Menggugat GMC (Genius Mind Consultancy) Indonesia

For those who do not understand Bahasa Indonesia (perhaps you are from Singapore, Malaysia, Taiwan), you can go toย http://translate.google.com/ to translate this page.

Pengantar dari penulis:

Saya sengaja anonim karena :

– Tidak ingin ngetop … benar, saya tidak ingin ngetop atas expense perusahaan orang lain (GMC). Hal ini akan menasional, saya sadari itu. Jadi saya ingin menekankan bahwa saya membuat Group ini bukan karena ingin ngetop, tapi semata-mata karena prihatin. Itu saja.

– Mengurangi kemungkinan intimidasi. Sesungguhnya saya tidak takut sama sekali, toh saya hanya mengemukakan kebenaran. Hanya saja inconvenience yang tidak perlu kan lebih baik dihindari. Gitu aja kok repot … ๐Ÿ™‚

Banyak yang akan mencap saya pengecut … tak apa-apalah. Saya rela dibilang seorang pengecut. Yang pasti saya yakin saya bukan penipu. Pengecut masih lebih baik daripada penipu, bukan?

Para pembaca dipersilahkan menilai materi dalam tulisan ini murni dari segi materinya saja, tidak perlu ada bias, baik dari segi jender, agama, persaingan usaha, SARA, dlsb. Silahkan berpikir objektif dan diskusikan fakta-faktanya saja.

Kaitan saya dengan GMC (Genius Mind Consultancy)

Anak saya yang pertama ikut aktivasi GMC. Saya tidak memaksanya, dia yg minta ikut setelah lihat salah satu saudara kami yg sudah ikut GMC bisa membedakan kartu dgn blindfold. Ketika didalam ruangan sewaktu aktivasi juga cukup PD, mendapat beberapa hadiah karena berani menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para instruktur. Jadi saya simpulkan tidak stress, tegang, atau tidak mau berpartisipasi, dsb yang menurut GMC akan menghambat proses aktivasi. Setelah ikut 2 hari, ketika di test blindfold tidak bisa. Menurut instruktur kurang konsentrasi, tegang, harus banyak latihan, dsb.

Dia cukup terpukul karena merasa kok dia tidak bisa, sementara perserta yang lain bisa. Saya harus membantu rebuild the confidence, menemani latihan-latihan yang harus dilakukan dirumah. Dan setelah beberapa lama tetap tdk berhasil. Saya sudah menerima bahwa mungkin tiap anak berbeda-beda. Mungkin dia memang bakatnya bukan begitu.

Kemudian adiknya ikut aktivasi GMC juga. Pada hari pertama setelah pulang test blinfold belum bisa. Setelah ikut hari Minggu (hari kedua) pd session akhir ketika dicoba tebak kartu blindfold, ternyata bisa.

Hasilnya 100% tidak ada yang salah. Rupanya si adik lebih sensitif dari si kakak. Dia juga bisa mulai membaca dgn mata ditutup / blindfold reading (selanjutnya akan saya tulis BFR saja). Wah senangnya saya … memang tiap anak beda-beda. Si adik memang agak lebih sensitif selama ini dan terbukti disini. Si kakak belum berhasil sementara si adik sukses aktivasi otak tengahnya.

Lantas saya membaca tulisan bapak HHBS. Iseng-iseng saya coba saya pakai blindfold dan ternyata benar … saya BISA MENGINTIP dari bagian bawah penutup mata. Saya coba turunkan tutup matanya sampai ke ujung hidung … tetap masih bisa mengintip. Hanya setelah blinfoldnya menutup sampai dibawah hidung, atau diatas bibir, baru tidak bisa mengintip. Silahkan para pembaca MENCOBANYA dan membuktikannya sendiri. Saya sudah buktikan dan SAYA BISA MELAKUKAN BLINDFOLD READING ala GMC tanpa perlu diaktivasi otak tengah saya.

Saya mulai merasa was-was. Kemudian saya coba lagi si adik. Pertama-tama secara biasa, dengan hasil sukses seperti biasa. Kemudian ketika saya blindfold saya turunkan kebawah hidung, dia menolak dengan alasan mengganggu napas dan jadi tidak bisa mencium kartunya. Kemudian saya coba dengan menyelipkan tissue di kanan dan kiri hidung, sehingga tidak mengganggu napas, tapi menutup celah yang buat MENGINTIP. Kemudian main tebak kartu UNO, yg menebak warna dan angkanya (atau huruf pada kartu ungu). Saya coba sampai 10 kali biar jelas. Setiap kali tetap saya bilang “BAGUS” seperti kebiasaan di GMC. Hasilnya ketika dicoba, persis seperti yang saya perkirakan. Rasio keberhasilan menebak turun drastis dari 100% menjadi 0%. Ada yg warnanya benar (probalility/kebetulan?) tetapi angkanya salah.

Setelah dia buka tutup matanya, saya tunjukkan ‘tuh kan adik sekarang kok banyak salahnya’ (saya tidak bilang salah semua). Akhirnya sambil saya peluk saya bisikkan ke telinganya. Adik kemarin-kemarin waktu betul semua ngintip ya? Dan dia dengan malu-malu mengaku. Iya memang ngintip. Sewaktu membaca juga demikian, bahkan ketika di test maju ke depan di akhir sessi aktivasi juga ngintip. Saya masih berusaha untuk tidak bereaksi negatif, saya menghibur dia dengan bilang ga apa apa kok, tapi lain kali ga usah bohong-bohong ya …. Tetapi dalam hati saya hancur ….. anak saya yang masih TK “terkondisikan” untuk mulai belajar jadi penipu ….

Kemudian saya perhatikan video galeri dari GMC, nanti saya lanjutkan mengenai video, saat ini saya mau menulis tentang si kakak dulu. Si kakak saya perlihatkan video-video di website GMC yang telah saya telusuri. Saya merasa perlu memperbaiki kepercayakan dirinya yang cedera. Saya katakan bahwa its okay tidak bisa BFR, sebagian yang “kelihatannya bisa” mungkin tidak benar-benar bisa. Sebagian mungkin saja benar-benar bisa, tapi sebagian pasti bohong, saya bilang PASTI, karena pada saat aktivasipun ada satu orang tua yang bilang bahwa anaknya ngaku bahwa ngintip, hanya saat itu saya belum terlalu memperhatikan karena waktu itu saya BELUM MENCOBA SENDIRI memblindfold mata saya sendiri. Saya pikir untuk ngintip perlu usaha extra yg entah bagaimana. Saya belum sadar bahwa untuk ngintip tidak perlu usaha apapun, dibawah kain blindfold ada ruang yang cukup untuk mengintip. Yg perlu dilakukan cukup “mencium kartu” sambil mata melirik ke bawah …. cukup itu saja.

Saya puji si kakak bahwa dia jujur, tidak perlu harus menipu apapun alasannya. Bahwa anak-anak lain yang tidak bisa juga banyak jumlahnya, cuma banyak yang tidak jujur, tidak seperti kamu. Saya katakan anak-anak lain seperti adikmu mungkin melakukan itu untuk alasan yang bagus, misalnya untuk membahagiakan orang-tuanya, kan di session terakhir diajarkan untuk menghargai orang tuanya. Mungkin si adik atau anak-anak lain merasa orang tua sudah membayar mahal-mahal dan kalau dia tidak bisa takut orang tuanya akan kecewa. Seperti saya tulis di atas, si adik selama ini memang lebih sensitif. Saya lalu tekankan si kakak untuk tidak mengungkit-ungkit lagi fakta bahwa si adik berbohong, kasihan si adik.

Mengenai video gallery, setelah saya mendapatkan bahwa si adik menipu, saya melihat lagi video-video yang ditampilkan GMC. Yang paling mudah adalah di website GMC sendiri, pada halaman video gallery. Saya perhatikan bahwa mulai dari yang mewarnai gambar, main catur, main play station, (kecuali yang main yoyo, saya tidak bisa menyimpulkan) semuanya ada gerakan mendongakkan kepala, tanda si anak berusaha melihat lewat sela-sela hidungnya. Dan tidak ada satupun yang memasang blindfoldnya sampai menutupi hidungnya, yang artinya ada sela-sela yang bisa untuk MENGINTIP. Silahkan anda lihat sendiri SEKARANG kalau anda tidak percaya saya …. dan anda simpulkan sendiri …

Kalau mau berbaik sangka, barangkali tidak semua anak menipu. Ada sebagian barangkali yang mungkin benar-benar bisa melakukan BFR. Tapi saya dengan serius mempertanyakan klaim 70-80 persen keberhasilan seperti yang tercantum di website GMC (bahkan 80-90 persen di brosurnya). Kenapa saya berpikir demikian, pada video galery yang merupakan etalase output-output terbaik dari GMC saja, lebih dari 90% saya yakin ngintip. Lantas bagaimana yang tidak termasuk kategori terbaik yang tidak ditampilkan videonya?

Saya rasa (mungkin saja saya salah) rasio yang tepat akan kira-kira seperti ini :

< 10 persen sukses bisa BFR
60-40 persen “terkondisikan untuk berbohong” (tmsk anak saya yg masih TK)
20-30 persen gagal BFR, yaitu yang jujur dan tidak ngintip.

Rasio ini lebih bisa saya percaya, hanya saja dengan rasio seperti ini apakah para orang tua akan berbondong-bondong mengikutkan anaknya ke GMC? Apakah pertanyaan ini perlu saya jawab? Ga perlu kan?

Saya masih percaya bahwa mungkin saja sebagian besar instruktur atau Licensee GMC tidak tahu fakta-fakta ini. Tapi saya yakin para penggagas atau konseptor GMC tahu dan sadar akan hal ini. Dari mana saya menyimpulkan?

Silahkan buka “Buku Latihan – Anak anak genius” yang dibagikan kepada para peserta setelah aktivasi (juga di brosur dan di website GMC). Halaman pertama ada gambar kepala manusia yang menunjukkan bahwa gelombang yang membuat anak bisa melihat dengan mata tertutup TERLETAK DI BAWAH HIDUNG. Justru di bagian dimana anak bisa MENGINTIP. Saya tantang GMC untuk melampirkan riset mana yang menyebutkan letak gelombang tersebut ada disitu, atau saya terpaksa menyimpulkan bahwa gambar ini adalah hanya akal-akalan yang disengaja untuk misleading dengan tujuan mendorong anak-anak kita untuk MENIPU.

Sebelumnya saya agak ragu-ragu untuk menulis hal-hal ini, ibaratnya kok ya saya cari-cari perkara. Tetapi beberapa hari lalu anak saya (si kakak) pulang sekolah cerita bahwa guru kelasnya bertanya apakah di kelasnya ada yang sudah ikut aktivasi otak tengah GMC. Ternyata ada 3 anak, dan ketika istirahat mereka bertiga ngobrol dan ketiganya tidak bisa BFR, bahkan yang seorang bilang bahwa sewaktu maju ke depan satu-satu di test sehabis aktivasi, dia ngintip. Hal ini membuat saya memantapkan diri untuk menulis ini. Jangan sampai lebih banyak lagi orangtua-orangtua yang ditipu dan anak-anak indonesia yang dimanipulasi lagi. STOP cukup sudah sampai disini.

Barang kali tidak semua orang tua sependapat dengan saya. Sebagian mungkin “memaafkan” ketidak mampuan BFR dan menjustifikasi effort dan biaya yang telah dikeluarkan dengan bahwa ada banyak manfaat lain selain blindfold reading. Saya tidak menyangkal, yang memang telah mendapatkan manfaat ya silahkan saja. Saya juga tidak mengganggap GMC tidak ada hasilnya sama sekali. Yang saya tidak setujui adalah penggunaan blindfold reading sebagai alat promosi dan alat ukur, sementara peluang untuk curang sangat besar. Ini mendorong anak-anak kita untuk curang, dan kemudian memperalat anak-anak yang sudah termanipulasi itu sebagai alat promosi bisnisnya. Itu yang saya tidak setuju.

Silahkan kepada para orang tua, COBALAH PAKAI BLINFOLD ANAK ANDA dan anda akan paham maksud saya. Apakah anda rela anak anda dibegitukan? Apakah anda tidak sedih, kecewa, dan merasa diberi harapan palsu? Apakah tidak kasihan anak-anak kita dimanipulasi untuk kepentingan bisnis, sementara kantong kita dikuras? Saya sih jelas-jelas tidak rela …..

Satu lagi, dalam 8 RAHASIA SUKSES yg diajarkan oleh GMC kepada anak-anak kita, tidak ada prinsip JUJUR, coba deh anda lihat lagi. Hal ini membuat saya makin percaya bahwa rahasia sukses versi GMC memang tidak membutuhkan kejujuran ….

Saya menyimpulkan bahwa pada aktivasi otak tengah GMC telah terjadi :

1. Pengkondisian agar si anak bisa “blindfold reading” dengan cara apapun, termasuk jika berusaha dengan tidak jujur. Setiap anak berusaha untuk BISA, dengan berbagai alasan : ingin terlihat hebat, tidak kalah dengan yang lain (kompetitif), ingin dipuji (baik dari instruktur dan terutama orang tua), ingin supaya orang tua tidak kecewa sudah keluar biaya yang cukup besar, takut kalau dinilai rendah oleh teman-teman atau lingkungan, dan berbagai motif lainnya yang khas anak-anak dan bukan dengan maksud jahat.

2. Pembiaran anak untuk melakukan hal tersebut, bahkan menyiarkannnya dengan tujuan pengembangan bisnis. Ini yang menurut saya motif yang jahat. Menguras uang orang tua, mengkondisikan anak-anak mulai belajar menipu, dan menggunakannnya untuk mempengaruhi anak dan orang tua lain untuk juga terjerumus. Saya kok tidak rela anak saya dimanipulasi seperti itu ….

Kesimpulan :
Sekali lagi saya ulang bahwa saya tidak mengklaim kebenaran mutlak disini, saya justru meminta GMC membuktikan bahwa BFR yang digunakan pada video-video dan alat pengukur setiap selesai aktivasi adalah TINDAKAN YANG JUJUR.

Yang saya minta kepada GMC, agar dalam waktu dekat ini, untuk :
—————————–

a. Mengganti blindfoldnya dengan yang semacam model kaca mata renang, ataupun bentuk lainnya dimana tidak ada sela-sela untuk mengintip. Sehingga tidak memberi peluang (meng-encourage) anak untuk berbuat curang.

b. Mencobakan kepada perwakilan orang tua sebelum melakukan pengetesan kepada anak-anak, untuk memastikan bahwa TIDAK BISA MENGINTIP sewaktu test blindfold pada sesi terakhir aktivasi.
——————————
Jika hal ini dipenuhi, saya akan hapus Page ini atau merubah isinya dengan hal-hal yang memuji GMC. Bahwa ternyata GMC memang seperti yang di promosikan dan punya integritas yang dapat dibuktikan.

Jika GMC gagal memenuhi hal-hal diatas, saya meminta agar GMC :
————————————-

a. Merubah bisnis model dengan menghapus iming-iming yang misleading, seperti jadi jenius, blindfold reading, dll. Hanya mencantumkan klaim-klaim yg sudah teruji (atau sulit dibuktikan), seperti meningkatkan prestasi sekolah, mebuat anak lebih bahagia, dll.

b. Membuat permohonan maaf di beberapa surat kabar Nasional, mengenai telah terjadinya misleading dalam promosi yang dilakukan selama ini.
—————————————-
Jika salah satu atau DUA PILIHAN (merubah blindfold atau merubah cara promosi) DIATAS TIDAK DILAKUKAN, maka dengan terpaksa, saya akan memulai langkah-langkah yang akan mengarah kepada penyelesaian secara Hukum, yang menuju ke arah :

Gugatan Pidana :

Melakukan gugatan pidana kepada seluruh Master Licensee di seluruh Indonesia, beserta seluruh staff pengajar atau instruktur GMC jika per Agustus 2010 masih melakukan kegiatannya. Sebelum bulan Agustus dapat dianggap belum tahu, tetapi per Agustus akan dianggap telah tahu dan mengerti sementara tetap melanjutkan perbuatannya, maka dianggap telah melakukan penipuan secara sengaja, dan masing-masing orang-perorang akan disangkakan melakukan pelanggaran pasal 378 dan 380 KUHP dengan hukuman 4 tahun penjara.

Gugatan Perdata :

a. Mengganti kerugian material berupa pengembalian biaya aktivasi sebesar Rp. 3.500.000,- kepada setiap orang tua yang merasa dirugikan. Dibuktikan dengan sertifikat yang diberikan kepada peserta. Bagi yang tidak merasa dirugikan dan tidak ingin minta pengembalian ya terserah yang bersangkutan masing-masing.

b. Mengganti merugian immaterial sebasar Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah) atau sejumlah lain yang ditetapkan oleh Majelis Hakim, kepada setiap anak peserta aktivasi, sebagai kompensasi telah dimanipulasinya anak-anak untuk kepentingan bisnis yang curang. Hal ini juga dibuktikan dengan sertifikat.

PS :
Saya menyederhanakan hal-hal yang berkait hukum, agar tulisan ini tetap dapat dicerna dengan mudah oleh masyakarat awam.

Selain daripada itu, secara paralel tulisan ini juga telah sampai kepada insan pers sebagai pilar ke-4 Demokrasi Indonesia (setelah eksekutif, legisatif, dan yudukatif). Saya lihat di web YLKI tidak menerima laporan via email, jadi jika kapan-kapan saya ke Jakarta saya akan laporkan langsung ke YLKI. Jika ada rekan-rekan yang mengalami hal yang sama dan dekat aksesnya ke YLKI, silahkan memasukkan pengaduan ke YLKI.

Semua yang saya sampaikan ini adalah bentuk keprihatinan, bukan karena ingin terkenal secara Nasional, bukan sama sekali. Saya hanya kecewa anak saya yang masih TK dimanipulasi dan dijadikan korban oleh sementara pihak untuk mengeruk keuntungan bisnisnya.

Saya rasa saya perlu share perasaan ini kepada para orang tua lainnya ……

dikutip dari sini

Iklan

236 Tanggapan

  1. untuk menjadi yang terbaik dan sukses hendaknya kita harus terus berpikiran positif. positif dan positif

    • Teliti sebelum membeli lebih tepat! Tetap POSITIF tapi galilah informasi terlebih dulu, jangan sampai tertipu karena kepercayaan berlebihan.

  2. artikel diatas mewakili yg saya rasakan, anak saya telah mengikuti gmc, BFR dgn penutup kain 80-100 %, dng kacamata renang “modif” ato kain dibawahya diselipin tisu =0 %, kecewa berat….!!!, sy berharap GMC dpt merespon kekecewaan ortu, kalo tidak GMC layak dituntut atas penipuan publik

    • saya sudah mengadakan penelitian di 3 lembaga yang mengadakan aktivasi otak tengah (sebentar lagi akan rampung saya lagi menulis hasil penelitian), mereka membrainwash dan menghipnnotis anak-anak dengan mengatakan “kamu anak pintar, kamu pasti bisa membaca, menulis, bersepeda dengan mata tertutup, kamu akan membahagiakan orang tuamu, maka lakukan apapun yang kamu bisa untuk meliat dengan mata terutup” kata-kata “maka lakukan apapun yang kamu bisa untuk melihat dengan mata terutup” akan membuat anak melakukan penipuan dengan melihat dari balik kain demi membahagiakan orang tua mereka…….anak-anak sepolos ini sudah mereka manipulasi otaknya untuk menipu orang tua demi ambisi mereka untuk mengeruk harta masyarakat

      • saya rasa bukan memanipulasi anak. tapi hal tsb membuat anak2 merasa berharga, daripada kita ngomong, wah..kamu anak kurang pintar, kamu tidak suka membaca, dll… be positive !!

      • @lily
        waw waw waw saya setuju sekali dengan sdri lily, i couldn’t agree more!!

        kita harus lebih berpikiran positif lagi, mereka bukan menipu dan mencuci otak anak2 kita.. cobalah berpikir bahwa mereka sedang mengembangkan softskill anak2 kita dalam hal berbohong..

        skill berbohong atau menipu ini sangat perlu dikembangkan sejak dini demi keberhasilan dan kesuksesan karir masa depan anak2 kita lho.. terutama yang pingin mengarahkan anaknya untuk jadi ‘businessman’ yang berhasil!! contoh nyatanya adalah management GMC yang berhasil dalam bisnis mereka..

        semoga anak mbak lily jadi businessman yang berhasil deh ya.. mmuachhh

      • @lily
        hahahha saya setuju sekali dengan sdri lily, i couldn’t agree more!!

        kita harus lebih berpikiran positif lagi, mereka bukan menipu dan mencuci otak anak2 kita.. cobalah berpikir bahwa mereka sedang mengembangkan softskill anak2 kita dalam hal berbohong..

        skill berbohong atau menipu ini sangat perlu dikembangkan sejak dini demi keberhasilan dan kesuksesan karir masa depan anak2 kita lho.. terutama yang pingin mengarahkan anaknya untuk jadi ‘businessman’ yang berhasil!! contoh nyatanya adalah management GMC yang berhasil dalam bisnis mereka..

        semoga anak mbak lily jadi businessman yang berhasil deh ya.. mmuachhh

      • Saya seorang guru,dan saya tahu cara-cara untuk membuat anak merasa berharga tanpa memanipulasi mereka ataupun menyuruh mereka untuk berbohong.Anggaplah anak sebagai sahabat dan dekatlah dengan mereka,pujilah mereka atas perbuatan baik dan prestasi jujur yang mereka lakukan.

    • saya dukung ….

      • anak2 sy bisa menebak warna, angka dengan menutup mata tanpa melihat… bahkan tanpa penutup mata…

        sy sendiripun sempat merasakan itu walau hanya bertahan 1 minggu..

        namun ada hal lain yang mengganjal di benak sy… mungkin sy bisa hubungi bapak via email?

        sy masih punya data2nya…

      • Untuk membantu mencerah permasalahn ini saya rasa akan sangat membantu kita semua jika ibu mau berbagi cerita kepada kita tentang keberhasilan anak-anak dan ibu tersebut.

      • mba lily…
        sy juga setuju sekali,…org2 skrg terlalu banyak dicekokin dengan pikiran negatif, makanya anak2nya akan menjadi cerminan orgtuanya, intinya tdk ada paksaan utk ikut aktivasi otak, kalau tdk suka, kenapa harus ikut? malah kesannya menjadikan anaknya laboratorium percobaannya sendiri

  3. salaam, saya tertarik untuk mengajak Anda menulis buku membongkar kebohongan tentang otak tengah. Jika berminat, hubungi saya, ya ๐Ÿ™‚

    • Salam..
      Saya sangat setuju dan medukung penuh jika emang ada yg mau menutut GMC at membongkar keboongannya,karena saya dan suami saya sudah merasa tertipu,singkat cerita anak saya umur 10 thn saya ikut kan aktivasi otak tengah d GMC cabang banyuwangi dgn harapan besar agar anak saya bisa membaca walau dgn mata tertutup karena anak saya menderita gangguan pengliatan d mata sebelah kirinya,awalnya ketika hari pertama sampai sesi demo hari kedua anak saya bisa membaca dan membedakan warna, saat itu saya bangga sekali dan sangat terharu hingga tak sadar saya mengeluarkan air mata karena sangat bahagiah.. tp sayangnya kebahagiaan itu tak berlansung lama ketika saya ketahui ternyata anak saya bisa membaca dan membedakan warna krn dia mengitip dr celah2 hidungnya.. semoga dgn cerita saya ini bisa jd pemikiran buat para orang tua yg ingin memasukan anak nya d GMC agar nantinya tdk kecewa seperti saya.
      salam..

      • Menurut saya bisa melihat dengan mata bukanlah suatu tipuan. Tapi saya tidak heran jika banyak juga anak yang mengitip karena merasa malu jika setelah ikut gmc tidak bisa melakukan BFR. Saya punya 2 keponakan (kakak beradik) yg satu ikut gmc, yang satu lagi ikut bcl. Kedua anak tsb memang sensitifitasnya berbeda. Saya pernah mengetes mereka mengenal warna dan jenis kartu serta membaca beberapa kalimat pada malam hari di dalam kamar dengan lampu saya matikan dan mata mereka saya tutup dengan kain yang mereka dptkan dari workshop. Jadi saya sendiri dengan mata terbukapun tidak dapat mengenali kartu tsb karena ruangan gelap gulita. Hasil tes menunjukkan 75% s/d 80% sang adik dapat menebak dengan benar dan kakaknya sekitar 50% s/d 60% benar (setelah 2x ikut workshop). Memang sang adik tipenya lebih bisa konsentrasi drpd sang kakak. Jadi cara pengetesan saya ini tidak memungkinkan anak menipu (mengintip pun juga tidak bisa melihat). Menurut apa yg saya tahu otak dibagi menjadi 5 bagian (5 lobus) salah satunya lobus occipital yang berhubungan dgn penglihatan. Jika terstimulasi pada frekuensi tetentu, maka otak akan lebih aktif sehingga akan berfungsi lebih optimal. Namun krn setiap anak mempunyai kapasitas dan kemampuan yg berbeda, maka hasilnya akan berbeda, ada yg bisa melihat dg BFR ada yg tidak bisa. Yg tidak saya suka di gmc jika anak tidak bisa melakukan BFR, maka stimulasi dilakukan terus menerus shg anak menjadi pusing dan ini bahkan menjadikan (menurut dugaan saya) kerja otak kiri dan kanan tidak seimbang. Saya bahkan pernah dengar dari senior trainer gmc yg mengatakan dg bangga bahwa anak2 yg ikut di kelasnya hampir semuanya bisa BFR setelah suara audionya dibuat sangat keras dan ber-ulang2 (otak anak2 dipaksa untuk bisa BFR). Ini membuktikan bahwa sang trainner tidak mengerti bahwa yg berpengaruh thd kerja otak bukahlah kekerasan suara (decibel) melainkan frekuensinya. Otak kita bekerja pada frekuensi yg berbeda pada saat kita dlm keadaan sadar, berfikir kreatif, tidur, atau meditasi (atau zikir). Promosi aktivasi otak tengah gmc yg membuat anak genius dlm 2 hari adalah tak masuk akal dan menyesatkan (punya unsur penipuan). Saya lebih cenderung menyebut otak bagian tengah(OBT) drpd otak tengah (OT) krn saya berusaha mencari reset ttg OT tidak menemukan. Saya hanya mendapatkan info bahwa OBT itu hanya berhubungan dg gerakan mata dan tidak ada hubungannya dg kecerdasan apa lagi kegeniusan. Pakar multiple intelligence Dr. Howard Gardner dari USA bicara otak kiri dan otak kanan, bukan OT. Kalau sy bandingkan gmc dg bcl, saya jauh lebih percaya bcl krn pendekatan bcl cenderung ilmiah. Pendekatan dimulai dg pengenalan bakat dan kapasitas anak melalui pola sidik jari (disebut dermatoglyphics) yg sdh banyak reset dilakukan para ahli dibidangnya hampir 200 tahun lalu. Bcl juga tidak pernah promosi membuat anak jadi genius dlm 2 hari, yg dilakukan yaitu stimulasi keseimbangan otak utk meningkatkan kapasitas konsentrasi anak. Software dermatoglyphics bcl juga telah mendapatkan patent dari USA. Bahkan teman saya bilang ketika anaknya ikut workshop di bcl Surabaya, BFR tidak dilakukan krn pd waktu itu ortu mrk menyadari bahwa BFR bukan tujuan mrk mengikutkan anaknya di bcl. Krn pendekatannya yg konservatif dan hati2 inilah market bcl jauh dibawah gmc yg bergaya sopir ugal2an dg resiko penumpang.

        Saya membandingkan gmc dan bcl bukan mau mejelekan gmc dan mempromosikan bcl, tapi kebetulan saya tahu apa yg mereka lakukan dan tertarik dg topik yg berhubungan dg otak manusia. Dg demikian para ortu yg ingin mengikutkan anaknya workshop semacam ini benar2 bisa menilai mana yg patut dipilih dan mana yg hrs dihindari. Mengenai komentar ttg penghipnotisan anak yg ikut gmc sepengetahuan saya tidak ada, yg ada adalah kalimat2 affirmative yg bersifat positif yg biasa dilakukan oleh psikolog atau para motivator. Namun jika hal tsb berbuntut bohong yg dilakukan oleh anak yg tak bisa BFR dg cara mengintip, saya tak bisa berkomentar. Trainer gmc sehrsnya mengingatkan anak utk jujur dan dia sendiri juga hrs jujur. Celakannya target marketing gmc hrs bisa BFR dan mempromosikan bisa BFR = genius. Semoga bermanfaat.

  4. gila thu GMC,udh melakukan penipuan massal….
    saya juga ada melihat,malah televisi swasta TRANSTV dengan bangga membantu menipu masyarakat banyak,malah reporternya bantu mempraktekkan gaya nebak bola berwarna…
    ada indikasi ne TV SWASTA membantu kedok penipuan GMC,
    perlu digugat jg ne TV SWASTA…

  5. kalo emang bener, berarti metode gmc bisa diterapin ke penyandang tuna netra dong ya.. berjasa besar tuh!

    • kalo untuk yang tuna netra bawaan tidak bisa bu… anak2 sy alumninya dan sy sempat mjd trainer didalamnya.. namun tidak bertahan lama karena ada banyak keraguan didalamnya…

      3 kali sy mjd trainer dan yang ke 3 inilah sy memutuskan untuk berhenti dan sekaligus menarik anak2… plus menutup kembali kemampuan menutup membaca/melihat dengan menutup mata…

      • Mungkin sebaiknya ibu menghubungi pemilik blog ini untuk menceritakan isi script hipnosis yang digunakan untuk “aktivasi”. Supaya bisa dianalisa dan digunakan sebagai salah satu bukti penipuan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga aktivasi otak tengah.

        Soalnya seperti yg ibu tahu, mereka membuat hoax segala macam teori mengenai otak tengah, tapi ternyata menggunakan hipnosis.

      • Gunakanlah apa yang sudah diberikan sama Allah.Swt,
        Mata untuk melihat, hidung untuk mencium, mulut tuk berbicara, dan ……

        wassalam

  6. saya setuju dengan sdr Maya. Saat melihat liputan kegiatan GMC di televisi, saya pikir kegiatan ini memiliki misi untuk membantu sdr2 kita yg tak bisa melihat. Sungguh kasihan anak2 kalau memang demikian adanya.

  7. BAhaya sekali GMC ini, ternyata untuk uang semua menjadi sangat halal. mari lindungi anak2 kita, generasi penerus bangsa dengan pembodohan massal yg dilakukan GMC.

    Semog apemerintah segera bertindak.!!

  8. sebagai ortu jangan terbius dg berbagai Iklan yg menggiurkan…terima anak kita apa adanya,punya anak jenius gak jaminan bisa masuk surga…yg penting sholeh….ada buku bagus dari Dr.Arman Yurisaldi S…metode aktivasi yg murah meriah,ilmiah dan canggih…

  9. ada orang2 yg berusaha memfitnah gmc, saya sendiri sangat bersyukur telah mengikutsertakan anak saya ke gmc, anak saya autis, sangat susah sekali konsentrasi, sibuk lari sana sini, dia hidup dengan dunianya sendiri. saya berharap dengan mengikutsertakan ia ke gmc akan ada perubahan, dia sekarang cenderung lebih tenang, dan diajak ngobrol pun sudah mulai mau mendengarkan.

    entah apa yang dipikirkan penulis di atas. sayang sekali kalau fitnah yang dituduhkan tersebut malah menghancurkan lembaga yang berusaha membantu perbaikan generasi bangsa.

    wassalam

    • Ada benarnya sebenarnya. Karena anak teman saya pun tidak membutuhkan penutup mata untuk menebak kartu atau pun membaca. Dia lulusan terbaik pada saat itu di sana. Cukup dengan balik badan, tanpa pernah melihat tulisan sebelumnya, dia sudah bisa membacanya!
      Mungkin penutup mata berguna untuk anak2 yg ‘tidak berhasil’, jadi supaya dianggap berhasil, mereka menutup mata mungkin karena minder dgn yg berhasil.
      Saya pikir, program ini cukup baik, karena mendoktrin/ menghipnotis anak supaya menjadi anak yang baik, menurut pada orang tua, dan pintar, melalui musik2/ audio2 sebagai sarana hipnotisme.
      Selebihnya, program ini tidak membuat anak menjadi jenius. Karena kejeniusan itu tidak dicapai dengan cara instan. Saya sangat menyayangkan cita2 orangtua yg ingin membuat anaknya jenius, baik dan patuh secara instan melalui program ini. dengan biaya mahal Tetapi memuji orangtua yg mengupayakan anak menjadi anak yg lebih baik (bukan jenius). Mohon dihapus kata ‘jenius’.
      Doa ibu, pendidikan sehari-hari, kesabaran orangtua lebih diutamakan.. dibanding cara instan… (berlaku untuk anak normal).
      Semoga anak ibu semuanya bisa menjadi anak yang lebih baik lagi, dengan bantuan dan doa ibu2 semua dan sikap positif dalam mendidik.

      • mungkin pada anak2 yang memiliki keberbakatan supranatural pada bagian visual, hal2 seperti ini mudah dilakukan.sayangnya, tidak semua anak memiliki kerberbakatan seperti ini.Ada yang memiliki keberbakatan dalam merasa (felling), ada juga yang menggerakan benda, dsb.tetapi sebaliknya ada yang tidak memiliki keberbakatan supranatural seperti.oleh karena itu,kita tidak pernah bisa menyamaratakan dan mengatakan bahwa jika 1 anak berhasil maka semua anak akan berhasil.semuanya bergantung pada keberbakatan anak.Jangankan untuk mengaktifasi otak tengah, untuk mengaktifasi otak kiri atau kanan sekalipun pun, bergantung pada keberbakatan apa yang ia miliki. ingin diaktifkan seberapa banyak usaha apapun, jia ia tidak memiliki keberbakatan itu, ia tidak akan dapat mencapai hasil melebih anak yang memiliki keberbakatan yang mau berusaha keras.Jadi lebih berhati-hatilah untuk mempromosikan hal-hal yang belum jelas hasilnya dengan mengatakan :pasti.dan jika tidak berhasil, memberikan banyak alasan untuk membenarkan diri.

        hinoptisme pada anak membuat saya agak miris.bermain dengan alam bawah sadar tidak akan membuat anak memahami mengapa harus dilakukan atau tidak, tidak juga mengembangkan proses empati terhadap sekitarnya. menasehati,diskusi masalah, membimbing anak untuk membuat keputusan, dan keberanian untuk menghadapi konsekuensinya,tentu saja akan berbeda dengan hasil hipnotisme.anak akan melakukan sesuatu karena dorongan pikiran alam bawah sadarnya, dan ia mungkin tidak memahami kenapa akhirnya aku memutuska ini.pada titik tertentu, resiko yang harus diterima anak yaitu tidak merasa menjadi diri sendiri.frustrated yang menupuk dan ditekan menuju alam bawah sadarnya akan menciptakan ledakan yang luar biasa pada anak. untuk hipnotisme pada kasus klinis, dimana orang tidak bisa bertanggung jawab memutuskan, atau untuk kasus terminal ill, mengurangi efek kesakitan berlebihan dan menahun akibat parahnya suatu penyakit, bisa dengan bantuan hipnotisme.tetapi untuk kasus di luar itu, yakinlah manusia dikaruniai kekuatan untuk berjuang menghadapi kebergantungan, masalah hidup,dsb.

        Intinya, mohon untuk tidak bermain-main dalam area tidak aman untuk perkembangan anak.banyak program yang dijual untuk anak tidak memperhatikan perkembangan anak secara keseluruhan dan memandang anak sebagai makluk yang unik.sifat yang ditawarkan cenderung doktrinasai dan ‘cuci otak’.kita ingin anak-anak berkembang optimal dan adaptive terhadap lingkungan, oleh karena itu sebaiknya memberikan ruang gerak anak untuk berkembangan secara natural dan tetap dalam pengawasan dan bimbingan.

    • menurut saya ini baru mengutarakan perasaan dari orangtua anak, belum bermaksud fitnah. Lagipula yang dituntut kan bukan seluruh programnya, tetapi klaim keberhasilan dengan parameter BFR. Seperti program2 apapun, pasti ada juga yang merasa terbantu, walaupun belum tentu juga si anak terbantu karena mengikuti program tersebut… wallahu alam…

    • Selamat ya Bu…anak ibu berhasil dengan aktivitas ini. Tp saya ragu, hal yang sama terjadi pada semua anak yang ikut. Semoga keraguan saya salah. Mohon dimengerti kalau mereka yang anaknya tidak mengalamai perubahan (yang baik) apapun merasa kecewa……
      Sedangkan saya sendiri, sejak mendengar hal ini mencurugai, dan sekarang sedang mencari kebenaran……sekedar ingin tahu….

      sekali lagi selamat.

    • BACA !! yang nulis juga bilang mungkin ada segelintir yang bisa dalam tanda kutip benar2 “BISA”
      yg jadi masalah disini presentase segelintir orang itu brapa??? apa mungkin yang biasa aja (bukan bagian dari segelintir orang) dirubah menjadi bagian itu…. BACA BROSUR TINGKAT KEBERHASILAN YG DIJANJIKAN BERAPA %
      objektif ajalah, jadi kalo ada ortu yg merasa ditipu wajarlah iming2 presentase keberhasilan nya begitu besar.
      justru anda yg menuduh penulis memfitnah orang. padalah dari awal ditekankan untuk berfikir objektif.
      kalo anak ibu bisa ya brati bagian dari sedikit orang yang benar2 “BISA” ga usah ditambah dengan kalimat:

      “entah apa yang dipikirkan penulis di atas. sayang sekali kalau fitnah yang dituduhkan tersebut malah menghancurkan lembaga yang berusaha membantu perbaikan generasi bangsa.”

  10. Yang lebih penting lagi, kayaknya kita harus dapat menerima anak apa adanya, tanpa mengharapkan mereka tiba-tiba menjadi super jenius atau penerus Mozart. Maksud saya bukan berarti orangtua tidak mendukung perkembangan anak, tapi tidak terlalu terobsesi men-super-kan anaknya. Biarkan berkembang secara alami.

  11. wah cacad tuh usaha.
    mana usaha gitu buat kasih makan anak istri.
    kacau bener..

    ayo bos…… lanjutkan perjuangmu.
    ijin sebar link gan

  12. Saya bingung sama penulis ini.. Awal”nya dia bilang tidak mencari ketenaran bla” hanya menggungkap kebenaran.
    Tapi apakah sudah d research tidak ada anak yg berhsl sama sekali seperti anaknya. Jangan hanya karena anak anda tidak berhasil kemudian menudingkan hal yang belum sepenuhnya benar ke publik apalagi sampai ujung”nya uang juga.. Bagaimana dengan anak-anak lain yg memiliki potensi yg memang bisa d kembangkan.
    Bukankah inti dr aktivasi otak tengah itu si anak harus memiliki pikiran yg bahagia dan postif.. Sedangkan kita sbagai org tua kl tdk bisa memberi conth nilai” positif kpd si anak yaaa mngkn anda bs pikir sendiri bukan jawabannya.

    • Memang tidak tertutup kemungkinan bahwa ada anak yang berhasil melakukan BFR setelah aktifasi. Namun berapa persen yang bisa melakukan BFR setelah aktifasi? Apakah jika persentasi anak yang bisa BFR itu dibawah 20% masih boleh dianggap bahwa program aktifasi BFR ini berhasil?

      Jika memang tingkat keberhasilan < 20% saja sudah boleh dibilang berhasil, mungkin dunia pendidikan didunia harus diubah cara penilaiannya. Jika anak di sekolahan mendapatkan nilai rata diatas 2 dari 10 point, berarti anak itu sudah berhasil dan boleh naik kelas???

      Memang pada dasarnya masyarakat dunia ini mau mendapatkan segala sesuatu dengan cara instant. Mau kaya instant, mau pintar instant, mau lulus kuliah instant (sertifikat tembak), mau makan instant… Segala sesuatu yang instant memang enak rasanya, tapi apakah baik apa adanya? Mie instant, makanan cepat saji, etc. Hati2 kolesterol.

      Pertanyaannya, mengapa kita sebagai orang tua tidak bisa membiarkan anak2 menikmati masa kanak2 mereka? Kenapa kita harus memaksakan mereka untuk menjadi pintar secara instant? Anak2 kita berhak untuk mendapatkan masa muda mereka yang ceria yang berwarna. Bukannya setiap hari pindah dari 1 tempat les ke tempat les lainnya.

      Perlu diingatkan bahwa tidak semua orang pintar itu berhasil dalam kehidupannya. Apakah ada buktinya bahwa semakin pintar seseorang (secara akademis), semakin sukses orang tersebut dalam kehidupannya?

      Salam.

      • cara pandang seperti inilah yang menyebabkan mengapa bangsa kita selalu ketinggalan dengan bangsa lain salah satunta dari segi ilmu pengetahuan. sehingga setiap ada perubahan dalam bentuk apapun yang pertama dilihat adalah sisi negativenya. terus kapan bangsa ini akan maju???? belajarlah untuk memikirkan sesuatu dari sisi positifnya orang perorang, dan tak terbayangkan jika 250 jt penduduk indonesia setenganya saja bisa mengeluarkan ide2 positif/tanggapan membangun bisa seperti apa bangsa ini. mulailah kita berpikir generasi kita harus lebih cerdas dari yang sekarang. Tuhan menciptakan kita dengan ketidak sempurnaan tetapi Dia juga memberikan penyeimbang dari ketidak sempurnaan itu, tinggal kita akan menggunakannya atau tidak…tq

    • In… saya pernah mendapatkan laporan dari marketing GMC di Cirebon yang juga menjadi marketing pelatihan kami. Beliau adalah saksi bahwa yang bisa teraktivasi kurang dari 20%. Benar memang bisa diaktivasi. Tapi benar juga bahwa tidak semua bisa diaktivasi. Teori ini persis dengan hipnosis, hanya ada 30% orang yang bisa dihipnotis.
      Perlu anda ketahui, ada 3 cara mengaktivasi kemampuan supranatural dalam otak manusia (memang di bagian tengah, tapi tidak otak tengah, seperti hipokampus, corpus collusum, atau kelenjar pituari). Cara itu adalah: 1. atunament, 2. Meditasi, 3. Musik. Saya melihat GMC memakai no. 2 dan 3. Tapi singakt sekali. Saya percaya bisa diaktivasi. Tapi tidak semua. Karena itu sangat kasihan 80% yang tidak teraktivasi harus bayar mahal kursus GMC. Harusnya anda bisa garansi, yang tidak bisa teraktivasi sampai 2 atau 3 kali pelatihan, uangnya dikembalikan. Akibat GMC sekarang banyak lembaga yang melakukan hal yang sama, mereka mengaku bisa, padahal tidak. Saya juga mendapatkan laporan dari teman saya yang pergi ke malaysia, ternyata GMC itu tdak pernah dikenal, dan baru sekarang ini baru diperkenalkan.

    • wah repot ngomong ama orang gak ngerti tapi sok tau

  13. […] Selengkapnya bisa dibaca di post berikut: FACEBOOK – Menggugat GMC (Genius Mind Consultancy) Indonesia WORDPRESS- Menggugat GMC (Genius Mind Consultancy) Indonesia […]

  14. Eso.tv juga telah membuktikan tentang BFR.
    Awalnya eso.tv penasaran dengan kemampuan seseorang yang bisa membaca dalam keadaan blindfolded.
    Setelah membuktikan secara langsung, eso.tv KECEWA terhadap kemampuan BFR dengan cara mengintip.

    Link :

    Silakan tonton ๐Ÿ™‚

  15. sy blm prnh meliat scr lgs pelatihan otak tengah ini.. awalnya sy berpkr dlm pelatian mereka melakukan prekondisi sprti merilekskan si anak dan msk ke dlm alam otak tengah itu sndiri.. tp kl metodenya pelatiannya hny sprt yg dikatakan tmn2 di atas, itu namanya sugesti.. sm dgn trik-trik yg digunakan penjualan produk rumah tangga yg dl prnh sy saksikan lgs.. kl mmg ini yg terjd, mgkn kita hrs betul2 meminta pnjelasan ttg pelatian sperti ini sblm mempercayai mentah2..

  16. saya telah mengikutsertakan 2 orang anak saya dalam aktivasi otak tengah GMC, dan hasilnya anak saya benar-benar dapat melihat dengan mata ditutupi kain. untuk antisipasi mengintip, saya suruh pejam mata, kemudian mata ditutup tisu yang dilipat, kemudian ditutup dengan kain (blindfold),,,alhamdulillah, dengan cara itupun kedua anak saya berhasil membaca kartu dengan benar,,,

  17. Hahaha ini mau jatuhin gmc ya? Kalo emg beneran kenapa ga tulis nama aja sekalian? Buktinya adik sepupu saya baik2 aja.. Sudah saya coba tutup matanya pake segala macem beneran bisa kok.. Hmm coba ajarkan anaknya jujur dan berusaha mau belajar pasti bisa deh ๐Ÿ˜‰

    • Sepertinya Anda yang tertipu ๐Ÿ˜‰
      Tidak ada teori mana pun yang menjabarkan orang bisa membaca tanpa melihat. Klo mmg benar, seluruh tuna netra akan sangat bahagia krn tidak perlu lagi huruf Braille.

      Coba Anda simak pembuktian ilmiah stasiun TV ini:

      • Saya memang pernah ditawarin program GMC ini, menarik memang saat marketing menawarkan ke saya, tp krn biaya yg sangat mahal menurut saya, maka saya lebih memilih memasukkan anak2 saya ke program pelatihan konsentrasi yg lain yg lebih terjangkau oleh saya dan alhamdulilah meski anak saya tidak bisa menebak dan naik sepeda dengan mata tertutup dalam waktu singkat tapi disekolah dia gak pernah lepas dari peringkat 1 dan 2 di sekolah SBI (skul Bertaraf Internasional).
        Jadi untuk orang tua, yakinlah pada diri sendiri bahwa anak kita pasti mampu, dan tiap anak memang berbeda2 minat dan bakatnya. Saya juga terus belajar utk bisa menerima perbedaan tingkat konsentrasi pada anak2 saya, Guru itu sudah berusaha membantu, tetapi jika kita orangtua tidak mengulang kembali apa ilmu yg sudah dia dpt maka anak kita pun tidak akan menunjukkan perubahan.
        Anak memang selalu ingin mencoba sesuatu yg unik tetapi kita orang tuanya lah yg hrs bisa memberikan pengertian pd mereka, ttp bila memang kondisi ekonomi mampu, kenapa tidak memberikan yg terbaik buat anak. Tetapi jika ternyata anak kita berbeda dg anak yg lain jgn salahkan metodenya tapi cobalah melihat diri kita sendiri sebagai orang tua.Terutama utk ortu yg punya anak lebih dari 1,tanpa sadar kita selalu terucap kata ” kakak begini….adik kok gak bisa begini” ( membandingkan) Inilah yg memicu anak ingin bersaing mendapatkan kasih sayang orang tuanya dengan cara uji coba, dan kita sebagai orang tua tdk sadar bahwa kita sudah dijadikan bahan praktikum pembentukan karakter anak2 kita.
        Saya juga belajar, mari kita orangtua sama2 belajar, kadang saya kasihan melihat anak2 sekarang yg tampak lelah mengikuti nafsu orang tuanya utk menjadi jenius, krn jika tdk jadi jenius mereka tdk akan jd org yg berhasil “BENARKAH……?”. Apabila ada program pelatihan menjadi orangtua yg bisa menerima anak2nya apa adanya tanpa harus ada pukulan, cubitan, ataupun kekerasan yg lain ttp dg biaya yg bisa dijangkau oleh semua kalangan mulai dr kalangan bawah hingga atas, sy sangat bersyukur sekali. Dan saya pasti akan mendaftar yg pertama kali. Jadi tidak berorientasi uang melulu.

    • ini pasti trainernya ya….. hehehe….. mbelain ampe mati2an…

  18. Dari bbrp ahli kerja otak termsk yg sy sering dengar di radio SmartFM, otak utk berpikir hanya dibagi 2 yaitu otak kanan dan kiri, tdk pernah disebut otak tengah.
    Kemungkinan yg disebut otak tengah adlh kemampuan supernatural yg dimiliki para the master. Atau yg punya kemampuan hipnotis. Jd bbrp org yg sensitip mampu melakukannya spt yg ada di Romy Rafael show. Kalau ini benar2 bisa dipelajari dan dilatih utk para tuna netra, itu adalh amal yg luar biasa. Coba jadikan percobaan tuna netra sbg promosi yg real. Kalo ini melibatkan hal2 supernatural power sebaiknya dihindari utk anak2 kita tercinta.

    • kebetulan di kota saya jg ada GMC, nah pas sesi orang tua pada waktu testimoni akhir terbuka untuk umum dan sy ikut jd saya menyaksikan sendiri keberhasilan GMC menangani seorang anak yg tuna netra. Saya belum mengikut sertakan anak saya ketika itu krn ragu2 sama spt org kebanyakan. tetapi ketika anak salah teman saya ikut dan kebetulan dia tuna netra sejak berusia 5 tahun karena kecelakaan (skrg 12 tahun) memang benar2 berhasil dia bahkan bisa menemukan ibunya yg ketika itu berpindah tempat duduk. Nah dari hal semacam ini perlu dipertanyakan lg apakah masih ada unsur rekayasa atau mengintip ato apalah spt yg dikatakan penulis. Sekali lg qt sbg orang yg berpendidikan seharusnya WISE dlm menyikapi hal ini, memang tipologi masyarakat indonesia adl masy, yg melankolis yg seolah cenderung membela kaum yg lemah meskipun SALAh. Harus kita Sadari itu. Mayarakat qt gampang tersulut dg sgl aksi propaganda, so menurut sy kasih lah ruang tuk GMC membuktikan segala programnya apalagi kl tujuannya tuk mencerdaskan anak bangsa. Harus qt akui pendidikan di Indonesia saat inimemang hanya mengandalkan kemampuan otak kiri semata shg sgl hal harus berhubungan dg logika, namun pada kenyataannya dalam dalam byk hal qt jg membutuhkan kemampuan intuisi, prediksi dan feeling yg akan men Lead qt terhadap sebuah pengambilan keputusan Utamanya dalam hal bisnis). Dan ini sama sekali tdk ada hubugnnya dg logika! Satu hal prinsip yang ingin saya tanyakan pada semua penulis yg menuntut penjelasan ilmiah tentang manfaat aktifasi Otak Tengah, Apakah dalam Kehidupan Keagamaan Anda jg menggunakan LOGIKA????????!!!!!!!!.
      Tentu saja dan pasti jawabannya adalah T I D AK !
      Nah disini sy melihat korelasi antara permaslahan yg anda semua hadapi bahwa: ” dalam segaala hal anda selalu menghitung UNTUNG / RUGI atas segala usaha anda termasuk dalam hal mencerdaskan Anak anda.
      Dan Bagi setiap ORANG TUA yg merasa kecewa dg segala harapan yg tak terwujud untuk segera instropeksi diri , Apakah memang benar anda telah benar2 telah ikut andil dlm menyuport, membimbing, membantu dan mengarahkan anak anda sesuai dg apa yg menjadi tugas anda atokah anda hanya sekedar penyuka sajian INSTAN? yg membebankan dan melimpahkan kesalahan kepada. pihak lain?
      Bahkan sekolah sehabat apapun tidak akan dapat memberikan jaminan terhdap kesuksesan setiap siswanya. Yang mereka lakukan, kita lakukan dan saya yakin GMC lakukanpun hanyalah SUATU USAHA.
      Seperti halnya Sang Motivator yg selalu berbicara bahwa PIKIRAN POSITIF AKAN MELAHIRKAN HAL YANG POSITIF JUGA.
      APAKAH ANDA TELAH BERPIKIRAN POSITIF PADA ANAK ANDA??????????????????????????????????

      • Saya adalah seorang dokter dan sudah lama saya mencari bukti ilmiah tentang pengaktifan otah tengah tetapi belum ada.Seandainya ada bukti ilmiah atau evidence based pasti saya bisa percaya.Namun sba org tua saya tdk menuntut anak-anak saya menjadi secerdas Einstein secara instan.

      • mudah cepat sembuh dan anda bisa melihat dengan lebih jelas …

  19. Maju terus GMC…
    Cerdas bangsaku, Maju Negeriku…….

  20. kenapa BFR yang jadi masalah sih coba dong anda baca bukunya MAKOTO SHICHIDA Ed. D (

  21. kenapa BFR yang jadi masalah sih coba dong anda baca bukunya MAKOTO SHICHIDA Ed. D (the mystery ofthe right brain) coba terapkan pada kedua anak anda yang katanya sudah diaktivasi, kalau masih tetap gagal berarti anda sebagai orangtua yang tidak berhasil memotivasi anak anda.
    karena hanya anak-anak yang sudah diaktivasi yang bisa menerapkan apa yang ada dalam buku tersebut.

  22. yang yakin anaknya bisa BFR, ada yang menawarkan 13.5 jt… tertarik? cek : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4804278
    buktikan anda tidak ngomong doang…

  23. Ngintip semua. Hadapilah kenyataan. Anda dibohongi anak anda.

  24. bagi yg pro..!! jgn asal testimoni aja deh,
    1. BUKTIKAN DG “V.I.D.E.O.”….!!!!!!!!!
    yg valid tentunya, penutup mata ikuti sesuai aturan yg fair(bkn aturan GMC tentunya).
    2. terima tuh tantangan 13,5jt d kaskus

  25. Hahahahaha,….
    Ada tantangan 13.5 juta ya ๐Ÿ˜€
    Ayo,… yang kerabatnya bisa BFR, silakan ikuti tantangan tersebut,…
    Lumayan lho 13.5 juta ๐Ÿ™‚
    Kami ingin lihat bukti, bukan hanya cerita2 tanpa bukti (baca: bullshit) ๐Ÿ™‚

  26. MAKOTO SHICHIDA spesialis otak kanan…RIGHT BRAIN…
    apa ada referensi dari beliau yg menunjukkan aktivasi otak tengah????saya cari di internet kok gak ada ya…yg berbahasa selain indonesia tentunya…klo bahasa indonesia sih buatan GMC

    • ane udah coba search juga belum nemu-nemu gan. barang itu kabarnya jualan dari tetangga gan. kalo jurnal ilmiah science direct dll kayaknya belum memuat mengenai BFR/AOT. Tapi karakter bangsa kita emang cocok untuk jualan produk kayak gitu, fenomena AOT itu beda tipis dengan fenomena PONARI ๐Ÿ™‚
      lanjutkan risetnya gan.

  27. indonesia memang lahan potensial
    untuk produk beracun termasuk produk pendidikan,
    anda ingin kaya cepat tampa resiko datanglah ke indonesia

  28. aku dapat tawaran dr salah 1 lembaga aktivasi otak tengah untuk kerja sama sbg cabang di daerah.jadi bingung nee…..ambil peluang ini apa ga ya??

  29. telah meninggal dgn tenang pemilik GMC saya harap teman2 mengampuni dosa beliau yg memang tidak sedikit

  30. GMC CACAT..
    WASPADA anak anda..
    jgn sampe KETIPU..
    gw org awam
    yg tanpa ikut pelatihan GMC aja bisa BFR (bisa ngintip maksudnya)
    hhahaha

    ikuti aja sesuai kata penulis
    ikat di atas hidung
    mau pake selendang,handuk,klo perlu selimut yg super duper tebal sana,,
    lo ikat sampe ikat mati pun masi ngintip

    trus lo bandingin
    sama di ikat di bawah hidung
    NIHIL COI..

    GMC sudah TERBUKTI CACAT..
    harap pemerintah terutama Komisi Perlindungan Anak bertindak cepat..

    Kasihan Anak indonesia
    sudah kecil di ajari MENIPU

    • Ni Pasti gara2 GMC kemahalan Nih makanya byk yg comen
      ky gini
      Coba Digratisi Pasti deH Muji SeTinggi Langit kesepuluh ( kl aDa)
      HE HE He
      Maklum masy marginal
      Bisanya Protes
      Kl ngiri ciptain donk Program yg lebih BaGusan trus B’saing sEhat gt!
      Baru tuh namanya Anak Bangsa
      MEDEKA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Kamu aja yang bodoh dan kuper,,,otak dibagi atas 3 yaitu otak kanan, otak kiri dan otak tengah, jika otak tengah aktif maka antara otak kiri dan kanan seimbang. jadi kesimpulannya anak kamu pandai seumur hidup dan kamu tolol dan bodoh seumur hidup karena percaya dengan fitnahan penulis yang asal2 ngomong dan pengetahuannya asal2n dan cetek pikirannya. oke friend..pikirkan sendiri karena km punya otak untuk berpikir mana yang benar dan mana yang bodoh kayak sipenulis itu.

      • hahaha….kayanya anda nggak faham anatomi boss ???
        atau jangan2 anda nggak punya otak ?
        udah jelas nipu, kalo mau saya tantang anda buat membuktikan
        saya rela keluar uang 10 jt cash dari saku saya jika bisa membuktikan
        silahkan hubungi saya di 081624202445
        FYI
        saya adalah tenaga medis yang sedang ambil spesialis neuro (termasuk otak)

  31. INGIN PINTAR DENGAN CARA-CARA YANG BODOH !!! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Ckckckckckckckkkkk……

    Ampunnnnn DJ !!!!!!

    Kayaknya gak pernah ada deh Alumni GMC yang berprestasi luar biasa !!!!

  32. HAHAHA….Setuju sama penulis…

    saya sudah melihat berbagai video ttg penipuan tersebut…

    mantap…penipuan masal…

    ๐Ÿ˜€

  33. yg ngemeng anknya bisa BFR, sene buktiin d tantangan 13,5jt kaskus..

    ato skalian ikut tantangan JREF senilai 1jt USD di amrik sana..

    jgn kyk kontingen MP yg bkin malu indonesia d tantangan JREF..

    • Sini deh gua buktiin anak gua bisa BFR tanpa penutup mata cukup dibalik aja kertasnya. Sini tuh para ilmuwan datang ja kesini kl mang perlu, ngapain gua yg susah susah ngebuktiin. Yang perlu aja kesini liat sendiri! OK!

      • Nah tuh dah ada yang berani, datengin donk buat yg punya kepentingan jgn rame di dunia maya aja!
        Bawa tuh sekalian uang yg ditawarin! 13 jt
        Duit dari Hongkong Om!
        kalo gak punya uang gak usah nantang deh!
        masa py orang yng ditawar2in

      • apa bagusnya pak bisa baca tulisan kertasnya di balik. kalo ulangan artinya nyontek donk…. yang bagus tuh kalo anak anda dapat mngerjakan ulangan dg rasionalisasi dr pikiran anak anda.

      • @darni: Sombong sekali, anda orang tua ? tapi lihat saja sikap dan kata2 anda seperti itu, saya tidak mau mengkomentari anak anda krn sebenarnya setiap anak itu memang pintar, tapi dengan sikap sombong anda itu akan juga ditiru oleh anak. Jadi tolong anda mulailah berubah sehingga anak anda yg pintar itu benar2 kepintarannya akan digunakan utk kebaikan baik utuk diri, orang tua dan lingkungannya. Agar anak2 kita menjadi generasi yg lebih baik drpd generasi skrg yg mungkin krn lingkungan menuntut mereka selalu berorientasi pada uang, kekuasaan dan kesombongan maka terciptalah koruptor yg menghalalkan banyak cara. Jadilah orangtua yg selalu rendah hati baik dalam sikap dan ucapan meskipun anaknya jadi seorang Einstain sekalipun. Maaf semoga anda tidak tersinggung dengan ucapan saya,

  34. untuk semua yang memberikan testimoni bahwa anaknya benar2 bisa/berhasil dengan proyek blindfold GMC, kami tantang dengan hadiah 13,5 juta rupiah…
    selngkapnya baca di : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4804278
    kalau anda berhasil, jangan sampe situ aja, pake tuh duit buat modal tantangan 1 juta dollar US dari JREF…
    silahkan… yang ga brani ama tantangan ini di cap HHHOOOOOAAAAAXXXXX…

  35. wakakakakaaakk..

    liat de, sejak pada postingin komen tantangan 13,5juta di kaskus, yg pada pro GMC ga ada yg berani ngomong lagi loh..

    hebaaaaatt..

    makasih ya, jadi sangat yakin sekarang untuk Say No To GMC!

  36. Tulisan yg sangat informatif sekaligus menggugah. Terima kasih atas penjelasannya, sy yg orang awam bisa jadi faham. Sy sangat membenci sifat pembohong, kebetulan ada kerabat yg mengajari anaknya berbohong sejak kecil. Hingga skr menjadi dewasa akhirnya si anak sudah terbiasa berbohong untuk menutupi hal apapun. Sungguh memprihatinkan. Apalagi kalau sampai “berbohong” menjadi sesuatu yg diajarkan di sebuah lembaga begini. Mau jadi apa anak2 Indonesia ini nantinya!

  37. sejak kapan sih genius identik dengan BFR? semua orang yang terbukti memiliki nilai skor tinggi dalam inteligensinya di dunia ini semua membaca dengan cara biasa,….apakah bisa BFR identik dengan kesuksesan dan kebahagiaan,….? apakah semua orang sukses di dunia ini orang yang bisa BFR? ,…apakah orang yang bahagia dalam hidupnya adalah orang yang bisa BFR? ….para orang tua,..anak anda bukan komputer yang bisa diinstall ini dan itu,.dia lebih hebat dari itu,…woiii sadar woiii …bangun2,….

  38. Saya berada di posisi yang netral, karena saya tidak mengambil license GMC. Namun saya sempat melihat proses dari awal sampai akhir. Mereka benar bisa membaca dengan mata ditutup. Itu tidak bohong. Kalau toh ada yang bohong, ini masalah pribadi anak yang memang terkondisikan adanya “tuntutan” bahwa setelah mengikuti GMC maka anak dpt membaca dg mata tertutup.Padahal kondisi setiap anak berbeda. Tuntutan tsb mendorong anak agar dihargai sbg anak yang pintar dan tidak mengecewakan orangtua, maka sangat mungkin anak tsb berbohong. Saya pernah menguji pada murid-murid saya, yang kain penutupnya sudah saya uji kerapatannya ternyata ada yang bisa dan ada yang tidak. Tergantung dari kondisi anak saat itu dan kepekaan. Menurut saya, ngapain kita sibuk memikirkan metode tsb, toh anak-anak tsb tidak mampu menjadi pintar setelah mengikuti training tersebut tanpa belajar dengan metode yang benar. Saya justru mendukung agar diterapkan pada para tunanetra untuk membantu mereka melihat dunia yang indah ini. Kalau pada anak-anak normal, saya pikir bukan menjadi suatu tujuan untuk mengikuti GMC.
    Selama sessi berlangsung, anak-anak dmemang diajarkan untuk berlaku sayang pada orangtua, percaya diri, bisa melakukan sesuatu, dsb. Saya pikir hal tsb bukan sesuatu yang salah. Selaku guru, saya juga akan mengajarkan demikian pada murid-murid saya. Mungkin masalahnya biaya yang terlalu tingi untuk mengikutinya, sehingga terasa sekali jika manfaat tidak diperoleh. Karena itu, saya kembalikan pada masyarakat.. Jika ingin membeli sesuatu, cermatilah… jangan mudah mencari sesuatu yang instant yang masih berupa janji-janji. Kalau anda ingin mengetahui ada apa di GMC saya menulis buku “MIsteri AKtivasi Otak Tengah” yang pernah saya ikuti dan teliti. Itulah yang saya paparkan.

    • Saya setuju dengan Bu Yuli tentang beberapa hal, ponakan saya ada yang sdh pernah ikut metode seperti GMC namanya BCL (Brain Child Learning) waktu itu ikut sekitar bulan Juli di Park Hotel di Cawang, dan hasilnya sangat memuaskan. Sampai saat ini prestasi disekolahnya jauh meningkat kok… dan dia jauh lebih perhatian kepada orang2 disekitarnya.
      Bukan hanya kemampuan melihat/mendeteksi dengan mata tertutup saja, secara emosi jauh berubah. Saya rasa Metode yang dipakai BCL atau GMC atau lainnya sangat baik!!!
      Jadi mohon kita orang tua pelajari dulu dan lihat manfaatnya bagi anak2 kita. Jangan terpancing atau keburu nafsu kasih pendapat yang belum tentu benar,
      Dan saya pribadi sangat yakin kalau potensi OTAK kita manusia SANGAT LUAR BIASA, karena saya melihat dengan mata kepala sendiri training yg diberikan di BCL, dengan kondisi mata tertutup anak2 bisa main komputer, main Rubik, Membaca dll, Pada waktu itu saya kira mereka ngintip, lalu saya betulkan posisi kain penutupnya shg sy yakin mrk tdk bisa ngintip, ternyata mereka tetap bisa melakukannya..!!!
      Kalau saya analisa GMC terlalu berlebihan dalam ber iklan… Itu saja!!! Yang membodohi masyarakat itu cara GMC beriklan tapi bukan Metodenya!!! Mengenai Istilah: “Otak Tengah”…. Istilah “Genius dalam 2 hari”… Itu yang harus dikoreksi GMC, karena 2 hari itu memang membuat anak jadi Luar Biasa, anak punya kemampuan lebih yg membanggakan, tapi belum dapat dikatakan Genius.
      Dan saya pernah lihat acara TV (lupa TV apa) menurut dokter Arman ahli syaraf Indonesia, tidak ada yang namanya Otak Tengah, dan beliau (dr Arman) juga kasih himbauan utk segolongan orang yang menggunakan istilah “Aktivasi Otak Tengah” utk lebih hati2 menggunakan istilah tsb. Jadi tolong hargailah para ahli kita yg sdh pasti ilmunya tentang OTAK jauh lebih tinggi dibandingkan kita semua…
      Wassalam…

      • Setuju dengan pak Alif. Cara GMC berpromosi itu yang tampaknya menimbulkan antipati di masyarakat. Dan kenyataannya memang aktivasi otak tidak membuat anak menjadi jenius dalam 2 hari. Juga koreksi dari dokter Arman mengenai otak tengah harusnya diperhatikan oleh GMC, bahwa mesencephalon tidak berfungsi untuk penyeimbang otak kanan dan kiri. Jadi berpromosilah yang sesuai dengan asas kepatutan, jangan memberikan informasi yang keliru. Karena promosi yang berlebihan ini, akhirnya GMC menuai akibatnya. Padahal sebenarnya hasil positif aktivasi otak untuk anak memang ada, saya sudah mengalaminya di anak-anak saya. Tetapi sikap antipati berlebihan yang ditunjukkan oleh sebagian masyarakat ini juga ibarat tuduhan yang dipaksakan. Karena kalau ada orangtua yang mengatakan anaknya mendapatkan perkembangan yang positif, dikatakan para orangtua ini kena dampak psikologis akibat sudah bayar mahal jadi harus membela diri bahwa aktivasi memang berguna supaya ybs tidak menyesal. Jadi ya susah. Ibaratnya para penentang ini “mengharuskan” orangtua untuk mengakui bahwa aktivasi tsb adalah tipuan. Kalau ada yang bersaksi sebaliknya, dituduh secara psikologis tertekan. Ini namanya sudah tidak fair lagi saya kira.

    • Saya setuju dgn pendapat ibu Yulianti bahwa semua hasil yg didapat dr pelatihan perlu di asah terus setelah pelatihan. jangan mengharapkan hasil seketika pd anak keesokan harinya setelah pelatihan, krn kemampuan anak berbeda-beda dalam menyerap hasil pelatihan. Danโ€ฆ. sebenarnya yg menginginkan anak itu dapat melihat dengan mata tertutup itu anaknya sendiri atau keinginan orang tuanya yg berharap punya anak yg unik dan mempunyai keahlian berbeda dr anak yg lain???

      Tapi, perlu dikoreksi juga perihal iklan dan promosi pada pelatihan-pelatihan aktivasi otak kanan yg sedang marak ini, bahwa janganlah mengiming-imingi dengan menonjolkan kemampuan melihat & mengetahui segalanya dengan mata tertutup. Ini akan menyesatkan program itu sendiri dan mengaburkan inti dari program tersebut yaitu membuat anak menjadi lebih cerdas, konsen dan berbudi pekerti yang lebih baik dr sebelumnya.

      Masalah dapat melihat dengan mata tertutup itu hanyalah bagian kecil keberhasilan yg dicapai dan yg utamanya adalah kecerdasan yg lebih meningkat.

      Terima kasih

  39. MAKOTO SHICHIDA spesialis OTAK KANAN/RIGHT BRAINโ€ฆbukan otak tengah. Jd beda, jgn disamakan. Utk Shichida education itu long term, bukan instan kayak GMC. duh kok ya kecil2 udah dihipnotis2, ga pada takut apa yah orang tuanya

  40. orang2 di atas yg komen garelo kabeh,,,ngapain jg gmc di perdebatkan,,,byk juga yg ikut gmc sukses,baca dong di http://www.gmcindo.com,,,yg gatau gmc ga usah ikut2an ngejudge lah,,,cek ricek dl kebenarannya,,,gmc di malaysia sukses tuh bhkn di jd kan kurikulum sekolah,,,klo yg ga suka sm gmc,,yowis silent is golden aja ga usah jelek2in produk org lah,,,kl ga pny uang buat masukkin anak2nya ke gmc,,yowis ga usah sotoyyyy,,,ocehhhh

  41. dasar manusia,,,senengnya ngejudge keburukan org,,syirik tanda tak mampu,,,emang anak om aj penipu ,,jng2 bapanya penipu jg kalee hahaaa

  42. Saya mendukung para orang tua yg merasa dirugikan oleh pihak GMC untuk memperkarakan kasus penipuan ini ke pengadilan.

    Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi pihak2 yg mencoba melakukan hal serupa-menipu.

  43. Memank benar faktanya bahwa org INDONESIA kalo sudah dipelopori hal-hal NEGATIF pasti BANYAK yang ikut2an…. tapi untuk yg POSITIF sangat SEDIKIT (bukan tidak ada). Yang melihat anak jadi ga bisa atau berkata Bohong tidak perlu disangkut pautkan dgn aktivasi yg hanya berlangsung 2 hari saja.Tapi lihat juga bagaimana peran orangtua dalam kehidupan sehari2 yang mendidik anaknya.Karena peran orangtua justru yang BERPERAN BESAR dalam lingkungan sang anak.
    Kenalan teman yg memank mengikuti salah satu aktivasi otak tengah ini justru sekarang sudah semakin pandai.Dan pernah suatu kali ibunya kehilangan cincin pernikahannya.Dan anaknya yg otak tengahnya sudah aktif dapat menemukan cincin yang hilang itu.Padahal cincin itu terselip-selip.Ini fakta bukan Hoax ataupun cerita asal koq?bisa saya temuin ke anaknya kalau mau. Ini juga MANFAAT yg bisa diambil jika memang orangtua yg MENDIDIK itu benar selalu berusaha lagi dan lagi.
    Intinya Niat POSITIF Usaha POSITIF akan mengHASILKAN hasil yang POSITIF dijalankan dengan POSITIF Feeling…. ๐Ÿ™‚

    • Oiya kalo mau membuktikkan anaknya bohong atau jujur, sekarang ada aktivasi yang untuk dewasa dari umur 17-40 tahun. (Syarat jantung yang sehat).Karena kita akan outbond dahulu untuk mendapatkan keadaan yang Alfa sebelum menjadi Tetha dan Delta.
      Harga promosi Rp 5.000.000,-.
      Jangan berkata saja tapi buktikkan sendiri. Thx

  44. Miss G.
    Dengan 5 jt apa masih diajarkan BFR dan dijamin jenius …. ???
    No offense, karena saya udah nggak percaya BFR dan jadi jenius ngalahin steven hawking …

  45. gini aja dey,..kalo kursus model begini hebat banget,..apakah para instructornya dan perintisnya adalah orang2 yang berhasil dalam hidupnya,..paling gak punya masalah dalam hidupnya,…orang yang paling optimis dalam hidupnya…orang yang paling baik dengan orang tua nya,…sodaranya,. keluarganya,…,lingkungannya…orang2 yang punya bisnis sukses,….bukan dari bisnis gmc,..apakah anda menghasilkan sesuatu yang setara dengan yang dihasilkan oleh albert einstein,..the truly genius,..ato orang sehebat para penemu,…apakah anda ilmuwan…pencipta karya yang mengangkat hajat hidup umat manusia,…atau akhirnya jadi seperti deddy cobuzier,…romy rafael ….

    ARE YOU REALLY WALK THE TALK? jadi apakah jenius identik dengan mampu menemukan barang yang hilang…membaca tanpa melihat,…positif feeling ditularkan oleh orang tua yang memperlakukan anaknya secara positif,..bukan sekedar memasukkan ke GMC,…jangan dibalik2,…karakter yang baik,..kepercayaan diri,..is a lifetime project,..not 2 days project,…

  46. Setiap pendapat pasti ada yg pro & kontranya. Ada yg setuju & tdk setuju. Itu sdh lumrah. Yang pasti menurut sy, tulisan ini membuat kita, para ortu semakin kritis. Pelajari terlebih dahulu apapun itu dg seksama sebelum memutuskan, apalagi jika itu menyangkut anak2 kita.

  47. ya saya memang tidak pernah mencoba GMC tapi saya ditawari untuk anak saya, untungnya saya udah merasa ini ndak mungkin dan bahkan negatif kesannya dan memang ternyata dah terbukti he he he…..

    • sayang sekali pak hendro kalau memang pak hendro ada dana lebih untuk mengikutsertakan anak Bapak di GMC, karena hasilnya luar biasa, saya mempunyai 4 orang anak dan semuanya sudah ikut kelas GMC. Tolong bisa lihat preview GMC 19 September 2010 di Pusdiklat Mahkamah Konstirusi RI, Jl. Kartini Raya Bekasi Timur jam 11.30wib (apabila Bapak tinggal di daerah dekat dgn Bekasi) , bisa saya bantu penjelasannya dan saya bersedia ditemui

  48. Kponakan sy ada 2 yg ikut, pendapat pro dan kontra ada benarnya juga
    Kl di kponakan, 1 ikut di jawa dan 1 di kalimantan, hasilnya menag beda2
    Dan ada teknik nya yg beda, seperti wkt dengar musik, di tempat 1, bilang ngak noleh sampe tidur
    Pas mau ketiduran dibangun-n, di tempat ke 2 katanya kalau pas musik, bisa tidur malah bagus.
    Jadi bingung deh, stelah ikut itu tetap hrs dilatih
    Menurut sy, jika mau coba boleh, tapi anak jangan dipaksa harus langsung bisa, krn
    Tiap anak2 beda, begitu juga umurnya.
    Kl ngak coba juga lebih baik, biar alami, buktinya kita2 juga ok khan ๐Ÿ™‚
    Biarkan mengalir seperti air.
    Oiya, kesaksian nya harus lebih lengkap : umur anak misalnya.
    Katanya kalau masih kecil malah lebih baik.
    Ini lg bingung, kponakan ada 1 yg down syndrom, bae nya ikut atau jangan ya ?
    Thank u !

  49. I just wanna LAUGH with all anwers after me….
    Percuma lah saya jabarkan yg baik2 toh kalo udah negatif di pikiran anda2 pasti sePOSITIF apapun saya bicara pasti bakal dicari celah yang Bukan Negatif menjadi negatif.
    Orang Indonesia itu ga butuh TEORI tapi butuh BUKTI untuk memperlihatkan itu BAIK atau BURUK.Kalau cuma 1,2,3,4 orang bicara NEGATIF yah ikut semuanya toh???
    BUKTIKKAN aja sendiri.Nanti bisa diliat sendiri koq?
    Dilihat masa jangka panjangnya aja.Jangan liat yang baru2 karena gagal.Tapi lihat kedepannya gimana.
    Aktivasi Otak Tengah saya memang bukan GMC.Karena tempat saya sudah mempunyai HAK MEREK dan HAK CIPTA dan sudah terdaftar dalam HAKI.Yang jika dituntut ataupu terjadi apapun kami sudah punya ‘Back-Up-an’.
    Tinggal Tunggu waktu saja.Toh kalau ini Booming dan menyatakan BENAR,pasti berbondong-bondong masyarakat Indonesia akan ikut. Itulah Sifat Orang Indonesia.
    SEMANGAT INDONESIA untuk Mempunyai GENERASI seterusnya yang benar-benar CERDAS. ๐Ÿ™‚

  50. Simpel aja si benernya. Bagi yg claim bahwa anaknya bener2 bisa BFR, PLEASE PROVE IT by video. Yang sukses juga jangan hanya 1 org tapi harus beberapa anak utk membuktikan bahwa program GMC bener2 berguna. Kalo emang bagus saya pasti masukin anak saya, walau biaya ga murah. Money is not the problem. Tapi tolong bagi yg pro Gmc,BUKTINYA MANA???

    • gampang pakkkk….dateng aja langsung liat sessi pelatihannya, dipastikan GRATIS kalo cuma mau liat doang dan mempelajarinya…. simpel kan, ngapain suruh2 org membuktikan, buktikan saja sendiri.

  51. orang memandang dari sisi negatif silakn. yg jelas saya dan anak saya telah mendapatkan manfaat positif dari hasil mengikutkan anak saya di GMC sekitar 3 bulan yang lalu.

    anak saya farid, sebelum ikut gmc sangat susah berkonsentrasi untuk belajar. pikirannya sangat mudah teralihkan. saya sering dipanggil wali kelasnya akibat karakter anak saya yang suka buat gaduh di kelas.

    melihat salah satu brosur gmc, sy tertarik utk mengikutkan anak saya, harapan saya tidak muluk2, saya berpikir utk masa depan anak saya krn sy pribadi sudah menyerah krn karakter anak saya cenderung hiperaktif.

    awalnya juga sempat ragu, biayanya cukup mahal, cuma 2 hari. namun saya akhirnya tetap ikutkan anak saya.

    menebak kartu dengan mata tertutup bukan tujuan sy masukin anak saya ke gmc, setelah mengikuti gmcpun anak saya tidak begitu pandai menebak kartu dgn mata tertutup. sy sendiri sempat ketar-ketir apakah anak saya gagal? setelah 2 hari memang tampak ada sedikit perubahan. namun belum terlalu signifikan. saya ingat untuk terus melatihnya pasca mengikuti pelatihan.

    alhamdulillah setelah sekitar 2-3 minggu dgn ketekunan melatihnya selama stgh jam setiap hari anak saya mulai menunjukkan perubahan, dia jadi lebih fokus, hiperaktifnya mulai berkurang drastis. begitupun wali kelasnya mulai memperhatikan ada perbedaan dgn anak saya dibanding sebelumnya. dia jauh lebih tenang dan dapat mengikuti pelajaran dengan baik. nilai2nya mengalami cukup banyak kemajuan dan yang terpenting frekuesi dia menjahili teman2nya berkurang drastis.

    bagi saya memang tidak secepat 2 hari anak langsung bisa genius, namun saya pikir gmc hanyalah membuka jalan untuk membuat anak menuju ke arah positif. ketika jalan terbuka, orangtua akan lebih mudah mengarahkan.

    saya tidak tahu metode apa yang diajarkan gmc, yg saya tahu kalau gmc menstimulasi bagian2 otak anak. apakah sama dengan neurofeedback yg dilakukan oleh ahli saraf sy pun tdk tahu.

    saya sangat menyayangkan kalau ada pihak2 yg mendiskreditkan gmc, krn saya sendiri sudah merasakan sisi positifnya terhadap anak saya.

    sekiranya kesaksian saya ini dapat menjadi masukan yang seimbang antara komentar negatif dan positif terhadap gmc. hidup itu memilih, mengenai mau atau tidak mengikutkan anaknya ke gmc berpulang pada orangtua masing2. tak ada paksaan dari pihak manapun.

  52. Saya termasuk korban GMC. 2 anak saya ikut GMC tapi tak ada hasil sama skali. Pertama tama anakku yg ke 2 bisa baca, jalan,mewarna,tebak kartu+warna. saya senang waktu itu, sebelum ada yg bilang ngintip lewat sela mata. Trus anaknya saya tanya pertama sich tidak mengaku tapi akhirnya mengaku juga. Setelah saya tanya GMC , GMC malah menyalahkan saya sbg ortunya.seandainya keluarga saya tidak seperti yg dia minta tapi saya sudah berusaha karena mengingat biaya yg sudah saya keluarkan.ok anggap saja saya bermasalah pada ortunya,tapi kenapa 8 saudara saya yg ikut juga tak ada satupun yg berhasil. 8 orang akhirnya mengaku mengintip dan yang 2 memang tidak bisa karena tidak mau mengintip.padahal keluarganya harmonis dan penuh kasih sayang.kedua anakku juga ikut penguatan lho. Hasilnya nilai anakku turun drastis dari minim 9 jadi 6 plus brani dengan gurunya,padahal sebelumnya tidAk pernah berani.yang salah anakku atau apanya yaa?

    • melihat banyaknya komentar terhadap ketidak percayaan akan kemampuan manusia untuk BFR, karena orang2 tsb hanya menonjolkan sisi logika saja. kalau kita cermati bahwa manusia dibekali tuhan dengan otak dan hatinurani yg bila mana dilatih dan diasah akan mempunyai kekuatan yg luar biasa. jadi BFR yg dilakukan oleh alumni GMC tidak mustahil untuk dilakukan, semua serba memungkinkan. karena panca indera manusia mempunyai hubungan yg erat dg otak. MELIHAT, memang menggunakan mata. tetapi sebenarnya mata hanya berfungsi untuk menangkap getaran cahaya saja. seperti kamera. bayangan yg ditangkap oleh mata lantas diteruskan leat jaringan saraf menuju ke otak. otak itulah yg kemudian memahami bayangan yg tertangkap oleh kamera mata. itulah yg disebut melihat.
      Jadi “melihat” itu sebenarnya bukan di mata, melainkan di otak. seandainya matanya sempurna tetapi syaraf yg menuju otak bermasalah, maka penglihatannya pun bakal bermasalah. Apalagi jika pusat penglihatan di otaknya yg bermasalah, maka ia pun tidak akan bs melihat. bukan karena matanya yg buta, melainkan otaknya yg buta. demikian pula dengan pancaindera lainnya, semuanya berpusat di otak.
      Jadi saya menyimpulkan apa yg dilakukan oleh GMC melalui teknik BFRnya bisa saja terjadi dan sangat memungkinkan.
      Akhirnya saya mengajak kepada semua pihak untuk berpikiran positif terhadap apa yg dilakukan oleh pihak2 utamanya GMC,

    • melihat banyaknya komentar terhadap ketidak percayaan akan kemampuan manusia untuk BFR, karena orang2 tsb hanya menonjolkan sisi logika saja. kalau kita cermati bahwa manusia dibekali tuhan dengan otak dan hatinurani yg bila mana dilatih dan diasah akan mempunyai kekuatan yg luar biasa. jadi BFR yg dilakukan oleh alumni GMC tidak mustahil untuk dilakukan, semua serba memungkinkan. karena panca indera manusia mempunyai hubungan yg erat dg otak. MELIHAT, memang menggunakan mata. tetapi sebenarnya mata hanya berfungsi untuk menangkap getaran cahaya saja. seperti kamera. bayangan yg ditangkap oleh mata lantas diteruskan leat jaringan saraf menuju ke otak. otak itulah yg kemudian memahami bayangan yg tertangkap oleh kamera mata. itulah yg disebut melihat.
      Jadi “melihat” itu sebenarnya bukan di mata, melainkan di otak. seandainya matanya sempurna tetapi syaraf yg menuju otak bermasalah, maka penglihatannya pun bakal bermasalah. Apalagi jika pusat penglihatan di otaknya yg bermasalah, maka ia pun tidak akan bs melihat. bukan karena matanya yg buta, melainkan otaknya yg buta. demikian pula dengan pancaindera lainnya, semuanya berpusat di otak.
      Jadi saya menyimpulkan apa yg dilakukan oleh GMC melalui teknik BFRnya bisa saja terjadi dan sangat memungkinkan.
      Akhirnya saya mengajak kepada semua pihak untuk berpikiran positif terhadap apa yg dilakukan oleh pihak2 utamanya GMC,

    • emaknya yg salah…..

  53. I wonder if someone still doesn’t believe ๐Ÿ˜›

  54. See It & Prove It !!!
    Don’t just say too much

    • trik hafalan liat di menit 5:37 camera merubah angle ketika sang anak mulai salah menunjuk tulisan yg ‘dibacanya’ dan memberi kode dikaki anak , orang yang teliti dan kritis ga akan bisa dibohongi

    • Coba dites lagi dong … (nggak perlu bkin video deh … yang penting kejujuran dari Anda sebagai orang tua) …
      Kacamatanya kalau bisa dikasih lakban hitam … terus anda coba dulu bisa lihat apa tidak …
      kalau anda tidak bisa melihat … baru dicobakan ke anak …

      Kalau masih ragu anak mengintip atau tidak … pada saat ujicoba halangi mata anak anda dengan sehelai kertas ….

      Seandainya masih berhasil … SELAMAT ANAK ANDA BISA MENJADI PESULAP YANG HEBAT ….

      Mohon repotnya …..

      • Pak Tri… saya adalah pelatih PSIKOTRANSMITER (telepati, ESP dan Psikomagnetik). Benar, orang yang otak bagian tengah (bukan otak tengahnya ya…. otak bagian tengah itu seperti corpus collusum, hippocampus, kelenjar ptiutari, amigdala) bisa diaktivasi membuat seseorang bisa membaca dengan mata ditutup. Ada 4 cara untuk mengaktivasi otak bagian tengah (teramsuk ESP, indra ke-6, G spot, dll) yakni 1 dengan meditasi, 2 dengan musik, 3 dengan atuanament., 4 hipnosis. Saya melihat GMC dan beberapa lembaga aktivasi otak tengah menggunakan cara hipnosis, meditasi dan musik.
        Masalahnya sekarang, mereka yang teraktivasi di lembaga pelatihan otak tengah tidak 100% bisa, malah menurut pengakuan marketingnya di Cirebon hanya di bawah 20% anak. Yang 80% tidak bisa teraktivasi. Ini sesuai dengan prinsip dalam hipnotisme… bahwa hanya 30% orang yang bisa dihipnotis. yang 70% orang susah. Jadi kalau pak Fact mengatakan anak ini bisa membaca dengan mata ditutup, saya yakinkan Anda memang bisa. Tapi berapa banyak anak yang sudah diaktivasi gagal? Kesalahan lembaga pelatihan aktivasi otak tengah yang ada adalah mereka meyakini mereka yang sudah diaktivasi akan bisa membaca dengan mata ditutup. Ini sama sekali salah. Kalau beberapa bisa diaktivasi itu betul. SAya sendiri pernah mencoba mengirimkan anak saya ke lembaga sejnis itu. Di sana ia bisa, sebagai pelatih brain power, saya cukup kagum. TApi saya kecewa karena setelah dirumah dia bilang dia gak bisa melihat. Ketika saya tanya, kenapa di sana bisa? Dia bilang dia ngintip.
        Tidak semua orang bisa diajarkan pengetahuan yang bersifat ghaib semacam itu. Saya sendiri ketika mengajarkan psikotransmiter (telepati ilmiah) tidak semua sukses. Sekitar 50 persen sukses, bisa mempengaruhi pikiran orang dari jarak jauh. Bahkan yang ditelepati gak tanggung-tanggung: wakil presiden dan menteri. Mereka berhasil. TApi saya akui sebagian juga gagal. Kenapa gagal?
        Kegagalan orang dalam belajar ilmu semacam itu adalah karena: 1. Orangtua kita memang tidak pernah mengajarkan hal yang berbau klenik pada anak-anaknya, misalnya telepati, santet, ESP dll. 2. Orang yang belajar ilmu supranatural semacam itu dianggap berpendidikan rendah. 3. Ilmu tersebut dianggap ilmu kampungan.
        Perlu saya beritahu, ESP (atau kemampuan seperti yang berhasil tercipta dari hasil pelatihan otak bagian tengah) diajarkan kepada pasukan amerika ketika menyerang irak, mata-mata atau dinas intelijen amerika dan sovyet. Nyatanya, indra ke-6 orang mampu mendeteksi hal-hal yang orang biasa dan teknologi canggih tidak bisa melakukannya. Georgo Soros pun menggunakan ramalan para pemilik ESP untuk main saham. Percaya atau tidak 9 dari 10 tebakan mereka benar.
        Jika anda atau siapa pun ingin tahu bagaimana pengetahuan timur kini banyak digunakan barat bahkan masuk di perguruan tinggi di amerika dan jepang, silakan pelajari di alfateta. web kami http://www.alfateta.com (school of life). Bambang Prakuso 0819681618.

  55. kalau memang seperti itu kenyataannya berarti aku udah di bohongin dong :(( hisk huhuhu,,,, ๐Ÿ˜ฆ

  56. Mungkin kekecewaan ini berangkat dari ketidak berhasilan anak bpk yang masih polos dan juga atas biaya 3.5jt yang dikeluarkan.

    Kebetulan anak saya juga mengikuti aktifasi otak tengah di GMC, mungkin saya tidak akan membahas mereka membaca dan menebak warna, tp yang menarik dimana anak saya diminta untuk mencari ibunya yg berada didalam ruangan penuh dgn orang tua yg lain mungkin sekitar 50 orang.

    Dan bisa disaksikan oleh semua orang tua, kalau istri saya berpindah tempat dimana anak saya sudah ditutup matanya begitu dia masuk kedalam ruangan dan kemudian dia berjalan dengan penciumannya mencari istri saya dan dapat.

    Secara logika semua orang akan tau “jika” anak saya berjalan dengan mengintip dari celah dibawah hidung sebagai mana yang ditulis oleh bpk Perdana Akhmad S.Psi.

    Mungkin bpk atau ibu sekalian bisa mempraktekkan jika anda harus mengintip dari celah dibawah mata, betapa tingginya kepala anda menghadap ke atas demi usaha anda utk melihat dari celah blindfold siapa yang ada didepan anda

    Dan disaksikan semua orang kepala anak saya normal menghadap kedepan, dan beberapa kali menunduk untuk berkonsentrasi tdk berusaha meliat dari celah blindfold dan dia berhasil.

    Tulisan saya mungkin sekedar masukan atas tuliisan bapak Perdana, dan saya sama sekali tidak ada keterkaitan dengan GMC. Sekian terima kasih.

    • Tentu saja bisa dilakukan semua orang pak…

      Kita bisa blindfold mata kita sendiri dan kita tetap bisa mencari seseorang dalam ruangan *tanpa mendongakkan kepala* karena yang kita tetap bisa melihat *betis dan kaki*.

      Apalagi jika yang dicoba adalah seorang anak mencari ibu kandungnya… pasti bisa.

      Silahkan dicoba sendiri baru percaya.

  57. Hari ini baru aja nge-test anak yang katanya bisa baca dengan mata tertutup …

    Saya berhasil membuktikan bahwa kalau anak tersebut tidak bisa ngintip …. maka … dia tidak bisa membaca kartu yang saya ambil ๐Ÿ˜€

    Selengkapnya bisa baca cerita saya di: http://www.kaskus.us/showpost.php?p=269778723&postcount=4153

    • Kenapa semua orang sibuk memperdebatkan masalah blindfold dari hasil aktivasi otak kanan?????

      kalo pun itu akhirnya memang bs dilakukan oleh sang anak ya anggap saja itu sebuah anugrah dan bonus dr pelatihan tsb. Yang lebih utama adalah masalah kecerdasan, emosional dan kejiwaan anak tersebut yg meningkat setelah pelatihan.

      Makanya GMC dan juga Praktisi2 pengaktifan otak kanan juga harus lebih bijak dalam beriklan. jangan BLINFOLD yang dijadikan berita utamanya, kahirnya bs menyesatkan para orang tua, dan berdebat kusir gak keruan seperti di threat ini…. (lucu ngakak kalo liat bapak-bapak & ibu-ibu disini berdebat…wakakakakak. jadi kayak anak keciiiiilll….)

  58. Sangat disayangkan bahwa banyak orang yang belum menyadari bahwa ini adalah praktek hipnosis.

    Hipnosis dan hipnoterapi adalah hal yang baik… jika dilakukan dengan etika dan transparansi. Bukan dengan penipuan. Katakan dari awal jika ini hipnosis, habis perkara. Tidak menciptakan “teori” bermacam-macam mengenai otak tengah.

    Apakah bapak/ibu yang pro GMC tahu bahwa anak anda dihipnosis? Apakah anda tahu benar isi script hipnosis yang digunakan?

    Alam bawah sadar anak anda dijadikan “bahan jualan”, apakah anda rela? Pemrograman alam bawah sadar bukan mainan!

    Sadarlah wahai para orang tua!

    • Pelatihan otak tengah ibarat menipu berkali-kali.Dari teorinya saja sudah salah,tidak sesuai dengan ilmu kedokteran.Bilang saja ini adalah hipnosis massal.Maka keberhasilannya minim sekali.Yang mudah percaya akan mudah dihipnotis,sedangkan yang kritis sulit dihipnotis.

  59. Kalo sampai terbukti ini adalah penipuan, hati2 aja ya gmc.. Gua bantai lo semua!!..

  60. tida hny GMC, adalagi GMC GMC yg lain tentunya pakai nama lain.

    • Eh Perdana! kenapa komennya Haidar di delete!
      kamu takut ketahuan ya siapa kamu sebenarnya!
      tuk yang masih suka kasih coment tlg deh lihat dlu siapa si Perdana ini!
      Bukan hanya Gmc aja yg dpermasalhkan ma dia, byk bgt dia bermasalah ma banyak pihak, bahkan pernah terjerat hukum jg.
      Dia gak lebih dari provokator yng mengatasnamakan Islam. hati hati!
      Ini praktik teror gaya bayu dengan mengadu domba umat Islam!
      Tolong cari tahu sekali lg n lihat profil

  61. Saya setuju ma mbak Rilita !
    Makanya para master GMC pada No Coment ma si Perdana ini soalnya mereka dah pada tau siapa dia
    jd malez nanggepinnya! buang buang waktu ngomong ma org yg gak ada juntrungannya!
    he he he mang enak di cuekin BUng ! !
    Kacian deh lo!

  62. Alah gmc bullshit ane jelas2 ikut ga bisa bfr trus ada temen ane yg ikut juga ga bisa. kalo pas maju ye trakhir pura2 bisa aje ngintip di bawah. Abis mao gimane lagi diliatin orang2 tua ane juga masi inget pas latian trakhir banyak yg belom bisa trus pas maju pada bisa pasti sama kaya yg ane lakuin

  63. ane ikut ga dikasih pengarahan gimane biar bisa bfr cuman disuruh maen denger lagu ciumin kartu pas ane tanya ke kk nye die cuman bilang saya aja gabisa bfr cari sendiri gimana caranya beda2 tiap orang.

  64. cari uang halalllllll…….susah emang yah cari rejeki halalllllll….haduuhhhhhh

  65. maksudnya?
    GMC ga bneran mengaktivasi otak tengah/midbrain gitu??
    trus..soal midbrain itu bneran ada atau ga?
    tp ada yg pake blindfold trus d blidfoldnya di selipin tisu tebel,nah,wktu dikasi kartu dia bisa baca kartu itu.
    jadi bingung..
    masa sih ni penipuan??

  66. aqu alumni gmc.. =)
    gtau akh gmc bner ato gag,bingung,tp koment ddd bner loh,tmen aqu jg gtu..aqu ny ja yg krg b’hasiL.
    tp mnurud aqu klo yg mo nyoba gmc tp umurny msh 5taunan jgn dlu deh,pa lgi IQny superior,ga2L ntar smuany,malah jd mkin bandeL anakny,kbetulan yg aqu crtain ada d adkqu,jd trpaksa deh ma2 konsul k psikolog stelah ade aqu ikud gmc.,tp ade aqu jdi mkin pinter loh.
    klo aqu ny jdi lbih konsen aja,tp aqu gtau yg bner mna,yg sala mana.pnasaran ea jdiny…

  67. Saya pribadi menganggap bahwa “aktivasi otak tengah” adalah PEMBODOHAN PUBLIK SECARA SISTEMATIS DEMI KEPENTINGAN BISNIS.

    Ada banyak point yang bisa dikemukakan, tapi yang terpenting adalah:

    1. Pengelola aktivasi otak tengah secara terencana dan sistematis membuat KEBOHONGAN BERBUNGKUS ILMIAH mengenai otak tengah (mesencephalon), gelombang otak tengah yang seperti radar, dan hal-hal lain terkait.

    2. Dalam melakukan point 1, dilakukan pencampuran fakta ilmiah dan isapan jempol. Dengan banyak menggunakan istilah ilmiah, menyebutkan riset ini dan itu, dan mencatut nama ahli tertentu, maka masyarakat kebanyakan bisa “percaya” bahwa hal-hal seperti ini benar-benar ada.

    3. Dibalik klaim mengenai otak tengah, ternyata proses aktivasinya adalah proses hipnosis “biasa”. Anda dijanjikan “aktivasi otak tengah” tapi anda diberi hipnosis. Sama saja anda membeli durian dan diberi rambutan.

    Bisa anda lihat jika penipuannya berlipat-lipat. Menipu diatas tipuan (teori mengenai otak tengah).

    Jika seandainya DARI AWAL para pengelola bisnis tersebut :
    1. Mempromosikan bisnisnya sebagai “Terapi hipnosis untuk perkembangan anak”
    2. Menjelaskan teori ilmiah sebenarnya mengenai hipnosis, alam bawah sadar, dan hal lain terkait
    3. Memberikan gambaran mengenai script hipnosis yang digunakan

    maka saya rasa bisnis ini bisa diterima oleh masyarakat banyak dengan baik. Tidak ada yang membodohi dan tidak ada yang dibodohi.

    Sekarang, bagaimana kita percaya mengenai hipnosis yang dilakukan kalau dari pertama mereka sudah MEMBODOHI dan MENIPU kita dengan “teori” isapan jempol yang dengan sengaja dibuat dengan maksud supaya bisnisnya laku.

    Saya pribadi JAUH LEBIH MENGHARGAI seorang dukun yang mengaku dukun daripada seorang dukun yang mengenakan atribut dokter dan berkata bahwa ia lulusan fakultas kedokteran.

  68. Wew setelah baca smua komen,saya malah jadi pgn ikt GMC.
    Penasaran.

  69. GMC tidak mengajarkan melihat dengan mata tetutup atau mungkin ada yang mengintip. Itu hanya bonus saja (kalau dapat syukur, kalau nggak juga tidak masalah karena aktivasi otak tengah tetap sukses). Saya mempunyai 4 orang anak dan semuanya telah ikut kelas GMC, hasilnya luar biasa !!!. Saya buka tipe ortu yang banyak duit atau tipe ortu yang terlalu berambisi agar anak2nya jadi genius. Saya terbuka untuk sharing dengan Anda (mohon maaf tidak lewat telpon atau mail, namun bisa making appointment via mail untuk bisa bertemu). Puji Tuhan, semua karena anugerahNya, perlu saya syukuri karena lewat ijinnya saya bisa mengalami sesuatu yang sangat berharga dengan anak2 saya, dan melalui GMC saya telah mendengar sharing2 positif dan kebahagiaan para orang tua melihat anak2nya mempunyai daya paham, konsentrasi, loving intelligence, kreatif, percaya diri, mandiri, dll…dan semuanya di atas anak rata2. TOLOK UKURNYA ADALAH MUDAH : SEBGAI ORANG TUA HARUS SELALU BERPIKIR POSITIF DAN MENSUPPORT ANAK2 NYA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DAN KESGGUPAN MEREKA DAN MUDAH DAN GAMPANG….TERNYATA KAMI SEKELUARGA MERASAKAN SUKA CITA. Mohon agar ortu juga bisa BIJAK menganggapi hal2 yang bersifat subyektif apalagi pasti berita negatif mudah tersebar dibanding dgn berita positif.

    • Silahkan DIBACA keseluruhan dan DIPAHAMI komentar dari benci penipu di atas…

      Saya kutip kata-kata anda:
      MOHON PARA ORTU BIJAK MENYIKAPI APA YG PENULIS SAMPAIKAN DI SINI. TIDAK ADA SATUPUN ORANG TUA YANG BERMAKSUD MENJERUMUSKAN ANAKNYA SENDIRI.

      Sudah bijakkah anda Ibu Lily? Anda sudah menyerahkan 4 orang anak anda untuk di hipnosis untuk menyenangkan hati anda (ya, lihat potongan script hipnosis di komentar no 3 dari atas, dimana ANAK-ANAK DIHIPNOSIS SUPAYA MEREKA MENYENANGKAN HATI ORANG TUANYA).

      Ya anda sudah mendapatkan sukacita yang anda inginkan, Ibu Lily. Anda juga tetap berpikiran positif setelah tertipu. Semoga semua itu berasal dari diri anda sendiri…. atau mungkin saja itu sugesti yang ditanamkan di alam bawah sadar anda tanpa anda sadari. Semoga saja tidak.

  70. Saya mengundang Bapak/Ibu para ortu yang masih ragu2 dgn GMC. Saya bersedia sharing, bisa temuai saya di Pusdiklat Mahkamah Konsitutsi RI, Jl. Kartini Raya 24, Bekasi Timur pada hari Minggu, 19 September 2010 jam 11.30 wib.

  71. MOHON PARA ORTU BIJAK MENYIKAPI APA YG PENULIS SAMPAIKAN DI SINI. TIDAK ADA SATUPUN ORANG TUA YANG BERMAKSUD MENJERUMUSKAN ANAKNYA SENDIRI. Saya mungkin akan merasa sangat menyesal apabila saya tidak mengikutsertakan anak saya di kelas GMC, yang pertama kali saya ikutkan adalah anak saya yg nomor 3, (9tahun – kelas GMC di …….. pertengahan Januari 2010). itupun pakai duit ngutang lho !!! …hehehe… Yuk sharing dgn saya di Gedung Pusdiklat Mahkamah Konstitusi RI di Bekasi Timur pada hari Minggu, 19 Sept 2010. Cari saya di sana ya…

  72. MOHON PARA ORTU BIJAK MENYIKAPI APA YG PENULIS SAMPAIKAN DI SINI. TIDAK ADA SATUPUN ORANG TUA YANG BERMAKSUD MENJERUMUSKAN ANAKNYA SENDIRI. Saya mungkin akan merasa sangat menyesal apabila saya tidak mengikutsertakan anak saya di kelas GMC, yang pertama kali saya ikutkan adalah anak saya yg nomor 3, (9tahun – kelas GMC di …….. pertengahan Januari 2010). itupun pakai duit ngutang lho !!! …hehehe… Yuk sharing dgn saya

  73. Saya hanya heran dgn tanggapan sebanyak ini, baik yg pro maupun yg kontra. Dgn jelas penulis mengatakan bahwa yg menimbulkan keberatan beliau bukanlah materi GMC sendiri (yg saya yakin lebih dari sekedar BFR), tetapi lebih ke pembiaran atau bahkan encouragement anak untuk berbohong dlm BFR. Bahkan menitik beratkan BFR dlm iklannya meskipun banyak fakta bahwa anak bisa berbohong dlm BFR (atau bahkan menutupi fakta bahwa anak bisa berbohong dlm BFR), dgn cara memfasilitasi anak utk berbohong (blindfold yg tdk rapat).

    Penulis juga tidak menyatakan bahwa BFR tdk mungkin. Penulis menyatakan 10% peserta memang sdh memiliki bakat tersebut dan GMC membantu mengaktifkannya.

    Memang banyak lembaga konsultasi yg menerapkan segala cara (kadang tdk jujur) utk menarik perhatian orng tua.

    Dalam skala paling rendah, mungkin dgn memberikan klaim yg susah dibuktikan (anak lebih mudah belajar, bahagia, penurut, dll).

    Pada tingkat yg lebih tinggi, dgn melebih2kan efektifitas program (75% lulus ujian masuk PTN).

    Yang lebih tinggi lagi, menggunakan berbagai teori (pseudo) utk menarik org tua yg krg paham. Ini sdh masuk kategori PENIPUAN.

    Yg paling tinggi, krn tdk lagi memperhatikan kebaikan anak, adalah menggunakan segala cara utk ‘meningkatkan’ kemampuan belajar anak, misalnya dgn hipnotis dan menghalalkan berbohong utk menyenangkan org tua.

    Hipnotis mungkin bisa menimbulkan celah dlm kepribadian anak (shg kemungkinan saat dewasa nanti menjadi mudah dihipnotis/dipengaruhi org lain), sedangkan membiarkan berbohong sdh jelas berdampak buruk thdp standar etika anak.

  74. Setuju dengan penulis.
    Dari awal saya sudah ragu dengan aktifasi otak tengah ini, alasan saya sederhana saja, sebagai seorang muslim, saya tahu nabi Muhammad tidak pernah mengajarkan hal seperti ini. Membaca/melihat/bersepeda dengan mata tertutup.Kalau ada sebagian orang yang beranggapan bahwa aspek spiritualitas bisa dikembangkan dengan cara seperti ini, apalagi hanya dengan training 2 hari saja, hati-hatilah… Pelajari kembali agama anda, karena hanya itu yang bisa kita jadikan pegangan tanpa ada keragu-raguan sedikitpun. Dan saya bersyukur dilahirkan sebagai seorang muslim.

  75. Benar2 sgt memalukan semua yg pro dengan GMC…udah jelas2 ada motif penipuan di sini…

    Ayo bangsa Indonesia…jgn mau tertipu semua…bukalah mata kalian, telaah terlebih dahulu apakah benar ada otak tengah?(Yang saya tahu,otak terbagi 2, yaitu otak kiri dan kanan.)

  76. Bagi saya GMC betul-betul menghina ilmu pengetahuan ilmiah khususnya kedokteran yg sdh sgt lama dan canggih mengeksplorasi dan mempelajari otak manusia. GMC menjungkirbalikkan itu semua.

    Konsep mid-brain tak lebih dari sekedar praktek klenik/perdukunan atau sulap atau penipuan yg masuk ke dunia pendidikan.

    Masih ingat sekitar 10 thn yg lalu ada aliran silat yg bisa membuat siswanya mahir menangkap bola yg ditendang dg mata tertutup? 100% penipuan. Intinya: ngintip!

    Sayangnya pemerintah kita sama skl tdk peduli pd masalah masyarakatnya.

  77. Beberapa bulan yang lalu anak Saya juga akan Kami ikutkan GMC. Berhubung satu & lain hal terjadi pembatalan acara oleh GMC. Tentu Saya kecewa. Meski demikian Saya berusaha menghibur hati ini dengan mengatakan bahwa “Allah SWT pasti punya maksud dibalik semua ini”

    Membaca postingan diatas, Saya hanya bisa mengucap syukur & terima kasih kepada-NYA. Sekarang semuanya menjadi jelas bagi Saya.

  78. ini kesimpulan / pendapat saya (sbg orang awam) mengenai ‘aktivasi otak tengah”.

    karena hipnosis sedang marak, maka saya cari tau apa itu, dsb. (dr browsing, baca buku, acara TV, dsb)

    aktivasi otak tengah dimulai dengan ‘ritual’ khusus. seperti teori ketika akan ‘menghipnosis’ seseorang.

    yaitu (kurang lebih) membawa ‘keadaan’ otak kita pada keadaan yg (istilah ilmiahnya : alfa) ‘siap’ utk menerima pesan dan meneruskan ke ‘alam bawah sadar’ nya.

    seperti kebanyakan ahli hipnosis (yg tidak ‘iseng’ seperti utk ‘hipnotainment’) maka ‘sugesti2 positif dan baik akan diperdengarkan melalui telinganya utk diteruskan masuk ke dalam otak (bawah sadar)nya.

    efek / akibatnya, biasanya tidak dia rasakan secara ‘sadar’. biasanya orang lain yang akan melihat ‘perubahan’2 tsb.

    sepertinya begitu yg terjadi dgn ‘workshop’2 aktivasi otak tengah (yg belum diketemukan oleh pakar yg berkompeten) tsb.

    mungkin, bisa dicoba sendiri (*ideiseng) minta pd ahli hipnosis utk menghipnosis anak (usia SD) agar dapat membaca dengan mata tidak melihat / tertutup.

    itu komen saya….
    mohon maaf bila ada yg menyakiti yaaaa… (puasa nih)
    makasi,
    *dariorangawamyangpedulianak

  79. jd inget jaman saya SMA dlu pernah lihat demo silat dr “Merpati Putih”, matanya ditutup tp bisa nyari barang yg disembunyikan/dipindah, trus masih bisa mengelak jika diserang….jd BFR ini bukan ‘barang baru’ di Indonesia….klo emang cuma ingin BFR, ikutin aja silat kaya ‘MP’ itu….murah, asli budaya Indonesia, sehat dan siapa tahu anak anda malah jadi “SAKTI”….hehehehe
    yang jelas klo bisa beladiri gak akan ada ruginya dah….
    BEKALI ANAK ANDA DGN SESUATU YG BERGUNA BAGI KEHIDUPANNYA DI MASA DEPAN…….

  80. Testimoni bagi yg sdh ikut pasti dech sekarang baru mikir, bener atawa tdk ya?? timbul keraguan……

  81. Benarkah aktifasi otak tengah ? Silahkan download tulisan dari dokter spesialis syaraf dibawah ini.

    http://dc183.4shared.com/download/5PCnZLSz/AKTIVASI_OTAK_TENGAH__BENARKAH.rar?tsid=20100827-084614-f4b6f514

  82. Setelah membaca tulisan dari dokter spesialis syaraf ternyata mantap sekali pembantahannya.

    Apakah dengan membaca dengan mata ditutup dianggap cerdas ?

    Apakah bisa melukis dengan mata tertutup bisa dijadikan anak genius ?

    Kalo bisa mengerjakan soal UN dengan mata tertutup saya salut deh.
    Memang betul jika konsentrasi bagus akan lebih menangkap pelajaran dengan baik, bukan dengan mata tertutup dijadikan patokan.

    Apakah anda menemukan dengan mbah google skripsi, tesis, disertasi, jurnal ilmiah yang mengatakan kalau dengan mata tertutup bisa bla..bla..bla… dan dianggap anak genius ?

    Mari kita baca sejarah orang-orang besar, semuanya dengan kerja keras tidak ada dalam waktu 2 hari menjadi genius.
    Perkembangan otak seiring dengan perkembangan usia dan akan lebih optimal jika otak diberi makanan yang tepat.
    Jadi mohon kepada pengurus GMC untuk segera sadar !

  83. Wah membaca semua yg diatas saya malah melihat hal ini seperti debat kusir.
    Atau sedang berdebat ttg mana yg lebih dahulu, “ayam” ataukah “telur”.
    Menurut saya semua mempunyai pendapat sendiri2, yg tdk percaya krn mrk telah “membuktikan” bhw hal itu tdk benar,
    Maupun yg pro krn “membuktikan” bhw itu ada manfaatnya.
    Dlm hal ini,apapun tg disampaikan oleh pihak yg “kontra”,pst tdk akan didengarkan oleh yg “pro”, demikian sebaliknya.
    Karena masing2 pihak mempunyai keyakinan masing2.
    Jadi saran saya :

    Untuk yg “pro” :
    Silahkan lanjutkan / lakukan hal yg anda rasa baik.
    Tdk perlu tersinggung dgn teman2 yg “kontra”.
    Ingat, tdk semua org suka Nasi goreng, ada yg lebih suka Mie Goreng.

    Untuk yg “kontra” :
    Silahkan bila ingin melanjutkan menempuh proses hukum thd pihak2 yg telah dianggap menipu.
    Dan tdk perlu tersinggung pula dgn yg “pro”, tokh semua orang tua mempunyai hak mengarahkan anaknya ke hal yg mnrt mrk baik.

    Last word, “You can’t make everyone happy, and there’re always 2 sides of a coin”

  84. Silahkan para pihak yg berkepentingan baik kontra maupun pro berada dalam ranah hukum yg bisa menjadi jalan keadilan yg berlaku secara nasional. Hal ini juga diharapkan dpt menyelesaikan sengketa. Bagi yg pro, dan para pengusahanya, daftarkan usaha Anda ke Depdikbud (krn menyangkut aspek pendidikan) atau berafiliasi dg pihak asosiasi medik di bawah Depkes (mis. Persatuan ahli syaraf atau asosiasi psikologi yg ada di indonesia) shg kalian juga mdpt legitimasi usaha. Bagi yg kontra, desak pemerintah utk lbh pro aktif menanggapi pelbagai ‘informasi’, ‘jualan’ dan apa pun yg menyangkut kesejahteraan org banyak. Rakyat tdk bisa diberi nasehat ‘cermat sebelum
    membeli’ krn pemerintah juga wajib melakukan fungsi pembelaan dan perlindungan warga negara.
    Bagi semua pihak yg pro maupun kontra, baiknya menahan diri dulu (untuk tdk berjualan dg bahasa promosi yg akhirnya jadi batu sandungan juga untuk menghujat yg akhirnya bisa dituntut baik). Tunggu keterangan resmi pemerintah. Jangan menganggap pemerintah ‘lembek’ dan lamban, semua juga tergantung bagaimana kita proaktif! Ayo kita dorong mereka yg punya otoritas untuk dapat memberi ‘lisensi’yg sebenarnya. Yg dituntut nantinya pemerintah, bukan yg ‘berjualan’. Krn proses mdpt pengakuan dr depdikbud atau Depkes pihak ygmengajukan harus melalui sederet prosedur yg bukan utkbikin ribet atau birokrasi,tapi utk melindungi warga negara utk tidak tertipu sekaligus melindungi jualan produknya agar tdk dihujat orang krn legal.

    Wassalam

  85. duh, kenapa si pemerintah ngga bertindak tegas..kakakku lagi gandrung2nya ma aktivasi otak tengah,,mana promoin ke aku lagi..aku ngga pengen anakkku tiba-tiba jadi super, aku hanya pengen ankku jadi orang yang berbudi dan berguna bagi manusia.

    plis stop eksploitasi anak dan hormati bakat alami anak..pengen anak cerdas, rangsang mereka dengan permainan-permainan cerdas or bacain cerita yang bermanfaat. dampingi waktu bermainnya, dengarkan curhatnya, anggaplah dia manusia,bukan mesin yang harus menuruti kemuan kita.

  86. Netral aja sih..

    Yang penting menurut saya sih, anak itu jadi orang yg baik buat keluarga,lingkungan,agama, dan negara, pinter itu plusnya. di dunia ini sudah banyak orang pinter dapat nobel,dll tp miskin orang baik, makanya banyak perang.

    menurut saya, smua orang itu pintar *kecuali yg berketerbatasan* asalkan mau belajar n kerja keras, bukan dengan cara instan. kalau pun memang ada kekurangan tak perlu lah kita mendoktrin sesorang itu harus pintar untuk sukses,tp yang penting dia baik.

    niscaya Tuhan selalu menolong orang yang baik, sedangkan orang pintar bisa jadi tidak mendapat pertolongan kalau dia keminter,berbuat tidak jujur,dan berlaku buruk, malah dapat azab dari Tuhan.buat apa pintar kalau merusak dunia,dan tidak sadar akan pentingnya lingkungan sekitar,baik kepada sesama.kita hidup tidak hanya demi uang dan kesuksesan, namun juga lingkungan ~alam,hewan,tumbuhan~,sesama manusia, dunia dan akhirat.

    sebagai orang tua,baiknya kalau lebih mengutamakan kebaikan di atas kepintaran.kepintaran tidak selalu menjamin kesuksesan

    *banyak sarjana yg nganggur karena semata2 dianggap “pintar” lewat ijazah sarjana*

  87. Setuju sama penulis. Semua tentang membaca dengan merem adalah OMONG KOSONG alias BULL SHIT!!
    Orang tua yang merasa terbantu atau terpesona dengan kemampuan anaknya melalui GMC atau program sejenis, SAMA dengan orang tua yang terpesona dengan nilai yang didapat anaknya dalam UAN (walaupun anaknya itu menyontek!)

    Kita bisa lihat, Dedy Corbuzier saja yang seorang mentalis hebat, dia TDIAK akan mau ditantang untuk melakukan Blind Reading.

    See….betapa bodohnya Anda para orang tua yang mengikut sertakan anaknya dalam aktivasi otak tengah!!!

  88. Sebelum gembar gembor soal ngintip seperti ini, saya sempet ingin anak saya ikut GMC juga.

    Waktu itu anak saudara saya ada yang ikut GMC dan bisa blindfold. Waktu itu dia bisa menebak 100% kartu uno, dari warna dan angka.

    Pas ketika saya ketemu anak itu saya test dia tentang kemampuan blindfoldnya.
    Dan saya melihat dia mencium kartu uno tersebut dan saya tahu dia mengintip.

    Waktu itu saya pikir hanya anak ini yang mengintip dan berbohong. Saya jadi mengurungkan niat saya untuk mengikutsertakan anak saya belajar di GMC.

    Lalu sekitar 4 bulan setelah kejadian itu baru ribut soa GMC mengajari anak2 untuk mengintip. Setelah saya cari-cari ternyata sudah demikian parahnya.

    Saya yakin 100% tidak ada yang bisa BLINDFOLD.

    Silahkan baca di
    http://www.randi.org/jr/2006-05/051906sylvia.html#i5

    Seorang bernama James Randy secara serius menawarkan hadiah SATU JUTA DOLLAR bagi siapapun yang mampu membuktikan kemampuan membaca dengan mata tertutup. tidak pernah ada yang bisa membuktikannya.

    Bagi anda yang anaknya bisa BLINDFOLD anda akan menjadi orang kaya raya.

    Bahkan pemilik GMC atapun franchisornya, anda akan menjadi kaya.

    Bila tidak STOP kebohongan anda, ingat kebohongan anda akan menjadi bumerang.

    Siapa yang menabur angin akan menuai badai.

  89. ini realita anak saya juga ikut aktifasi otak tengah salah satu hasil adalah mempertajam daya ingat anak. untuk aanak saya saya buka kartu remi sebanyak 40 buah kemudian dilihat anak saya kurang lebih 2 menit kemudian kartu saya tutup. dan saya membuka secara acak dan alhamdulillah semua kartu dapat dibaca dengan benar dari warna, bentuk dan angka. ini info riil yang kami alami.

  90. Assalamualaikum,
    Saya ikut mendukung gugatan anda,
    saudara saya ada yang ikut. tapi dengan lembaga yag bernama MBC berlokasi disurabaya, ruko galaxy.
    2x ikut, sama sekali tidak ada hasil.dan satu lagi kakaknya ikut juga, ternyata Gatot alias gagal total!! total kerugian yang diderita sekitar hampir 5juta. add FB saya “myalone@telkom.net”. saya berani bilang gini, karena ayu(yang ikut selama 2x), bisa membaca dengan mata tertutup, saya pun ikut senang. tetapi ayu orangnya terbuka dengan saya, dan suatu hari saya tanya…. apakah dia mengintip. dan ternyata dia jujur, dia benar2 mengintip. tolong mbk, tidak hanya GMC, tetapi MBC (mid brain center)!!!

  91. dodol ahh… kalau emang bikin anak pintar… IQ naek, EQ naik SQ naik ya oke… ini membaca dengan mata tertutup?!

    sadar oi… anak matanya masih berfungsi kok… udah siap2 ya kalau2 anaknya nanti tiba2 buta? hahahaha

    promosi yang salah… kalau promosinya soal bikin mental bagus, pintar dsb ok… tapi ini membaca dengan mata tertutup… cih…

    yang aku tau :
    Evolusi dunia medis itu udah dari jaman purbakala, dari jaman ramuan sampai obat model kapsul… dari tabib ampe dokter…
    waktu ribuan tahun bisa dibalik semudah membalik telapak tangan!? ya Tuhan…

    mantap…

    yang aku tau… semua yang kita raih itu dari usaha dan kerja keras,,,
    kita belajar dari TK sampai kuliah.. itu juga kadang masih lanjut belajar… tak berhenti…

    tolong dong yang merasa udah sarjana… yang lumayan terpelajar… gunakan ilmu anda..
    saya sih bukan apa2… masih kuliah… belum punya anak…
    tapi kalau saya punya anak, saya mau besarkan mereka apa adanya, saya nda mau ego saya mempengaruhi kehidupan mereka, karena saya pernah merasa begitu =)

    ajarlah anak anda dengan kasih sayang, maka dia akan banyak memiliki kawan2 yang bisa diandalkan

    ajarkan mereka untuk kerja keras… maka mereka akan sukses…

    Blind Fold Reading?

    ohooo… mata dikasi Tuhan buat apa kalau gitu?
    sekali lagi… kalau pembangunan IQ,EQ,SQ saya setuju dengan promosi GMC… kalau BFR???

    OOOH… FOR GOD’s SAKE… PLEASE STOP
    It’s SO FUNNY… VERY VERY FUNNY…

    I DOn’t want my child to not be able to use their beautiful eyes because they are blindfolded…

    hahahahahahahaha…..

    NO OFFENSE

  92. Intinya gunakanlah apa yang sudah diberikan oleh Allah.Swt
    Mata untuk melihat, hidung tuk mencium, mulut tuk berbicara,,,dan………

  93. nice….. saya dukung antum….. semoga kebenaran segera terungkap…..

  94. BFR atau Genius methods yg lain atau apalah namanya ini sebenarnya untuk menyenangkan anaknya atau menyenangkan orangtuanya?….karena dari atas hingga bawah tidak ada satupun komentar dari yg benar-benar ikut trainingnya tapi dari pendukungnya……mencari cara untuk membuat anak menjadi lebih pintar itu baik namun menjadikan anak lebih berakhlak lebih baik lagi….bagi saya pribadi memiliki anak yg genius saya akan merasa bahagia namun memiliki anak yang tidak genius pun saya tetap bahagia serta mensyukuri-mengasihi-menyayangi amanah yg dititipkan kepada saya ini.
    Bagi yg percaya silahkan – bagi yg tidak percaya juga silahkan….saling memberitakan silahkan – tapi saling menghujat jangan…karena kita tidak benar-benar tahu kebenarannya seperti apa…bahkan kadang ada yg hanya sekedar ‘katanya’……

  95. wah, untung saya cari tahu dulu tentang GMC ini…… jika memang benar ini penipuan, sungguh sangat terlalu, saya dukung narablog utk memperkarakan mereka….

  96. Saya lihat disini ada pro dan kontra; tapi yang pro GMC tidak berani/mau mengambil tantangan 13,5 juta-nya, padahal kalau saja mereka berani, maka para kontra tidak berkutik lagi.

    Saya hampir terlibat juga dalam bisnis ini, dengan perusahaan lain bernama GEN (Grand Endorphin), mereka lebih murah 2juta/peserta, namun akhirnya setelah search di internet, saya pastikan ini adalah bisnis penipuan. Indikasi penipuan seperti pemilik Blog sampaikan adalah benar dan dapat dijerat Hukum Pidana, yaitu:
    1. Klaim jenius dgn parameter BFR
    2. Memanfaatkan pengkondisian anak untuk pengembangan bisnis dan mengambil keuntungan.

    Sesungguhnya Bisnis ini awalnya memanfaatkan kemampuan otak kita yang sanggup melakukan hal-hal yang belum terukur oleh ilmu pengetahuan.
    Hipnotis dan Sugesti antara lain, belum jelas terpapar secara ilmiah sehingga sering dianggap ‘tidak masuk akal’
    namun hal tsb.bukan berarti tidak benar/tidak real/tidak ada.
    Salahsatu kemampuan otak yang nyata adalah “Echolocation”, dimana indera pendengar diajari untuk dapat memetakan keadaan sekitar sehingga tanpa mata, seseorang dapat berjalan dan mengenali alam sekitarnya.
    contohnya ada disini: http://www.youtube.com/watch?v=vpxEmD0gu0Q dan http://www.youtube.com/watch?v=YBv79LKfMt4
    namun ternyata echolocation juga tidak dapat digunakan untuk mengenali warna dan tulisan.

    Jadi saya mendukung untuk menghentikan praktek bisnis penipuan yang khususnya menggunakan anak-anak sebagai sarana promosinya.

    Bagi yang pro dan sudah merasakan manfaat Aktivasi Otak Tengah, tidak perlu marah dan berkomentar menyerang para kontra, karena anda sudah mendapatkan keuntungannya sedangkan banyak dari peserta lain yang tidak (padahal sama-sama mengeluarkan biaya mahal), jadi jangan kondisikan diri anda menjadi sarana promosi bagi bisnis yang hanya berhasil untuk diri anda sendiri.

    Karena yang ingin penulis blog lakukan adalah agar tidak ada lagi korban dari bisnis ini.

    Sekali lagi, demi memperbaiki nama baik, dimohon, pilihlah satu kandidat terbaik BFR untuk menjawab tantangan 13,5 juta tsb. krn kami siap menjadi saksi bahkan siap juga bersaksi jika ternyata terbukti dapat membaca tanpa melihat.

  97. Wah pelajan lagi bagi saya pribadi sehigga tidak tertipu GMC
    trims

  98. Waw…..info yg bener perlu di ketahui…..
    mmg sy dah pernah membca brosur ttg GMC n kebetulan itu bru promosi utk buka di kota saya, awalnya sy takjub dgn metode in,tdnya sy pikir ini metode yg digunakan pesulap dgn ktx menggunakan alam bawa sadarnya, tp klo kenyataanya ini penipuan,perlu du usut tuntas,krn dunia pendidikan bukanlah lahan bagi org2 penipu sprt mereka……
    thanks baget atas infonya…….

  99. Baca tulisan Prof. Sarlito Wirawan tentang GMC: http://m.kompasiana.com/?act=r&id=269146

  100. Dengan kata lain, Konspirasi…

  101. Knapa sih yang di tonjolkan dalam program latihan ini hanay bisa melihat dengan mata tertutup. apa itu tujuan utamanya? ini pelatihan sulap atau pelatihan menjadi anak jenius…?? dulu aku sempat ingin mendaftarkan kedua anak saya tetapi setelah mengetahui pelatihannya hanya 2 hari timbul keraguan dalam diriku, mana ada menjadikan anak jenius hanya memerlukan waktu 2 hari. mungkin pelatihan ini malah cocok jika yang mengikuti anak2 yang buta mata sejak lahir. apakah anak2 yg buta bisa suksesk mengikuti pelatihan ini? knapa yang demo di tv2 itu anak yang normal yg ditutupi matanya bukan anak2 yang buta dari kecil?

  102. Ribut aja semua masalah ginian doang. kalo mau masukin anaknya ke pelatihan masukin aja, kalo gak mau ya udah gak usah ngebacod bayak disini.

    Pilihan ada ditangan masing-masing kok.

    cape deee…. dengan type org indonesia yg selalu terpicu hal-hal sepele spt ini….

  103. Lakukan aja Pak gugatan hukum.
    Kalau terbukti menipu, kita sebut saja GMC sebagai GOMBAL MIND CONSUNTANCY. Gitu aja kok repot…….

    Kalau dah terbukti salah, dukung pemidanaan dan ganti rugi…

  104. anak2 diajarin ngintip , gede jd apa tu??

  105. saya tdak tahu apakah orang tua dengan mengikuti anak dalam gmc itu untuk anak agar bisa menebak atau untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi mereka.
    jadi menurut saya kalau untuk mencari sianak pintar menebak atau membaca dgn mata trtutup itu tdk msk akal, tetapi kalo menginginkan anak kita untuk lebih fokus dlm belajar saya setuju…
    jadi kita jg sbgai orang tua hrs bisa melihat dan mengambil hikmah dr mengikuti kegiatan ini (GMC) dan tujuannya tdk menuntut anak hrs seperti yg dipromasikan…tapi biarkan anak menjadi dirinya dgn mengenalkan pada anak pengalaman yg lain selama mengikuti pelatihan GMC dan tentunya tdk lepas dr bimbingan kita sendiri selaku orang tua

  106. Apakah ada yang tahu ttg GMC yang di luar negeri? apakah ada yang benar atau sama saja dengan yg di Indonesia?

  107. dua anak saya ikut GMC di UI DEpok beberapa waktu lalu dan pengalaman yang saya rasakan berbeda dgn cerita dan kesaksian di forum ini. dgn penutup mata, dirangkapi dgn kaca mata renang n di ruangan gelap (malam)semua lampu dimatiin, bisa nebak kartu, ngurutin kartu bahkan bisa baca tulisan. saya hanya melakukan itu 1 bulan setelah pelatihan gmc (sesuai arahan),sesudahnya saya tdk pernah latihan dan pengujian lagi. Pagi ini saya tanyakan ke anak saya, dan sy yakin mereka tdk bohong, mereka bilang tdk mengintip, mereka bilang tiba2 aja tahu dan serasa ada yang ngasih tahu. mereka malahan jadi takut setelah ada info di TV, kalau ada anak gmc bisa lihat hantu. maaf kalau tdk berkenan

    • dasar ortu bego…
      anak bo’ong lo kagak tau…
      anak lo dah dicuci otak… bego lo kalo ga nyadar

    • GMC=Gurunya Mengajari Curang …. hebat…hebat

      • Saya kok jadi berprasangka buruk (maaf). Ada beberapa model aktivasi otak tengah sebut saja GMC, Anak Jenius Indonesia (AJI), Power Brain, Genius Moslem Generation (GMG) dan mungkin ada lain lagi yang tidak saya ketahui namanya. Namun kenapa yang dipermasalahkan hanya GMC saja.
        Kalau memang benar aktivasi otak tengah (AOT) itu penipuan mestinya bukan GMC yang dipermasalahkan namun AOT.
        Pernah ada yang mempertanyakan ini di sebuah forum. Jawaban admin forum itu adalah โ€œKARENA GMC MENGKLAIM YANG PERTAMA MELAKUKAN AKTIVASI OTAK TENGAHโ€. jadi nampaknya ini yang jadi masalah.
        Kalau memang AOT itu bermasalah, sebaiknya semua AOT dilarang, bukan hanya GMC saja. Atau lebih bijak lagi beri info bahwa AOT itu tidak ada manfaatnya (entah GMC, PowerBrain, AJI, GMG atau yang lain).

      • emang kamu tahu apa sih ? LIAR go to hell !

  108. Tentunya kita pengen anak kita jadi pintar…….bukan jadi seorang pesulap……….PENGEN PINTER…. MAKANYA BELAJAR …………………………

  109. bingung. ….

  110. Inilah sifat dasar manusia yang ingin semua serba instant, dalam dua hari pingin pintar, kaya dalam sekejap dan lain2nya. Oleh karena ini di manfaatkan oleh orang untuk meraih keutungan semata.

  111. wah asik tuh gan! udah pada daftar sono, ntar kalo dah byk yang bisa membaca dgn mata tertutup, mata nya disumbangkan ke para tuna netra ya!

  112. saya memiliki anak usia 5 tahun, Kelas 1 SD. Saya bangga bukan karena kecerdasan akalnya tapi karena kemampuannya mengendalikan emosi untuk senantiasa berkata jujur walaupun mendapat ancaman dari kakaknya atau temannya.
    Sebenarnya yang paling cerdas hanyalah AKAL BULUS krn mampu berbuat bohong dengan kebodohannya

  113. saya hanya ingin meriset lebih lanjut di ranah frekuensi gelombang karena ranah frekuensi seringkali bisa menjelaskan apa yang tidak kbisa dijelaskan oleh ranah waktu (maka dikenal transformasi laplace, fourier dan semacamnya)

    untuk saudara imam, mungkin ada benarnya, mengingat
    1.sy pernah mendapati pernyataan manusia dan jin berbeda frekuensi itulah mengapa manusia tdk bs melihat.
    2.aktuvasi katanya dilakukan dg memanfaatkan gelombang saat rileks atau apalah, sedangkan orang yang kemasukan jin kebanyakan karena pikirannya kosong, nah sy belum tau apakah ini berkaitan atau tidak dikaitkan dengan frekuensi gelombangnya

    #kagakngertijugaguengomongapa
    #mungkinkagaknyambung
    #hanyamenyampaikan pemikiran

  114. temen saya tadinya mau ikut ,untungnya dia lihat acara TV tentang akibat aktivitas OTAK TENGAH ,dia jadi sadar akan bahayanya ,jadi dia tidak jadi ikut GMC ,

    untung-untung……………………….
    Alhamdulillah

    • Menurut saya bisa melihat dengan mata tertutup bukanlah suatu tipuan. Tapi saya tidak heran jika banyak juga anak yang mengitip karena merasa malu jika setelah ikut GMC tidak bisa melakukan BFR. Saya punya 2 keponakan (kakak beradik) yg satu ikut GMC, yang satu lagi ikut BCL. Kedua anak tsb memang sensitifitasnya berbeda. Saya pernah mengetes mereka mengenal warna dan jenis kartu serta membaca beberapa kalimat pada malam hari di dalam kamar dengan lampu saya matikan dan mata mereka saya tutup dengan kain yang mereka dptkan dari workshop. Jadi saya sendiri dengan mata terbukapun tidak dapat mengenali kartu tsb karena ruangan gelap gulita. Hasil tes menunjukkan 75% s/d 80% sang adik dapat menebak dengan benar dan kakaknya sekitar 50% s/d 60% benar (setelah 2x ikut workshop). Memang sang adik tipenya lebih bisa konsentrasi drpd sang kakak. Jadi cara pengetesan saya ini tidak memungkinkan anak menipu (mengintip pun juga tidak bisa melihat). Menurut apa yg saya tahu otak dibagi menjadi 5 bagian (5 lobus) salah satunya lobus occipital yang berhubungan dgn penglihatan. Jika terstimulasi pada frekuensi tetentu, maka otak akan lebih aktif sehingga akan berfungsi lebih optimal. Namun krn setiap anak mempunyai kapasitas dan kemampuan yg berbeda, maka hasilnya akan berbeda, ada yg bisa melihat dg BFR ada yg tidak bisa. Yg tidak saya suka di GMC jika anak tidak bisa melakukan BFR, maka stimulasi dilakukan terus menerus shg anak menjadi pusing dan ini bahkan menjadikan (menurut dugaan saya) kerja otak kiri dan kanan tidak seimbang. Saya bahkan pernah dengar dari senior trainer GMC yg mengatakan dg bangga bahwa anak2 yg ikut di kelasnya hampir semuanya bisa BFR setelah suara audionya dibuat sangat keras dan ber-ulang2 (otak anak2 dipaksa untuk bisa BFR). Ini membuktikan bahwa sang trainner tidak mengerti bahwa yg berpengaruh thd kerja otak bukahlah kekerasan suara (decibel) melainkan frekuensinya. Otak kita bekerja pada frekuensi yg berbeda pada saat kita dlm keadaan sadar, berfikir kreatif, tidur, atau meditasi (termasuk zikir). Kerja otak dan frekuensinya telah lama diketahui oleh para ahli dibidangnya dan sudah terbukti secara akademis (ilmiah).

      Promosi aktivasi otak tengah GMC yg membuat anak genius dlm 2 hari adalah tak masuk akal dan menyesatkan (tidak etis). Saya lebih cenderung menyebut otak bagian tengah(OBT) drpd otak tengah (OT) krn saya berusaha mencari reset ttg OT tidak menemukan. Saya hanya mendapatkan info bahwa OBT itu hanya berhubungan dg gerakan mata dan tidak ada hubungannya dg kecerdasan apa lagi kegeniusan. Pakar multiple intelligence Dr. Howard Gardner dari USA bicara otak kiri dan otak kanan, bukan OT. Menurut Dr. Gardner kemampuan visual merupakan salah satu intelijensia (kecerdasan) dari 8 intelijensia yang dimiliki manusia. Jadi menurut sy, bagi anak yg tidak dapat BFR ada 2 kemungkinan : 1. Konsentrasi anak dalam keadaan kurang atau tidak baik, 2. Kemampuan visual-nya memang tidak memungkinkan untuk bisa BFR.

      Kalau sy bandingkan GMC dg BCL, saya jauh lebih percaya BCL krn pendekatan BCL cenderung ilmiah. Pendekatan dimulai dg pengenalan bakat dan kapasitas anak melalui pola sidik jari (disebut dermatoglyphics) yg sdh banyak reset dilakukan para ahli dibidangnya hampir 200 tahun lalu. BCL juga tidak pernah promosi membuat anak jadi genius dlm 2 hari, yg dilakukan yaitu stimulasi keseimbangan otak utk meningkatkan kapasitas konsentrasi anak. Software dermatoglyphics BCL juga telah mendapatkan patent dari USA. Bahkan teman sy bilang ketika anaknya ikut workshop di BCL, BFR tidak dilakukan krn pd waktu itu ortu mrk menyadari bahwa BFR bukan tujuan mrk mengikutkan anaknya di BCL. Krn pendekatannya yg konservatif dan hati2 inilah market BCL jauh dibawah GMC yg bergaya seperti sopir ugal2an dg resiko penumpang.

      Sy membandingkan GMC dan BCL bukan mau mejelekan GMC dan mempromosikan BCL, tapi kebetulan sy tahu apa yg mereka lakukan dan tertarik dg topik yg berhubungan dg otak manusia. Dg demikian para ortu yg ingin mengikutkan anaknya workshop semacam ini benar2 bisa menilai mana yg patut dipilih dan mana yg hrs dihindari. Mengenai komentar ttg penghipnotisan anak yg ikut GMC sepengetahuan sy tidak ada, yg ada adalah kalimat2 affirmative yg bersifat positif yg biasa dilakukan oleh psikolog atau para motivator. Hipnotis cenderung dikonotasikan negatif. Pdhal hipnoterapi sendiri juga telah menolong banyak orang keluar dr masalah penyakit (fisik dan mental). Namun jika hal tsb berbuntut bohong yg dilakukan oleh anak yg tak bisa BFR dg cara mengintip, saya tak bisa berkomentar. Trainer GMC sehrsnya mengingatkan anak utk jujur dan dia sendiri juga hrs jujur. Celakannya target marketing GMC hrs bisa BFR dan mempromosikan bisa BFR = genius.

      Bagi ortu yang kecewa dgn GMC bisa saya mengerti karena telah mengeluarkan uang yg tidak sedikit tapi anaknya tidak dapat melakukan BFR dan tidak menjadi genius seperti yg dipromosikan GMC. Namun sebaiknya kekecewaan tsb tidak perlu berlarut karena sdh terjadi dan uang juga tidak kembali. Anggaplah ini sebagai suatu pengalaman yg hrs dibayar sehingga lain kali ortu jangan hanya terpancing dgn promosi yg tidak masuk akal. Sebaiknya sebelum mengikuti pelatihan(workshop) semacam itu tanya pada diri sendiri apakah yg ingin didapatkan dari workshop tsb; adakah rujukan ilmiah ttg hal tsb dari ahli dibidangnya. Kalo tak memenuhi kreteria ya jangan ikut.

      Saya membaca komentar ortu yg sebagian besar kecewa krn anaknya tak bisa melakukan BFR. Ortu2 ini terpancing setelah melihat beberapa anak tetangga yg dg bangga bisa BFR. Tanpa berfikir apakah itu benar2 yg mereka cari, atau hanya ikutan sensasi. Sekarang para ortu yg kecewa saya sarankan utk melihat kedalam apakah kekecewaaan itu murni krn GMC atau juga ada unsur kesalahan pd diri ortu tsb. Jika merasa kesalahan GMC perlu dituntut, ya buatlah forum bersama untuk menuntut secara hukum. Bagi yg tidak tahu permasalahannya sebaiknya tidak membuat komentar yg bersifat memanasi atau gosip. Atau mungkin masyarakat Indonesia memang senang bicara gossip atau asbun (asal bunyi). Semoga bermanfaat.

      Wasalam,
      Ben

  115. Saya kok jadi berprasangka buruk (maaf). Ada beberapa model aktivasi otak tengah sebut saja GMC, Anak Jenius Indonesia (AJI), Power Brain, Genius Moslem Generation (GMG) dan mungkin ada lain lagi yang tidak saya ketahui namanya. Namun kenapa yang dipermasalahkan hanya GMC saja.
    Kalau memang benar aktivasi otak tengah (ATO) itu penipuan mestinya bukan GMC yang dipermasalahkan namun ATO.
    Pernah ada yang mempertanyakan ini di sebuah forum. Jawaban admin forum itu adalah “KARENA GMC MENGKLAIM YANG PERTAMA MELAKUKAN AKTIVASI OTAK TENGAH”. jadi nampaknya ini yang jadi masalah.
    Kalau memang ATO itu bermasalah, sebaiknya semua ATO dilarang, bukan hanya GMC saja. Atau lebih bijak lagi beri info bahwa ATO itu tidak ada manfaatnya (entah GMC, PowerBrain, AJI, GMG atau yang lain).

  116. sorry bukan ATO tapi AOT

  117. Tidak akan pernah ada kebaikan dalam sesuatu yang sifatnya instan. Coba bandingkan segala instan dengan yang tidak instan : susu bubuk instant dg susu segar, mie instant dengan mie basah tanpa pengawet, hasil foto instant dengan hasil foto studio, dll.

    Lagi pula, lalu apa tujuan hidup di dunia, kalau prosesnya dihilangkan. Di dunia ini kan cuma proses mencari bekal. Lha wong kita nanti hidupnya di akhirat kok.

  118. aduh…
    kemampuan orang itu berbeda
    coba deh yang udah berhasil ikutin Guneess book Of RECORDS….
    bisa membanggakan ANAK< ORANG TUA DAN INDONESIAA…..

    ayooo
    jgn ragu

  119. saya pernah ikut GMC walaupun umur 17thn. jujur waktu aktivasi itu nyenengin ya. saya kira setelah saya aktivasi saya bisa langsung BFR dan semacamnya itu, ternyata saya gak bisa. oke mungkin karena usia saya kelewat batas. Adik saya juga ikutan, umurnya 11 ttahun. dia pertama ikut aktivasi selama 2 hari itu belum bisa. kata pelatihnya suruh ikut penajaman, lalu ikutlah adik saya penajaman. namun setelah penajaman tidak ada perubahan signifikan.saya juga terus latihan dan latihan tapi gak ada peningkatan ya mungkin saya kurang konses atau apalah.
    Suatu hari, saya dan adik saya ikut aktivasi lagi berharap bisa. sudah ikut aktivasi, sama aja hasilnya. apakah karena memang kami yang bebel? kalo lihat anak yang lain, ada yang bisa, saya lihat sendiri anak yang bisa di depan saya. dia seperti melihat dengan mata terbuka saja ketika disuruh mengurutkan kartu yg berantakan.
    sampai suatu hari saya nemu artikel semacam ini. setelah dipikir2 benar juga. mereka tidak menunjukkan mana bukti ilmiahnya. dan saya tidak jua dapat manfaatnya dari aktivasi itu.
    jujur, tau gini mah mending gak usah ikut. rugi men 3,5 juta gak ada hasil.
    numpang curhat ya

    • menurut saya GMC benar adanya .
      hanya ada beberapa oknum-oknum tertentu saja yang ingin menjelek-jelekkan dengan memposting seperti ini .

      adik saya ikut GMC ,
      memang tidak langsung ada perubahan tapi dia ikut berkali-berkali baru terlihat perubahannya .

      INGAT!
      GMC bukan memfokuskan anda untuk bisa membaca dengan tutup mata .
      GMC MEMFOKUSKAN ANDA UNTUK BISA BERKONSENTRASI DAN MENGGUNAKAN OTAK TENGAH.

      emangnya GMC mau buat anak anda jadi pesulap pake tutup mata segala ?
      THINK SMART !

      merasa lucu dengan tanggapan-tanggapan diatas karena OTAK TENGAH sudah berjalan 40 tahun dijepang tapi gak ada yang komplain tuh ?
      padahal orang jepang menciptakan sesuatu pasti canggih dan sudah di uji .

      kenapa mereka gak ada yang komplain ?
      ini kah pemikiran kritis atau pemikiran yang memfokuskan untuk kejatuhan suatu lembaga ?

      anak-anak anda bisa cerdas tapi yang pada kenyataannya anda menolaknya dengan POSTING BLOG yang benar-benar menjelek-jelekkan !

      KEMAMPUAN seorang anak berbeda dengan anak lainnya !
      tidak semua sama !
      kalo anda telah mencoba anak anda aktivasi 1x dan belum ada hasil jangan menyerah , cobalah terus !
      karena sama seperti proses pembelajaran,tidak mungkin belajar sekali langsung bisa .

      THINK SMART .
      MULUTMU HARIMAUMU !

      • “GMC bukan memfokuskan anda untuk bisa membaca dengan tutup mata .” ?????

        Kenapa yang dilatih tiap hari BFR nya ?????
        Ingat slogan G?C, bukti keberhasilan AOT adalah BFR. Kalau tidak bisa BFR berarti aktifasi GaTot alias Gagal Total.
        Tapi apa ada yang benar2 bisa baca tanpa mata ???? indra apa lagi yang bisa membaca ????

      • walah……. dah tau otak tengah tuch gak ada……

  120. Kalau memang Ilmiah ya test aja secara ilmiah kan otak tempatnya ilmiah jadi bisa ketahuan apakah penipuan atau memang pembodohan karena kebanyakan orang masih belum paham otak tengah tanya langsung sama ahli bedah Otak apakah emang ada otak tengah….? Semoga penipuan ini tidak terus berkembang Amin

  121. saat ini eranya teknologi, orang berupaya memanfaatkannya….. untuk aktivasi otak? kenapa harus bayar mahal download aja di you tube ada ribuan musik aktivasi otak. Memang secara pribadi saya akui adanya perubahan setelah secara rutin mendengarkan ritme gelombang theta atau gelombang suara lainnya. Akan dirasakan oleh orang yang mau mencobanya, namun tidak ada jaminan pasti untuk dapat membaca tanpa melihat text. tapi pengaruh sentuhan gelombang suara pada sarap otak saya akui ada pengaruhnya tentunya dengan ijin Alloh yang menciptakan.

  122. Hmmm …. Malas ah kalau cuma jadi pesulap mah … :p

  123. Saya ingin komentar sederhana: orang akan mengalami apa yang iya yakini. Artinya sama2 melakukan akan membawa dua hal yang berbeda jika keyakinannya berbeda. Jadi ingat cerita dua manajer Triumph (perusahaan pembuat BH wanita) yang dikiririm utk survey ke negara afrika dimana disana blum banyak yang menggunakan pakaian. tentu saja data penelitiannya sama, Namun dua orang manajer tersebut membuat kesimpulan yang berbeda (walau datanya sama). yang pertama mengatakan tidak mungkin membuka cabang di negara tersebut karena mayoritas tidak berpakaian, nanti yang membeli BH nya siapa? manajer kedua membuat kesimpulan bahwa sebaiknya membuka cabang saja, karena dengan banyaknya orang yang belum berpakaian justru peluang utk mengenalkan bahwa penting menggunakan pakaian juga BH. nah dengan begitu setelah mereka diberi penyadaran maka peluang orang yang akan beli BH menjadi banyak. akhir cerita diputusak manajer kedua menjadi kepala cabang di negara di afrika tersebut. So, maka yang diyakini manajer kedua menjadi terbukti. sebaliknya yang diyakini manajer pertama pun terbukti yaitu tidak mungkin buka cabang disana buat dia, makanya dia tidak ditunjuk sebagai kepala cabang oleh direktur Triumph hehe semoga tambah membuat bingung.. selamat bingung deh….

  124. saya cm mau mengomenteri contoh video BFR diatas..
    untuk dapat menebak apa saja dengan mata ditutupi dengan kain itu hal yg sangat mudah.

    intinya ada pada penutup mata yg digunakan,alat penutup mata itu bernama blindfold,ini biasa digunakan untuk trik sulap.

    Dalam penggunaannya, sang magician pertama kali menutupi matanya dengan lempengan besi, kemudian menutupnya lagi dengan Blindfold. Apabila lempengan besi dan penutup mata diperiksa secara terpisah, dipakai untuk menutupi mata, keduanya akan tampak seperti besi dan blindfold biasa. Pandangan kita akan tetap tertutup apabila mengenakan lempengan besi dan blindfold tersebut secara terpisah, namun apabila keduanya dikenakan secara bersamaan, barulah kita bisa melihat tembus pandang, seperti melihat melalui mesin rontgen.

    harganya pun cukup murah hanya Rp.65.000 saja.

    ini saya tuliskan karna divideo tersebut ada kejanggalan bagi saya,ketika perempuan yg menebak angka atau posisi jari dr pengajarnya, ia hrs melihat ke atas atau kearah tangan pengajar terlebih dahulu,knp tdk melihat kebawah saja, trus pas dia disuruh mengembil sesuatu di atas dinding diblakangnya,dia seolah tau jarak antara dia dan dinding tsb.klo orang yg memang tdk bs melihat sama sekali ga mungkin ia mengetahuinya secara normal (mata tdk ditutup)

    bagi bapak dan ibu saya cm menyarankan agar berhati hati lg. apalagi menyangkut pendidikan anak.

  125. Gila – gila , ini memang benar-benar gila, kenapa kok ngelantur tidak karu-karuan.
    Kan udah jelas instrumen tubuh yang bernama “mata” itu kan untuk melihat. . . . kok malah ditutup. . . . sungguh kacau balau cara berfikir kita. . . . . .

  126. wah wah wah seru kang !!! terima kasih deh kalian sdh memberi bekal kpd otakku untuk bahan tanya malam selasa besok, kbtln ada marketing GMC ngajak kumpul buat buka di Tugumulyo, hih asyiiiikkk.
    Lanjuuuuuuuuuutttt !!!!

  127. hanya di INDONESIA ๐Ÿ™‚ lucu juga….kwkwkw tapi asik bacanya.. udah deh para ayah dan bunda, didik anak qt sebisa mungkin dan terima kelebihan dan kekurangan. KEJENIUSAN = BFR, ga masuk akal..!! piye tho..daftarin aja ke tukang sulap..

  128. Mantep nih inpo. Hampir setahun lalu saya dengar aktivasi otak tengah dengan terbengong-bengong (kagum). Sekarang juga masih terbengong-bengong (kaget karena gak nyangka jadi sebaliknya).

  129. aduh jadi dibikin bingung aja keributan ini, udah kalo bener lembaga itu salah coba cari deh tunjuukan dan cari ke kantornya dimana salahnya dan bagi pihak lembaga yg di lecehkan coba membela diri dan tunjukkan kebenarannya…………, capek lihat orang saling jelekin gini, lucu banget negeri ini nyelesaiin masalah harus cari pendukung pro dan kontra, knp ndak langsung aja komplin saat tidak puas, apa memang setelah rame ini jadi puas, sy bukan orang yang pro ato kontra…….. wasalam.

  130. kayak blue energy aja wahaha
    pada kena tipu semua..sampe SBY juga wakaka
    ngakak pada kena tipu..

  131. aktifasi kelamin tengah untuk GMC dkk..

  132. bapak dan ibu… saya anak yg sudah pernah ikut gmc, memang kemampuan membaca atau menebak dng mata tertutup saya sudah hilang… tapi dulu saya anak yg sangat pemarah & senang melempar barang2.. tapi setelah ikut gmc, sy menjadi anak yg tenang, mempunyai tenggang rasa, lebih fokus, terutama di bidang seni, senang membaca & menulis… semua potensi yg ada di dlm diri saya bisa sy keluarkan… pun dengan sepupu saya, 2 anak kembar yg naik kelas percobaan, setelah ikut gmc, mrk langsung melejit dgn kemampuan belajar sangat baik, selain itu mereka kini bisa merasakan kesakitan2 yg dirasakan oranglain & mampu mengobatinya…. walau kami sekarang tidak mampu lagi melihat dengan mata tertutup… tapi kami sudah mendapatkan kemampuan lebih baik dalam kehidupan kami…. karena itu… bapak & ibu… janganlah saling ejek saling fitnah…. kami adalah anak2 yg harusnya kalian perhatikan… alangkah bahagianya kami jika ibu & bapak lebih memperhatikan kami dengan kasih sayang yg tulus… sehingga kemampuan kami dapat berkembang lebih alami di dalam kehangatan sebuah keluarga yang harmonis…. terimakasih karena saya sudah boleh menuliskan isi hati saya, karena saya yg sudah merasakan pelatihan tsb… berhasil atw tidak berhasil, ikut ataw tidak ikut….semua tergantung kalian, orangtua yang menghidupi kami… kesadaran kalian dlm mendidik kami untuk lebih baik tidaklah kalian dapatkan secara instan, seperti kami yg membutuhkan 9 bulan dalam perut ibu kami untuk tumbuh & berkembang sebelum kami lahir… kami perlu waktu untuk menjadi seperti yang kalian inginkan….. biarkan kami tumbuh…. sirami kami dengan cinta, kasih sayang & perhatian…maka kami akan membalas itu semua dengan kemampuan kami yang dapat kalian banggakan… kalau kalian merasa dia rugikan dengan biaya yg harus kalian keluarkan demi kami…. buat apa kami dilahirkan…rasanya ada ketidak tulusan dari kalian untuk kami anak2 yg ingin brkembang apa adanya… itulah yg kadang juga memberatkan kami dengan beban & kata: sudah berapa banyak biaya yg kami (orangtua) keluarkan untuk kalian, apa hasilnya? kata2 ini begitu pedas di telinga kami anak2…. & terasa sangat menyakitkan….. merasa sangat tidak dicintai….
    semoga tulisan ini mampu memperjenih suasana hati kalian di bulan ramadhan ini….& membuat kalian, para orangtua, mengerti akan kami…. wassalam.

  133. klu yang ini ditutup tissue..
    terus dibelakang kepala..
    disaksikan kapolres juga..
    itu terus gimana??

  134. hanya sekedar bagi bagi …

  135. Hypno Teaching sangat berbahaya…awas” aja, saya dapet juga info mengandung magic…serem abizzz

    • Boss Jangan Sok tahu…!!! Makanya sekolah Psykologi terus ambil Program S2 di UBAYA. Kamu bakal dapat pelajaran hypnotis.
      Hypnotis kok magic…!!!
      Kalau kurang pendidikan jangan kasih komentar yang nggak2 !!!
      Saya Dosen Psykologi yang mengajarkan hypnotis di program pasca sarjana.

      • @Yanzen
        Baca tuh Yanzen yg ditulis DR. Marissa. Masukin di otakmu..!!! Jangan memfitnah Ilmu Pengetahuan…!!
        Makanya makan bangku sekolah..!!!
        Otakmu tuh harus dihypnotis biar gak jadi tukang fitnah..!!

    • @Yanzen
      Jangan Sok Tahu ya…!!
      Makanya kuliah di psychology Programm S2 biar kamu tahu apa itu hypnotis. Lebih jelas kamu datang ke UBAYA (Universitas Surabaya)
      Kalau gak berpendidikan jangan komentar yang bersifat fitnah.
      Otakmu tuh dipenuhi dunia magic…!!! Jadi Ilmu Ilmiahpun kamu sebut Magic.
      Pake serem abis lagi …!! Mukamu kalee serem abizzz…!!!

  136. sy bisa nulis saya bisa baca….saya bisa …..????

  137. sempoa kreatif mengucapkan selamat berjuang buat para guru2 kita yg telah berusaha mencerdasakan anak didiknya.mari bersama kita terapkan kejujuran demi kemajuan bangsa

  138. lbh baik gmc mengubah metode pemasaran yg mengunggulkan BFR, tp cobalah promosi yg lain agar bsa di pertanggung jwbkan baik kpd ortu anak jga Tuhan yang telah menciptakan

  139. maaf sebelumnya kalo kurang teliti baca dari atas.. Tapi mohon pemberitaan soal pengajuan gugatan penulis kemana kemana kemana ya beritanya??? sekedar omdo atau saya yg kurang teliti membaca? makasi sebelumnya..

  140. Bener2 bisnis yang mengatasnamakan ilmu pengetahuan -__-“

  141. GMC memang penipuan, aku sudah ikut aktivasi dan umurku tepat 15 tahun tapi aku tidak mau munafik dan kukayakan sejujurnya aku tetap tidak bisa melihat dengan mata tertutup. GMC penipu

  142. IASTAGFIRULLAH … SAYA PERNAH TERTIPU ATAS INI SEMUA … YANG UJUNGNYA DI BAWAK KE PSIKOLOGI … DI KIRA ORANG GILA. NAUZUBILLAH MIN ZALIK

  143. Semua yang diciptakan Allah tidak sia2, kenapa ada mata untuk mlihat harus kita tu2p??..
    GMC jgn mjanjikan produk yang 75 s.d 100% tdk bsa dicapai siswany..
    Sbgai orangtua hati2lah dlm memilih pendidikan untuk anak.

  144. Saya seorang ahli metafisika,dan saya sedang menganalisa BFR ini penipuan atau bekerja secara metafisis atau juga murni science.jika ada masukkan yang kompatible tentang masalah ini,silahkan email atau add akun FB sy…terima kasih

  145. PENIPUAN……Untung gw gak jadi ngikutin anak saya ama program beginian. Tapi memang hebat… caranya memang alus banget. Bayangkan 3.5 juta per anak kali sekian. modalnya cuman sewa ruko…kabarnya sekarang sudah ancur-ancuran ngasih diskon ampe 50 %. Orang kayak gini yang pikirannya cuman duiiiiiit melulu. Mana ada mau majuin bangsa Indonesia. PENIPU KAU….!!!!!

  146. skrg GMC sudah mulai pudar, ttapi qt sblom mmbuat prnyataan harus berfikir terlebih dahulu. mgkin memang banyak anak”yg gagal stelah mngikuti GMC, tapi qt sllu mmandang sbelah mata, qt tdk mlihat anak” yg berhasil, contoh nya indra ke6 nya yg aktif tdk usah mmakai BFR lagi dia sudah bs melihat dri jarak kejauhan /sangat jauh smpai tak terlihat dgn kasat mata.

  147. sudah 2 tahun saya sertakan anak saya dlm aktifitas ini tp tidak ada hasilnya dan sertifikat yg dijanjikan tdk pernah sekalipun diberikan dan mereka semua pergi entah kemana ………….mungkin karena saya debat dengan mereka dengan logika dan secara ilmiah sehingga mereka semua kabur…..

  148. mohon pada sodara semua sekalian yg terhormat apabila mengetahui keberadaan dan alamat serta tlp GMC Purwokerto atau GMC mana cabang mana saja untuk dpt menghubungi saya di 0281 7903424,- 081391639942 – 087719342858

  149. Aku juga ikut gmc disana kita panggil miss mereka semua baik baik tapi yang di dumai

  150. saya dah coba tadi pake sarung diiket.. dan hasilnya bisa ngintip dengan sukses !!!!
    kasian yang udah jadi korban… anaknya di brain-wash supaya pinter nge-bohong,,,
    untung waktu pas booming di 2010 anakku masih 3 tahun, sempet terbersit juga mau daftar kalo anakku dah 5 tahun, alhamdulillah baca website ini ada pencerahan..
    jadi SAY NO TO BMC, BFR, DLL
    sekarang fokus ngedidik akhlaknya aja dulu, karena makin hari makin banyak orang pinter tapi keblinger karena ga punya akhlak..

  151. anak saya baru umur 3 tahun masuk GMC, sudah dapat melihat kuman dan bakteri

    Syarat dan ketentuan berlaku
    1. Pakai mikroskop
    2. Patikan ada kuman dan babakteri di bawah lensa

  152. pernah ikut 3 kali aktivasi ulang, ngak berhasil2, setelah googling tentang gmc, ternyata penipu…

  153. Anak si penulis tu aj yg penipu, ajari dulu anak penulis untuk jadi jujur baru dipublikasikan, buah gak jauh jatuh dari pohonnya berarti bisa saja si penulis penipu, kenyataannya si anaknya penipu turunan dari orang tuanya…!!!

  154. Bissmillahirrahmannirahim,
    sekedar untuk kita renungkan, Allah telah mengajarkan kepada manusia setiap ilmu pengetahuan melalui ayat2 (tanda) Nya, salah satunya adalah Al quran. membaca al quran dengan baik dan benar (secara tartil, dan otomatis mendengarkannya) adalah salah satu cara untuk menstimulus otak kita. Mendengar qori mengaji (membaca al quran) baik secara langsung maupun melalui media audia visual, juga adalah salah satu cara terbaik untuk menstimulus keseluruhan otak kita. jadi kenapa harus percaya dan mengikuti suatu metode yg di ciptakan oleh org2 yg justru tidak percaya pada Allah, Sang Pencipta yang Maha Sempurna (al quran) ciptaannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: