Me : hah..!! di taruh di paha..???
Dr : iya.. seperti itu

Me : ooohh… gtu yah?? Oh iya dok.. brainwave itu panjangnya seberapa?? Kok gk di jawab2 dok..
Dr : bntar ya ada pasien…!!

Me : [Fail..Fail.. Fail katanya di mobil mw pulang??? Kok bisa ada pasien] ok..ok dok.. thanks yah??
Dr : ok..ok

Setelah tutup telepon saya langsung ambil pulpen ama kertas lalu mencatat point2 penting yang dia bilang.. lalu melanjutkan nonton..

*Besok nya saya kembali sms Beliau:

Me : siang dok.. pertanyaan saya kok gk di jawab??
seberapa panjang brainwave itu dok ? 1,2 atau 3 meter??
Dr : Bentar..

Me : ok..ok sibuk yah??
Dr : Meeting

*sorenya
Me : dok.. seberapa panjang brainwave itu dok? 1,2 atau 3 meter??
Dr : bentar..
Me : OK..

*malemnya
Me : malam dok.. seberapa panjang brainwave itu dok? 1,2 atau 3 meter?? Kok gk jawab dok??
Dr : Auto Reply
Mohon tinggalkan pesan sms

Sedang Online

Dr. meigiri
www.doktergmc.com

[GGGGGRRRRRR…..!!!!!!!] akhirnya saya tidur..
oh iya saya juga disuruh buka www.doktergmc.com dan www.otaktengah.com

Terimakasih buat temen2 yang udah membaca.. disini saya hanya menulis ulang apa yang kami bicarakan,saya tidak melebih-lebihkan kenyataan..
Dan tulisan ini adalah point penting yang saya tangkap selama pembicaraan ini berlangsung.. selebihnya beliau hanya menggembar-gemborkan study nya saja dan tentang rekan kerjanya dr.sudarwin.. saya memposting tulisan ini tidak ada maksud dan tujuan apa2 hanya ingin berbagi informasi saja.. Terimakasih dan salam

dikutip dari sini

13 Tanggapan

  1. Hahahahaha…
    Pak dokternya ngeles ya,ga bisa jawab pertanyaannya??
    Apalagi ini “katanya di mobil mw pulang??? Kok bisa ada pasien” kena panic attack dok?😀

    • saudara2,,,apa yg kita anggap salah hari ini boleh jadi akan benar lima menit lagi, pun sebaliknya…ilmu pengetahuan bersifat dinamis, kita akan dapat memahami gejala dan fenomena alam (termasuk anatomi, fisiologi otak dan segala hal terkait dgnnya) jika kita berkomunikasi dalam bahasa yang ilmiah dan scientific,,,jika tdk menggunakan bahasa yg ilmiah akan menjadi tdk nyambung,,,dalam hal ini saya tdk menyalahkan pihak manapun, namun saya sendiri telah melihat dan melakukan tes terhadap 2 orang anak yg telah diaktifasi otak tengahnya,,,dapat mengenal/melihat/membaca kartu dgn mata tertutup plaster + tissu + kain,,,nah bolehlah dikatakan metode GMC itu benar adanya, namun jika ada kritikan boleh saja, tapi sekali lagi tentu dgn bahasa yg lebih ilmiah,,,anda boleh buka buku bahwa mesenchepalon itu ada (kalau selama ini mungkin anda cuma kena mesen nasi goreng doang) sekarang anda bisa tambah lagi wawsan anda

  2. Waw saya suka sekali ada tulisan tulisan yang mencoba mengupas lebih dalam tentang GMC tersebut. Kebetulan saya pernah ditawari dengan biaya 3.5 juta, saya berpikir apanya sih yang bikin mahal?? Justru saya inget pak Leo dalam acara supranatural di teve yang bisa membuat seseorang melihat roh /mahluk gaib. lalu dengan sekejap bisa membuatnya tidakbisa melihat lagi ( bisa mode on dan off🙂 ) Saya juga nggak jelas apakah metode ini menggunakan kemampuan kemampun irrasional atau tidak. Saya tunggu tulisan tulisan selanjutnya. tetaplah kritis…

  3. aku ga bisa naik sepeda sekalipun mata terbuka..
    tapi aku bisa bikin robot..
    kl ga percaya, aku ada video di fesbukku..
    jadi aku idiot dong…??????????
    aduuuuuuuuhhhhhhhhh malangnya nasibku….

    http://facebook.com/muchamad.malik

  4. kalo boleh saya simpulkan dari posted ini;

    yang satu ( Dr ) ; sangat bijaksana, serius, ilmiah dan bisa di fahami

    yang satu ( me ) ; tidak serius, ngawur dan ngaco

    masih mending Tukul Arwana yang selalu positif menerima hal-hal yang baru….

    • kalau dari sudut pandang saya :

      yang satu (me) : hanya orang awam yang minta penjelasan ilmiah (orang awam, wajar kalo nanya ngaco kan?)

      yang satu (Dr) : suka ngeles dan mencoba ilmiah (padahal tidak)

      masih mending guru biologi SMA yang benar2 mengakui ‘tidak tahu’ dan mencarinya kemudian kalau ada muridnya yang menanyakan hal yang tidak dia mengerti…

  5. ha ha ha ha……………… lucu….. pasiennya sopirnya ya….
    Kapitalis kah…..
    Klo memang untuk kemajuan anak Indonesia……… kenapa ngak diaktivasi semua anak2 Indonesia…….???????

  6. dua dunia yang harus bertemu..

  7. duh… dokter yang bijaksana dan serius serta ilmiah lupa kali ya kalo sangat berbahaya bagi kesehatan kalau menerima pasien ketika menyetir mobil…

    • Wah, yg saya tau, ada larangan tentang mengemudi sambil menggunakan HP. Yg saya denger, di Jakarta aja ada yg ditilang kena denda 700.000 gara-gara nyetir sambil SMS. Nah, kok ini parah banget, nelpon pas nyetir sampe 18 menit, plus meriksa pasien sambil nyetir. Whaduh, kalo kecelakaan bisa kena denda berapa ya??? Mungkin ndak cuma 700.000 kali ya? Mungkin 700.000.000 kali…

  8. hahaha.. ternyata ada dktr yg terima..
    nah.. krn saya org awam masalah Otak wajarlah saya tnya..
    hhmm.
    mending lthan rubik

  9. Mengaktivasi Otak Tengah? Pikirkan dulu Bahayanya!
    * Sampai hari ini belum ada satupun publikasi ilmiah yang menyatakan
    bahwa otak tengah dapat diaktifkan untuk meningkatkan kecerdasan
    manusia, apalagi meng-upgrade nya menjadi jenius.

    * Induksi lateralisasi aktifitas otak tengah menurut sebuah tulisan
    ilmiah tahun 2005 malahan dapat mengakibatkan mental stress (tekanan
    mental) dan berbagai stres lain yang akan memicu gangguan irama
    jantung dan kematian mendadak (sudden death).

    Tulisan : Lely Setyawati Kurniawan*
    * Psikiater, Staf Dosen di Bagian Psikiatri FK. Udayana/RSUP Sanglah
    Denpasar, konsultan Forensik Psikiatri.

    Pendahuluan

    Perdebatan mengenai otak tengah; perlu tidaknya otak tengah
    tersebut diaktifkan; terus terjadi. Masyarakat makin memahami
    pentingnya menyeimbangkan kedua belahan otak kanan dan kiri, karena
    masing-masing belahan tersebut memiliki beragam fungsi yang saling
    mengisi dalam perjalanan panjang kehidupan seorang manusia.
    Ironisnya seolah belum puas dengan kekayaan kedua belahan otak kita,
    sekelompok ilmuwan mulai mengotak-atik dan mencari bagian lain, yang
    dinamakan otak tengah. Mereka mencari tahu apakah dengan mengaktivasi
    otak tengah kecerdasan seseorang akan makin bertambah, atau mengubah
    mereka menjadi jenius, serta memiliki berbagai kecerdasan lain yang
    supra-natural?
    Di kalangan medis otak tengah ini dikenal sebagai bagian dari
    otak manusia yang memiliki fungsi sangat vital, misalnya sebagai pusat
    pengendali jantung, pembuluh darah, pernafasan, * refleks-refleks, dan
    masih banyak lagi. Berbagai tulisan ilmiah mengenai otak tengah ini
    bisa kita baca dalam berbagai tulisan sepuluh tahun terakhir.
    Sayangnya sampai hari ini belum ada satupun publikasi ilmiah yang
    berani menyatakan bahwa aktivasi otak tengah berhubungan dengan
    kecerdasan seseorang, apalagi membuat IQ seseorang meloncat jauh
    melebihi IQ manusia pada umumnya, atau dikenal dengan istilah jenius.
    Dahulu orang berpikir bahwa kecerdasan identik dengan IQ,
    meskipun mereka mengetahui dalam test IQ yang diukur hanyalah
    kecerdasan seseorang di bidang matematika, linguistik dan sedikit
    visuo-spatial.
    Saat ini wawasan kita mulai terbuka, melalui hasil penelitian Prof
    Gardner di tahun 1980an diketahui bahwa ada delapan jenis kecerdasan
    yang berbeda yang bisa dimiliki oleh masing-masing kita dalam porsi
    yang berbeda. Masing-masing kecerdasan tersebut menempati area yang
    berbeda di sisi kiri dan kanan otak kita. Kecerdasan yang bervariasi
    ini disebut Kecerdasan Multipel (Multiple Intelligence).
    Sehubungan dengan otak tengah tadi, muncul pertanyaan, adakah
    hubungan antara kecerdasan ini dengan fungsi otak tengah / mid brain
    seseorang? Benarkah aktivasi otak tengah membuat seseorang makin
    cerdas dan jenius, karena memiliki kemampuan supra-natural?

    Anatomi dan Fungsi Otak

    Pada saat lahir seorang anak memiliki 100 miliar sel otak yang
    disebut sel neuron – jumlah ini sama dengan banyaknya bintang di
    galaksi Bima Sakti – serta 1 Triliun sel glia, yang berfungsi sebagai
    sel pelindung bagi sel-sel otak tadi. Pembentukan sel-sel otak ini
    dimulai sejak minggu ketiga sel sperma membuahi sel telur, dengan
    kecepatan tumbuh 250 ribu sel/menit. Pada minggu kesepuluh sel-sel
    otak menjadi makin sibuk mempersiapkan diri agar bisa mulai menerima
    stimulus / rangsangan dari luar.
    Saat usia 3 tahun telah terbentuk 1000 triliun jaringan koneksi /
    sinapsis, jumlah ini ternyata 2 kali jumlah jaringan orang dewasa.
    Satu sel otak mampu menjalin 15 ribu koneksi dengan sel lain, jaringan
    yang sering digunakan akan semakin kuat dan permanen, tetapi yang
    jarang digunakan akan mati.
    Otak manusia dibagi menjadi enam divisi utama, yaitu Serebrum,
    Diensefalon (kedua bagian ini sering disebut sebagai Forebrain /
    Pro-ensefalon), Serebelum, Midbrain (Mesencephalon), Pons dan Medula
    Oblongata. Tiga bagian terakhir ini disebut brain stem atau batang
    otak.
    Midbrain (Mesensefalon) terdiri dari superior colliculi dan inferior
    colliculi. Superior colliculi merupakan pusat refleks gerakan kepala
    dan bola mata ketika berespon terhadap rangsang visual, sedangkan
    inferior colliculi merupakan pusat refleks gerakan kepala dan tubuh
    ketika berespon terhadap rangsang suara.

    Menjadi Jenius?
    Nah dikaitkan dengan janji, cukup dengan mengaktifkan otak tengah
    (mesensefalon) mampu membuat seorang manusia menjadi jenius; Apakah
    definisi jenius? Range IQ normal adalah 90 – 110. Dengan IQ normal
    seorang anak bisa tamat SMA, sebagian bahkan tamat S1. Di atas angka
    tersebut seseorang disebut Superior, di atasnya lagi adalah Very
    Superior, dan jika IQ nya lebih dari 180 orang akan disebut jenius.
    Seringkali peringkat IQ bisa membuat anak stres, padahal IQ tak bisa
    mengukur kecerdasan emosional (EQ) seseorang.
    Anak-anak yang sulit konsentrasi seringkali membuat kewalahan
    para orang-tua dan guru. Orang-tua dan guru menduga anak tersebut
    bodoh karena nilai akademik di sekolah sangat kurang, padahal bisa
    saja mereka ini sebenarnya memiliki kecerdasan yang baik, tetapi
    rentang waktu perhatian mereka sangat pendek.
    Rentang waktu perhatian ideal anak usia 5 tahun hanya berkisar 5
    menit saja, sedangkan anak-anak usia 15 tahun berkisar 15 menit. Untuk
    membuat mereka bertahan lebih lama, para pendidik diharapkan mampu
    menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Hal ini
    haruslah dilakukan secara berkala saat konsentrasi dan perhatian
    anak-anak mulai menurun.
    Dalam keadaan tertentu seperti takut, sedih akibat depresi dan
    berbagai stres / tekanan mental lainnya seseorang menjadi kehilangan
    daya konsentrasi, Orang-tua biasanya membawa anak-anak tersebut untuk
    berkonsultasi dengan psikiater ataupun psikolog dengan keluhan
    kesulitan belajar dan menurunnya prestasi akademik.
    Sebenarnya peranan orang-tua sangat besar untuk proses belajar
    seorang anak, apa yang orang-tua pikirkan, katakan dan lakukan akan
    terus melekat dalam benak anak-anak, mempengaruhi suasana dan
    kenyamanan belajar mereka dan mempengaruhi jalan hidup serta masa
    depan mereka. Anak-anak bisa mengalami kebahagiaan, atau sebaliknya
    depresi – sama seperti orang dewasa yang lain – karena perkataan dan
    tindakan orang-tua mereka.

    Mengaktivasi Otak
    Ada cukup banyak cara yang biasa dipakai untuk mengaktivasi otak,
    misalnya dengan alunan musik klasik (yang paling poluler karya-karya
    Mozart), lagu-lagu / instrumentalia tertentu, gerakan-gerakan tubuh,
    menciptakan suasana tertentu, bermain dengan angka-angka, menambahkan
    berbagai bahan chemical, dan masih banyak cara lainnya. Banyak
    institusi menawarkan berbagai pelatihan yang menjanjikan untuk
    meningkatkan IQ tersebut, dengan memasukkan berbagai metode yang
    diyakini dapat menghilangkan tekanan mental para peserta selanjutnya
    mempermudah pengaktifan bagian-bagian tertentu otaknya.
    Beberapa ilmuwan mencoba mempelajari tentang otak tengah / mid
    brain. Harapan mereka sesudah penemuan yang mencengangkan tentang kiri
    dan kanan, sekaranglah saatnya mengungkap fenomena tentang otak
    tengah. Metode yang digunakan bukan sekedar cara-cara klasik seperti
    yang kita kenal di atas, karena program neuro-linguistik (NLP) mereka
    sisipkan demi sebuah proses aktivasi yang nantinya mengarah pada suatu
    keadaan extra sensory perception (ESP).
    Suasana dibuat sedemikian rupa agar semua peserta yang ada di ruangan
    tersebut memasuki Alpha State, suatu fase dimana gelombang lambat di
    otak manusia, yang membuat seseorang mudah dipengaruhi dan diisi oleh
    berbagai hal oleh para instruktur. Metode yang cukup popular dikenal
    saat ini adalah BFR (blindfold reading).
    Sebagai informasi, di Rusia diperlukan waktu satu tahun bagi seorang
    siswa untuk mampu melakukan aksi blindfold. Di Jepang, sedikitnya
    perlu waktu tiga bulan untuk melakukannya. Ajaibnya di Indonesia
    suatu perusahaan pelatihan menyatakan hanya perlu waktu 12 jam untuk
    membuat anak-anak jenius!
    Aktivasi dianggap berhasil apabila mereka berhasil mengenali
    berbagai macam benda dan halangan di sekitarnya dalam keadaan mata
    ditutup. Dengan demikian anak-anak tersebut akan mampu membaca,
    menggambar, menghitung, berlari dan menghindari semua rintangan tanpa
    menggunakan indera penglihatan mereka yaitu mata.
    Bahkan mereka berani menjanjikan, anak-anak akan memiliki kemampuan
    tembus pandang, menyusun kartu remi secara urut tanpa melihat, dapat
    membaca suatu dokumen rahasia di balik tembok, menghitung uang yang
    ada dalam dompet di saku baju seseorang, merangkum seluruh isi
    textbook dalam waktu singkat, memprediksi hal-hal buruk yang bakal
    terjadi esok, bahkan membaca pikiran orang-orang yang ada di
    sekelilingnya agar tak mudah tertipu.
    Hal itu bagi mereka dianggap sebagai talenta manusia baru di jaman
    modern ini, karena memiliki kecerdasan tersendiri (jenius) dengan
    kemampuan extra sensory perception (ESP), sehingga nantinya kita tak
    lagi tertarik menonton acara pertandingan sulap The Master.
    Pandangan di atas tentu tidak begitu saja dapat dibenarkan,
    karena secara medis kita bisa mengenali fungsi fisiologi seluruh organ
    dalam tubuh kita. Mengaktifkan dan menciptakan seseorang untuk
    memperoleh pengalaman extra sensory perception sudah jauh melenceng
    dari ranah medis fisiologis.
    Bahkan hal ini erat kaitannya dengan terjadinya berbagai gangguan
    mental pada manusia, yang salah satu gejalanya adalah mampu
    mendengar, melihat, merasakan dan membaca hal-hal yang tidak bisa
    didengar, dilihat, dirasakan dan dibaca oleh orang-orang sehat
    lainnya. Sebagai contoh pada kasus-kasus Skizofrenia pasien merasa
    yakin dengan kemampuannya membaca isi hati dan pikiran orang-orang
    lain di sekelilingnya, serta meyakini berbagai penglihatan dan
    pendengaran gaib yang bisa membuat orang lain berdiri bulu kuduknya.
    Sampai hari ini belum ada satupun publikasi yang menyatakan
    bahwa otak tengah dapat diaktifkan untuk meningkatkan kecerdasan
    manusia, apalagi meng-upgrade nya menjadi jenius. Musa A. Haxiu &
    Bryan K. Yamamoto (2002) membuat suatu penelitian midbrain pada 24
    ekor musang jantan. Hasilnya aktivasi midbrain di daerah
    periaquaductal gray (PAG) ternyata justru mengakibatkan otot-otot
    polos pernafasan menjadi relaksasi, sehingga mengganggu pernafasan
    hewan-hewan tersebut.
    Ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh suatu lembaga yang
    memiliki ide penelitian sebelum dilemparkan dan dimanfaatkan untuk
    kepentingan publik. Minimal telah melalui 10 tahun percobaan di
    laboratorium (in vivo), setelah lulus uji klinis, barulah diujikan
    pada hewan-hewan percobaan dengan evaluasi sekitar 10 tahun. Pada
    tahap ketiga barulah diujikan pada para relawan (biasanya mereka
    dibayar) dan kembali dilakukan evaluasi. Dengan demikian dibutuhkan
    waktu sekitar 30 tahun untuk membawa suatu metode baru yang aman dalam
    masyarakat.
    Menurut Peter D. Larsen, Sheng Zhong, dkk. (2001) ada beberapa
    hal yang berubah karena aktivasi midbrain, misalnya tekanan arteri
    utama (mean arterial pressure), aliran darah di ginjal (renal blood
    flow), aliran darah di daerah paha (femoral blood flow), persarafan
    daerah bawah jantung (Inferior cardiac), per-syaraf-an simpatis dan
    denyut jantung akan makin meningkat, sebaliknya tekanan darah justru
    turun, aktivitas persarafan di daerah tulang belakang juga turun.
    Peningkatan tekanan arteri, aliran darah ginjal dan paha tersebut bisa
    mencapai 328%.

    Peranan orang-tua
    Seringkali orang-tua terlalu sibuk sehingga tidak punya cukup
    waktu untuk memperhatikan buah hati mereka. Waktu 24 jam sehari terasa
    kurang, karena saat anak-anak berangkat sekolah pagi-pagi orang-tua
    tak bisa bangun dan mengantar mereka, mereka baru pulang kembali ke
    rumahnya pada malam hari sesudah anak-anak tertidur. Sebagai
    pembenaran diri sendiri para orang-tua sering berkilah, bahwa kualitas
    pertemuan mereka dengan anak-anak jauh lebih penting daripada
    kuantitas waktu. Benarkah?
    Sebuah intitusi bahkan berani menjanjikan bahwa dengan
    menyisihkan waktu 15-30 menit saja selama 20-30 hari untuk membantu
    anak-anak berlatih sama artinya dengan mendampingi mereka seumur hidup
    hingga usia 18 tahun. Semudah itukah hubungan orang-tua dengan anak
    terjalin? Cukupkah waktu yang hanya 15-30 menit tadi untuk berdiskusi,
    saling curhat, atau sekedar bermain bersama dan bercanda?
    Hubungan orang-tua dan anak tidak bisa dibatasi seperti halnya
    sebuah mata pelajaran di sekolah. Memang ikatan emosional diantara
    mereka akan sangat menentukan kualitas hubungan yang terjalin.
    Idealnya orang-tua memiliki waktu yang tak terbatas untuk
    anak-anaknya, demi sebuah proses kematangan dan kemandirian. Bahkan
    saat anak-anak beranjak dewasa dan menikah seringkali mereka masih
    ingin duduk bermanja-manja dengan orang-tuanya. Saat mereka menghadapi
    berbagai permasalahan hidup salah satu tempat yang nyaman untuk
    berbagi adalah orang-tua mereka.

    Target dan evaluasi pembuktian kejeniusan sesudah aktivasi otak tengah

    Sesudah melalui program latihan ini anak-anak akan mempunyi
    kemampuan untuk melihat dengan sentuhan (skin vision). Sebagian anak
    lainnya yang telah teraktifasi otak tengahnya mampu melihat kartu
    secara detail dengan penciuman atau pendengarannya. Sebagian lainnya
    mengatakan mereka mampu melihat, menulis, membaca, dan mewarnai di
    dalam kegelapan total. Selain itu mereka juga akan memiliki Loving
    Inteligence. Mereka adalah individu yang seimbang dan mengasihi orang
    lain seperti sang pencipta.
    Bagaimana dengan harapan orang-tua yang telah mengirim dan
    membayar biaya yang cukup tinggi demi mengikutkan anak-anak mereka
    dalam pelatihan ini? Setelah sekian bulan tentu saja para orang-tua
    berharap anak-anak mereka akan memiliki prestasi akademik yang lebih
    baik. Secara teoritis, nilai sekolah seharusnya meningkat, karena
    selepas aktifasi otak tengah tersebut, memori dan konsentrasi akan
    meningkat dan cukup banyak potensi penting dalam diri anak yang akan
    dibangkitkan. Namun kenyataannya tidaklah sesederhana itu karena
    peningkatan kemampuan akademis ternyata tidak sesederhana yang
    dibayangkan.
    Penelitian Bjorn H. Schott, Constanze I Seidenbecher dkk. (2006)
    menyatakan bahwa pada manusia, memory seseorang dipengaruhi oleh
    banyak faktor, jadi tidak sama dengan binatang. Telah dilakukan
    pembuktian secara anatomi dan behavior dengan mempergunakan alat MRI,
    diperoleh hasil yang tidak signifikan. Yang membedakan memori adalah
    faktor genetik (kromosome 17q11 dan 7q36), hal ini dikenal sebagai
    polymorphisme dopamine pada kromosom.
    Hal ini yang tentunya menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi
    masyarakat, karena sebelumnya orang-tua begitu antusias mengharapkan
    anaknya akan berubah menjadi anak-anak yang jenius dan memiliki banyak
    kemampuan lebih sesudah mengikuti program pelatihan otak tengah ini,
    lagipula orang-tua telah mengeluarkan sejumlah besar biaya.
    Menurut Bjorn H. Schott, Daniela B. Sellner dkk. (2004) terdapat
    hubungan erat antara formasi memori di hipokampus dan neuro-modulasi
    dopaminergik, terutama di Ventral Tegmental Area (VTA) dan medial
    Substansia Nigra midbrain. Teknik yang dipakai untuk mengaktivasi otak
    disesuaikan dengan lokasi, memakai kata-kata yang menyenangkan,
    hitungan-hitungan silabus, dan sebagainya. Namun aktivasi tersebut
    tidak relevan dengan tugas-tugas yang harus dipelajari.
    Tulisan Hugo D. Critchley, Peter Taggart dkk. (2005) membuat kita
    terperangah, karena ternyata induksi lateralisasi aktifitas midbrain
    dapat mengakibatkan mental stres, serta berbagai stres lain yang akan
    memicu gangguan irama jantung dan kematian mendadak (sudden death).
    Penyebabnya adalah karena tidak seimbangnya dorongan simpatetik
    persyarafan jantung.

    Perlukah aktivasi otak tengah?

    Orangtua perlu menghargai setiap talenta yang dimiliki
    anak-anaknya, karena pada dasarnya semua anak adalah cerdas.
    Kecerdasan ini tidak bisa disamakan dengan IQ, karena saat ini kita
    telah mengenal delapan macam kecerdasan, yang dikenal sebagai multiple
    intelligence yang ada dalam diri manusia. Mereka yang tidak bisa
    matematika dan IQ nya rendah bukan berarti tidak cerdas, karena
    mungkin saja mereka memiliki kecerdasan inter personal yang baik.
    Suatu tantangan bagi para orangtua dan kita semua yang memiliki
    anak, mampukah kita menghasilkan anak-anak yang bukan sekedar CERDAS,
    tetapi juga BAIK dan BERMORAL? Cerdas bahkan genius saja belumlah
    cukup. Karena dengan kecerdasan saja tidak menjamin mereka membuat
    dunia ini menjadi lebih baik. Banyak orang-orang cerdas justru
    mencelakai orang lain, memanipulasi suatu keadaan demi keuntungan
    dirinya sendiri.
    Mengapa dalam waktu 12 jam pelatihan atau satu setengah hari
    saja anak-anak tersebut bisa berubah? Salah satunya adalah kenyataan
    bahwa anak-anak dengan perilaku bermasalah sebenarnya membutuhkan
    perhatian dari orangtua mereka. Dalam program pelatihan midbrain
    tersebut semua orangtua diharapkan memperhatikan anaknya, mau melatih
    kembali anak-anak tersebut di rumah, termasuk setelah latihan selesai.
    Yang terjadi di sini sebenarnya adalah anak-anak tersebut dilatih
    untuk peka terhadap berbagai bahaya dan rintangan yang ada di depan,
    serta ‘dipaksa untuk bersikap dan berperilaku lebih baik’ karena
    mereka telah diberikan teladan yang baik oleh orangtua dan orang-orang
    dewasa di sekelilingnya.

    Penutup

    Yang terjadi pada anak-anak tersebut sebenarnya bukan JENIUS
    (memiliki IQ yang sangat tinggi atau di atas 140), melainkan latihan
    untuk suatu kewaspadaan (AWARENESS) terhadap apapun yang ada di
    sekeliling mereka.
    Kondisi semacam ini perlu kita cermati lebih baik, mengingat kondisi
    awareness yang berlebihan akan membuat seseorang mengalami berbagai
    gangguan jiwa, dari gejala yang ringan berupa Gangguan Cemas
    Menyeluruh, sampai tipe berat berupa Gangguan Paranoid.
    Itulah sebabnya orangtua diminta waspada dan berhati-hati sebelum
    mengirim anak-anak mereka ke suatu institusi yang menawarkan sanggup
    mengubah anak-anak menjadi jenius dalam waktu singkat.
    Orangtua perlu menghargai setiap talenta yang dimiliki
    anak-anaknya, karena pada dasarnya semua anak adalah cerdas. Suatu
    tantangan bagi para orangtua dan kita semua yang memiliki anak,
    mampukah kita menghasilkan anak-anak yang bukan sekedar CERDAS, tetapi
    juga BAIK dan BERMORAL? Cerdas bahkan genius saja belumlah cukup.
    Karena dengan kecerdasan saja tidak menjamin mereka membuat dunia ini
    menjadi lebih baik. Banyak orang-orang cerdas justru mencelakai orang
    lain, memanipulasi suatu keadaan demi keuntungan dirinya sendiri.

    Daftar Pustaka
    1. Adi W. Gunawan, Apakah IQ Anak bisa ditingkatkan, Gramedia Pustaka
    Utama, Jakarta, 2005.
    2. Musa A. Haxiu & Bryan K. Yamamoto, Activation of the midbrain
    periaqueductal gray induced airway smooth muscle relaxation, J. Appl.
    Physiol 93:440-449, 2002.
    3. Scott R. Wersinger & Michael J. Braun, Sexually dimorphic
    activation of midbrain tyrosine hydroxylase neurons after
    mating/exposure to chemosensory cues in the ferret, Biology of
    Reproduction 56, 1407-1414, 1997.
    4. Bjorn H. Scott, Constanze I Seidenbecher, et al: The dopaminergic
    midbrain participation in human episodic memory formation: Evidence
    from genetic imaging, The Journal of Neuroscience, February 1, 2006
    – 26(5): 1407-1417.
    5. Bjorn H. Schott, Daniela B. Sellner, et al, Activation of midbrain
    structures by associative novelty and the formation of explicit memory
    in humans, Learn. Mem. 2004 – 11: 383-387.
    6. Hugo D. Critchley, Peter Taggart, et al, Mental stress and sudden
    death: asymetric midbrain activity as a linking mechanism, J. Brain
    2005, 128, 75-85.
    7. Chao Guo, Hai Yan Qiu, et al, Lmx1b-controlled Isthmic organizer is
    essential for development of midbrain dopaminergic neurons, The
    Journal of neuroscience, Dec 24, 2008 – 28(52): 14097-14106.
    8. Peter D. Larsen, Sheng Zhong, Gerard L. Gebber & Susan M. Barman,
    Symphatetic nerve & cardiovascular responses to chemical activation of
    midbrain defense region, Am. J. Physiol Regulatory Integrative Comp.
    Physiol 280: R1704 – R1712, 2001.
    Diposkan oleh GRACE CENTER di 02:37
    12 komentar:

    Harry1 Mei 2010 10:15
    Tulisan ini patut jadi pertimbangan utk mengirim anak ke institusi aktivasi otak tengah, bukannya jenius yg didapat malah anak jadi depresi. Karena program aktivasi ini masih baru di Indonesia, maka kita blm tahu dampak jangka panjang terhadap si anak. Dalam bbrp artikel dikatakan bhw aktivasi tsb akan hilang tanpa pelatihan tiap hari, mungkin apabila si anak menunjukkan kelainan, maka latihan kita stop, tapi mungkin dampak psikologisnya tidak semudah itu dapat dihilangkan. Si institusi harusnya punya bukti otentik IQ sebelum dan sesudah aktivasi menunjukkan perbaikan yg nyata. Jika ada pengalaman pengalaman berkaitan dgn hal aktivasi otak tengah, boleh di share utk awareness kita semua. Terima kasih Bu Lely tulisan yg sangat berharga ini.

    Balas

    nday6 Mei 2010 00:16
    Terima kasih atas posting ini. Ternyata saya tidak sendirian, bersikap ekstra hati-hati (kalau tidak bisa dibilang curiga) terhadap segala sesuatu yang serba instan, khususnya terhadap tindakan ‘merekayasa’ otak manusia – anak-anak kita. Saya kira Tuhan menganugerahi kita semua kemampuan alamiah sejak lahir seperti yang kita miliki tentunya dalam kebijakan Ilahi. Di banyak situasi, manusialah yang seringkali memanfaatkan kecerdasannya secara tidak bijak dan melupakan hal-hal mendasar yang perlu kita pegang erat sebagai mahluk ciptaannya…

    Balas

    Rina12 Mei 2010 08:33
    Anak saya mengikuti program aktifasi otak tengah sejak november, tahun lalu, sejauh pemantauan saya hanya efek positif yg kami dapatkan, dlm pelajaran setelah kurang lebih 1 bulan kelihatan peningkatannya, konsentrasi dan daya tangkapnya jg meningkat,ada seorg guru yg tadinya dia tidak suka di sekolah karena dia tidak dpt mengerti yg diajarkan oleh guru itu, skg dia bilang guru itu jd enak mengajarnya, padahal saya tanya kepada teman2 anak saya, apakah ada yang berubah dari cara pengajaran guru itu, mereka bilang sama saja. dalam segi karakter,tadinya anak saya sangat emosional,klo dia marah dia akan banting2 barang yg ada didekatnya, tp sekarang saya lihat emosinya sangat stabil,dan dia jauh lebih pengertian dalam banyak hal, memang teori ibu diatas quite knowledgeble, tp sebelum mengirim anak2 saya ke institusi tersebut saya sudah cek dan browsing untuk mencari apabila ada keluhan negatif mengenai program ini dan sy tdk menemukan apapun, padahal program ini sudah ada sejak lebih dari 5 thn yang lalu.sekilas pengalaman saya dgn program ini.

    Balas

    Ira Dick Durell31 Mei 2010 01:01
    bu Rina, kalo cuman pingin anaknya bisa tenang & semua guru / pelajaran kelihatan menyenangkan ( ilusinya ), dateng aja ke ahli hipnosis, pasti hasilnya sama / lebih bagus karena kita bisa ikut mensuggesti si anak dengan seijin ahli hipnosisnya. Dengan begitu ibu tidak rugi biayanya yang jauh lebih murah dari 3,5 juta di gmc itu yah?

    Balas

    ibsbrain9 Juni 2010 21:51
    Terimakasih Bu Lely Jadi Pemicu untuk meneliti dan Menggali lebih dalam.
    Saya jadi ingat sejarah NLP dan Hipno di dunia Akademis, banyak yang mengkritisi dan Menolak. tetapi merasakan dan mengakui bahkan memakai.

    Saya awalnya ikut belajar dan Mengembangkan bagaimana Mengaktivasi Otak tengah.

    Selanjutnya setelah meneliti dan mengembangkan Metodenya ini, belajar dari metode di Jepang dan Tibet.kita kembangkan Whole Brain Stimulation, Bukan hanya Otak Tengah Tetapi keseluruhan. dengan target Bukan membuat anak jadi jenius ( IQ diatas 180 )dalam beberapa jam.

    tetapi meningkat :
    -Atensi
    -Memory
    -language
    -dan Kemampuan eksekutif nya

    Karena Metode ini menggabungkan Ilmu NLP dan Neurologi.

    Ada Ratusan level dalam Terapi dan Alat Audio dan Video yang sedang saya teliti, jadi tidak hanya sekedar entertaint atau malah di tuduh Mistis atau Supranatural

    Kritik saran untuk pengembangan

    Junni
    http://www.ibs.or.id

    Balas

    Ruds3 Juli 2010 11:42
    Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    Balas

    Ruds3 Juli 2010 11:46
    Saya mencermati tulisan ini, penulis mengatakan bahwa aktivasi otak tengah bertujuan meningkatkan IQ dengan luar biasa. Aktivasi otak tengah hanya untuk meningkatkan IQ, dengan mengesampingkan EQ. -> Benarkah???
    “Mengaktifkan dan menciptakan seseorang untuk memperoleh pengalaman extra sensory perception sudah jauh melenceng dari ranah medis fisiologis.” -> bgmn dg cerita orang buta dan tuli tetapi ahli memanah pada jaman nabi Muhammad?, bagaimana dengan Helen Keller?, bagaimana dengan sistem sonar pada lumba-lumba?
    “… mampu mendengar, melihat, merasakan dan membaca hal-hal yang tidak bisa didengar, dilihat, dirasakan dan dibaca… … kasus Skizofrenia pasien merasa yakin mampu membaca isi hati dan pikiran orang lain, yakin penglihatan dan pendengaran gaib ….” -> apakah begini patogenesis terjadinya skizofrenia, dimulai dari kemampuan mendengar/melihat/merasakan hal-hal yang orang sehat tidak bisa? Atau, apakah pada orang skizofrenia otak tengah mereka teraktivasi?
    “Bryan K. Yamamoto (2002) … justru mengakibatkan otot-otot polos pernafasan menjadi relaksasi, sehingga mengganggu pernafasan hewan-hewan tersebut.” -> setelah saya baca artikelnya tidak ada yang menyatakan bahwa karena relaksasi otot maka pernapasannya menjadi terganggu. Malah berpengaruh baik pada asma. (The bronchodilation and
    withdrawal of cholinergic outflow that were observed after administration of morphine or morphinelike substances (12) may also be evoked by way of the vl PAGand GABA-containing neurons that project to AVPNs. Alteration in this pathway may be an important central component of exercise or emotional stress-related deterioration of airway functions, particularly in asthmatic subjects.)
    “Minimal telah melalui 10 tahun percobaan di laboratorium (in vivo)” -> bukankah ini seharusnya in vitro? (In vivo = dalam mahluk hidup)
    “Sebuah intitusi bahkan berani menjanjikan bahwa dengan menyisihkan waktu 15-30 menit saja selama 20-30 hari untuk membantu anak-anak berlatih sama artinya dengan mendampingi mereka seumur hidup hingga usia 18 tahun.” -> apakah benar seperti ini yang dikatakan oleh mereka?
    “Yang terjadi di sini sebenarnya adalah anak-anak tersebut dilatih untuk peka terhadap berbagai bahaya dan rintangan yang ada di depan, serta ‘dipaksa untuk bersikap dan berperilaku lebih baik’ karena mereka telah diberikan teladan yang baik oleh orangtua dan orang-orang dewasa di sekelilingnya.” -> Memang seharusnya kan seperti yang penulis katakan ini, anak “dipaksa” untuk bersikap dan berperilaku lebih baik dengan teladan yang baik dari orang tua dan lingkungan sekitarnya.

    Namun demikian tetap saya haturkan terima kasih atas tulisan bu Lely ini, paling tidak memberi kewaspadaan kepada kita mengenai hal yang baru di Indonesia: “aktivasi otak tengah”. Sekian.

    Balas

    rubikscubeindonesia26 Juli 2010 05:58
    Mohon dibaca thread ini sebagai informasi: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4804278
    Semoga kita bisa lebih berhati-hati…

    Balas

    Eling_Sembhada20 September 2010 09:24
    masa atau fase anak yang hilang disaat pertumbuhan si anak, dipastikan akan muncul diusia beikutnya, entah di usia berapa.karena pada hakekatnya perkembangan atau pertumbuhan anak, adalah serangkaian dari masa atau fase” kehidupan yang tidak bisa dihilangkan, hanya sangat mungkin terlewati atau sengaja dilewati. Begitu kata dosen pengampu mata kuliah, perkembangan peserta didik saya beberapa tahun lalu. Dewasa ini banyak sekali anak yang menjadi korban dari opsesi atau impian para orang tuanya, yang kadang kita lupakan adalah, anak sudah diciptakan dan disediakan ‘jalan’ oleh -Nya. Biarkan anak” kita tumbuh dan berkembang seperi fitrahnya dengan bekal yang terbaik yang kita miliki. memberikan bekal terbaik, bukan berarti memaksakan anak menjadi seperti apa yang kita inginkan. waallah huallam.

    Balas

    Budi25 Januari 2011 03:52
    Saya melihat yang sama dengan apa yang ditulisa oleh Ruds diatas. Terjadi banyak celah dalam penulisan ini, data2 tidak jelas.

    Saya sendiri ga paham betul tentang otak tengah ini, entah baik atau buruk. Tapi ketika ada sikap waspada dan kritis tolong disampaikan dengan baik dan benar, tidak sepotong-sepotong seperti tulisan ini. Jika memang anda mau meyakinkan pembaca dengan penulisan data dan pengetahuan ilmiah, kualitas tulisan ini jauh dari ilmiah dan meyakinkan…

    Saya pribadi percaya bahwa “rahasia terbesar manusia adalah manusia itu sendiri” jadi ketika ada hal2 yang “tidak biasa” mohon ditanggapi dengan bijak dan cerdas.

    Saya masih cukup bersabar dengan tidak menuduh anda sengaja menulis untuk menjelek2an pihak tertentu. Pesan saya, tolong sampaikan kritisi anda dengan layak, cerdas dan bertanggung jawab.

    Terima kasih.

    Balas

    Eva Ilyas12 April 2011 15:57
    Terimaksh posring yg bagus skali…
    sebagai orang yang peduli dg pendidikan , wajib kiranya hal ini kt pahami dan sampaikan ke yg lain. Agar orangtua paham dan tidak mudah terpengaruh dg hal-hak yang serba menggiurkan dengan “instan”.
    Salam kenal

    Balas

    Sakazaki28 November 2011 18:48
    • Sebuah penelitian di Jerman menyebutkan bahwa seorang anak biasa mengalami perubahan emosional pada usia akil baliq (remaja), hal ini disebabkan karena hilangnya kemampuan berpikir berdasarkan naluri pada anak yang memberikan rasa aman, nyaman dan digantikan dengan kemampuan berpikir menurut logika. Hal ini menyebabkan timbulnya sikap menentang dan sikap-sikap melawan lingkungan demi mencari jati diri yang lain yang biasa kita saksikan, dan periodenya berbeda-beda untuk tiap anak, dan hal ini memang mereka butuhkan demi perkembangan mereka, kemampuan naluri yang memberikan rasa aman hilang digantikan kemampuan berpikir logis. Apakah mungkin kemampuan berpikir naluri ini diperoleh dari otak tengah dan harus hilang setelah anak menginjak remaja? Apabila benar, berarti otak tengah memang tidak boleh diaktifkan karena pasti akan mengganggu siklus perkembangan yang lain.Mohon tanggapan ibu,demi perkembangan anak2 kita. Terimakasih

    Balas

  10. Hehehehe,sebenernya tergantung orangnya sih,.. klo saya menerima dengan terbuka malahan saya juga membandingkan dengan Buku Aktivasi Otak tengah… makasih banget udh kasih Perspektif baru..! ^_^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: